Home / BINKAM / 184 Bintara Remaja Dit Samapta Polda Malut Mengikuti Tradisi Orientasi Lingkungan dan Pembaretan

184 Bintara Remaja Dit Samapta Polda Malut Mengikuti Tradisi Orientasi Lingkungan dan Pembaretan

Tribratanews.malut.polri.go.id-Polda Malut. Dir Samapta Polda Maluku Utara Kombes Pol Iwan Imam Susilo, S.I.K., M.H., secara resmi menutup masa orientasi Bintara Remaja. Penutupan ditandai dengan diselenggarakannya upacara pembaretan dan penyiraman air kembang di Mako Dit Samapta Polda Maluku Utara, Minggu 07/4/19.

184 Bintara remaja yang terdiri dari 176 Polki dan 8 Polwan, mengikuti tradisi pembaretan Dit Samapta Polda Malut, dengan menempuh rute yang telah ditentukan, sebelum melaksanakan kegiatannya para bintara remaja melaksanakan sholat subuh di masjid Al-munar Ternate, rute yang akan yng dilewati ini dibagi dalam 4 pos.

Pada pukul 06.00 berangkat dari masjid Al-munawar Ternate menuju pos 1 Kel. Siko untuk menyelesaikan tugas pengenalan lingkungan yakni, (obyek vital, daerah rawan macet dan laka lantas serta rawan kriminalitas). Selanjutnya melakkukan perjalannan menuju pos 2 Kel. Maliaro Puncak untuk menyelesaikan pertanyaan tentang tugas-tugas Pokok Samapta dan permasalahan Harkamtibmas.

Pukul 10.30 Wit Perjalan dilanjutkan menuju pos 3 Kel. Ngade untuk tugas Carak yakni menghafal dan menyampaikan Pesan rahasia dan akurat. Pukul 11.30 Wit Kembali ke pos 4 kantor Direktorat Samapata Polda Malut untuk menyelesaikan tugas penyampaian pesan/perintah caraka.

Para Bintara Remaja Dit Samapta polda Maluku Utara ini, berhasil menyelesaikan semua rute yang telah ditentukan mulai dari star di Depan Masjid Al-munawar Ternate sampai dengan Pos 4 Kantor Dit Samapta Polda Maluku Utara.Selesai melewati 4 pos yang ada, para Bintara Remaja ini mengikuti upacara tardisi pembaretan dan penyiraman air kembang di depan Kantor Dit Samapata Polda Malut yang dipimpin Lngsung oleh Dir Sampata Polda Maluku Utara Kombes Pol Iwan Imam Susilo, S.I.K., M.H.,

Dir Samapta Polda Malut mengatakan tradisi pembaretan ini adalah proses penerimaan Bintara Baru yang dilakukan secara turun-temurun. Hal ini agar saat bertugas di lapangan mereka dapat lebih menghargai seniornya (hierarki) yang setingkat lebih tinggi, sekaligus untuk meningkatkan respek dan ketanggapan saat menerima perintah dari atas.

“Kegiatan ini sebagai bentuk pengukuhan dan penerimaan menjadi bagian dari keluarga besar Ditsabhara Polda Maluku Utara.” Ucap Dir Samapta.

Dua orang perwakilan dari Bintara Remaja 1 Polki dan 1 Polwan disiram air bunga dan dipakaikan baret oleh Dirsabhara sebagai tanda diterimanya mereka di Direktorat Sabhara Polda Maluku Utara.

Kombes Pol Iwan Imam Susilo, S.I.K., M.H., berpesan untuk selalu bersyukur dan selalu mengingat akan susahnya untuk menjadi seorang Polisi.

“Kepada para bintara remaja semoga dapat mengemban tugas dengan baik sebagai anggota Polri serta dapat menerapkan hasil yang telah dilaksanakan selama kegiatan ini.” Tegas Kombes Pol Iwan.(Wtftt)

About wanto

Check Also

Personil Marnit Weda Memberhentikan Pengambilan Pasir Karang oleh Masyarakat Desa Sawai Tepo

Tribratanews.malut.polri.go.id-Polda Malut, Untuk menciptakan situasi kamtibmas di perairan Weda yang aman dan kondusif serta mencegah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *