Home / GIAT OPS / Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Kie Raha 2019 Polda Maluku Utara

Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Kie Raha 2019 Polda Maluku Utara

Tribratanews.malt.go.id-Polda Malut. Polda Maluku Utara (Malut) pagi tadi melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Mandiri Kewilayahan “Keselamatan Kie Raha 2019 ” yang berlangsung di halaman Apel Mapolda Maluku Utara, Senin(29/4/19).Apel Gelar Pasukan yang dipimpin langsung oleh Kapolda Maluku Utara Brigjen Pol. Drs Suroto, M.Si. dalam rangka mengawali pelaksanaan Operasi Keselamatan Kie Raha 2019 yang akan digelar selama 14 (empat belas) hari TMT tanggal 29 april sd. 12 mei 2019 di seluruh Polda.

Gelar pasukan yang dilaksanakan ini untuk mengetahui sejauhmana kesiapan personel maupun sarana pendukung lainya, sehingga kegiatan operasi dapat berjalan dengan optimal dapat berhasil sesuai dengan target, tujuan serta sasaran operasi yang telah ditetapkan.

Kapolda Maluku Utara Brigjen Pol. Drs Suroto, M.Si. membacakan amanatnya sekaligus menyampaikan bahwa berlangsungnya Operasi Keselamatan Kie Raha tahun ini masih dalam tahap proses penghitungan dan penetapan hasil pemungutan suara Operasi Mantap Brata 2019. Pelaksanaan Operasi Kepolisian Mandiri Kewilayahan “Keselamatan Kie Raha 2019” harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab dan profesionalisme yang tinggi sehingga tidak mencedrai situasi kamtibmas yang saat ini masih terjaga kondusif pasca pencoblosan dan pemungutan suara Pileg serta Pilpres 2019.

“Operasi Kepolisian Mandiri Kewilayahan “Keselamatan Kie Raha 2019” adalah merupakan Operasi Kepolisian dibidang lalu lintas dalam rangka cipta kondisi kamseltibcarlantas yang kondusif pasca Pileg dan Pilpres serta menjelang perayaan hari raya idul fitri 2019”.

Kapolda Malut juga menyampaikan bahwa situasi kamseltibcarlantas yang terjadi pasca pileg dan pilpres 2019 data pelanggaran lalu lintas meningkat disebabkan para masa pendukung caleg maupun capres yang turut berpartsipasi dalam pesta demokrasi masih terbawa arus euforia hasil pemungutann suara sehingga cederung melakukan pelanggaran lalu lintas yang membahayakan dirinya dan pengguna jalan lain.

Operasi Keselamatan Kie Raha 2019 kali ini merupakan Operasi Harkamtibmas yang mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif dan didukung kegiatan penegakan hukum dan langkah-langkah antisipatif yang harus dilaksanakan untuk mencapai target dan sasaran operasi.

  • Melaksanakan deteksi dini, petakan lokasi / tempat, dan waktu terjadi pelanggaran serta kemacetan lantas
  • Melaksanakan binluh tentang keselamatan berlalulintas kepada seluruh elemen masyarakat berupa kegiatan sosialisasi, pemasangan spanduk, baliho, penyebaran brosur, leaflet, stiker, expose di media cetak/elektronik / medsos maupun melalui kampanye keselamatan lantas;
  • Melaksanakan pengaturan dan penjagaan lalulintas pada lokasi yang rawan terjadinya kemacetan dan pelanggaran lalu lintas serta memerlukan kehadiran petugas Polantas
  • Melakukan teguran terhadap pelanggar lalu lintas dengan metode simpatik dan inovatif;
  • Dilarang melakukan kegiatan gakkum lantas yang bersifat razia dan sejenisnya kecuali penindakan garlantas kasat mata dan berpotensi menimbulkan fatalitas laka lantas
  • Operasi ”Keselamatan Kie Raha 2019” tidak dibenarkan adanya target tilang, kegiatan operasional didominasi pada kegiatan preemtif dan preventif.

Kapolda juga menyampaikan bahwa sasaran pelanggaran yang menjadi prioritas karena berpotensi menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas yakni, Pengemudi menggunakan handphone,Pengemudi melawan arus, Pengemudi sepeda motor berboncengan lebih dari satu, Pengemudi dan pengendara di bawah umur, Pengemudi dan penumpang sepeda motor tidak menggunakan helm SNI, Pengemudi kendaraan bermotor menggunakan narkoba/mabuk, Pengemudi berkendara melebihi batas kecepatan yang ditentukan.

Diakhir sambutanya, Kapolda Maluku Utara Brigjen Pol. Drs Suroto, M.Si. memberikan penekanan serta pedoman dalam pelakasanaan tugas

  • Pelihara dan jaga kesehatan sehingga jiwa dan raga selalau dalam keadaan prima dalam setiap pelaksanaan tugas
  • Utamakan keselamatan dalam setiap pergerakan dan kegiatan
  • Laksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab, tunjukkan bahwa polantas dan petugas operasi yang profesional
  • Kepada para atasan pada semua level, agar melaksanakan pengawasan secara berlapis dan berjenjang, sehingga Operasi Kepolisian “KESELAMATAN KIE RAHA 2019” tidak dicederai oleh tindakan yang tidak terpuji
  • Perlu disadari bahwa pelaksanaan Operasi Kepolisian saat ini berada pada tahapan proses penghitungan dan penetapan hasil pemungutan suara, oleh karena itu tindakan selektif prioritas harus benar-benar dipahami oleh semua pelaksana lapangan, sehingga tidak terjadi sesuatu yang bertentangan dengan tujuan Operasi Kepolisian.
  • Untuk Kasetops, agar menginformasikan kepada semua instansi pemerintah, pimpinan partai politik, serta semua elemen masyarakat, sekaligus meminta dukungan mereka untuk selalu berkontribusi positlf dalam hal Kamseltibcar lantas.
  • Dalam hal pemeriksaan kendaraan bermotor di jalan agar melibatkan POM TNI, kehadiran dan keberadaan unsur POM TNI adalah dalam rangka perkuatan unsur pelaksana Operasi, sekaligus akan dapat meminimalkan terjadinya hal yang tidak diinginkan.

About farabi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *