Home / POLISI KITA / Aksi Unjuk Rasa oleh PMII di Polres Tidore Kepulauan Berlangsung Damai

Aksi Unjuk Rasa oleh PMII di Polres Tidore Kepulauan Berlangsung Damai

 

 

 

 

 

 

Tribratanews.malut.polri.go.id-Polda Maluku Utara, Tidore – Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Tidore Kepulauan AKBP Doly Heriyadi,S.I.K., M.Si turun langsung berhadapan dengan Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kota Tikep yang sedang melaksanakan  Aksi unjuk rasa di depan Mako Polres Tidore Kepulauan terkait merespon kabar duka dari Kendari Sulawesi Tenggara yang mana telah terjadi insiden penembakan saat demonstrasi di depan Gedung DPRD Sulawesi Tenggara beberapa waktu lalu yang memakan korban jiwa. Selasa 01/10/19.

Sejumlah mahasiswa yang melakukan aksi unjuk rasa di depan Mako Polres Tidore Kepulauan tersebut menyampaikan isi orasinya “ telah terjadi tindakan represif berlebihan yang dilakukan oleh oknum aparat keamanan terhadap masa aksi yang tengah melakukan aksi demonstrasi yang berujung pada meninggalnya Alm. Randi, salah satu aktivis PMII Cabang Kota Kendari Sulawesi Tenggara yang tertembak di bagian dada sangat tidak dibenarkan secara hukum karena melanggar HAM dan sangat bertentangan dengan cita-cita reformasi”.

 

 

 

 

 

 

Kapolres Tidore Kepulauan AKBP DOLY HERIYADI,S.I.K., M.Si saat dikonfirmasi menjelaskan bahwa secara aturan sudah jelas dalam mengatasi atau mengantisipasi pengunjuk rasa sebagaimana di atur dalam Perkap Kapolri No 7 Tahun 2012 Pasal 9 dimana di dalamnya mengatur terkait dengan penyampaian pendapat di muka umum oleh warga Negara, aparatur pemerintah berkewajiban untuk memberikan pelayanan secara professional, melindungi HAM, menghargai prinsip praduga tak bersalah dan menyelenggarakan pengamanan.

“Mengamati beberapa point dalam Perkap Kapolri, maka jelas bagaimana tugas dari pihak keamanan semestinya menghadapi demonstran, sehingga peristiwa di Kendari sangat tidak dibenarkan, kekerasan bukan sebuah solusi untuk diterapkan di negara demokrasi, kekerasan adalah musuh  utama demokrasi.” Tegas Kapolres.

 

 

 

 

 

 

Kapolres juga menambahkan bahwa kasus yang terjadi di Kendari Sulawesi Tenggara sebagaimana disampaikan pimpinan Polri, bahwa Polri akan  mengusut  tuntas pelaku penembakan dengan melakukan investigasi dilapangan yang libatkan internal Polri dan eksternal seperti Kompolnas. Ombudsmen, IPW serta menghimbau kepada masa aksi untuk tetap menjaga ketertiban dalam menyampaikan aspirasi sesuai dengan aturan undang-undang.

Penyampaian Kapolres di respon baik oleh PMII Kota Tikep dan dilanjutkan dengan  Shalat Ghaib dan Doa bersama di Mako Polres Tidore Kepulauan. (Wtftt/Ulfa)

About wanto

Check Also

Kapolda Maluku Utara Pimpin Taklimat Akhir Wasrik Rutin Itwasda Polda Malut T.A. 2019

            Tribratanews.malut.polri.go.id – Polda Maluku Utara, Kapolda Maluku Utara (Malut), …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *