Home / POLISI KITA / Berhasil Ciptakan Keamanan, Kapolres Halbar Dilantik Menjadi Kapita Walangatom Suku Sahu

Berhasil Ciptakan Keamanan, Kapolres Halbar Dilantik Menjadi Kapita Walangatom Suku Sahu

Tribratanews.malut.polri.go.id-Polda Malut, Berhasil menciptakan keamanan yang kondusif, Kapolres Halmahera Barat AKBP. Deny Heryanto, S.IK.M.Si. dinobatkan sebagai Kapita Walangatom (Panglima Keamanan) oleh Dewan Adat Suku  Sahu Kab. Halmahera Barat,

Kapolres Halbar dinobatkan sebagai Walangatom karena berhasil menjaga situasi keamanan di Wilayah Halbar pada Pemilihan Pilkades Serentak, Pilgub, Pileg dan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2019.

Kegiatan Pelantikan Kapita Walangatom (Panglima Keamanan) oleh Dewan Adat Sahu Kab. Halbar dilaksanakan Jumat (02-08-19) sore tadi pukul 16.30 wit tepatnya di Rumah Adat Desa Tibobo Kec. Sahu Timur Kab. Halbar.

Pelantikan Kapita Walangatom (Panglima Keamanan) dihadiri oleh, AKBP. Deny Heryanto S.IK.M.Si (Kapolres Halbar), Robinson Missy S.H, (Ketua Dewan Adat Suku Sahu), Joni Ngitu (Ketua Adat Desa Tibobo), Friser Giwe (Sekertaris Dewan Adat), Alex Sander Bauda (Kepala Desa Tibobo), AKP. Hendri (Kasat Intel Polres Halbar), IPTU. Kris Manufury (Kasiwas), IPTU. Jusman Husain (Kasat Bimas Polres Halbar), (KBO Intel Polres Halbar) IPDA M. Munir, SH, serta Para Todat dan Tomas.

Rangkaian kegiatan Pelantikan Kapita Walangatom (Panglima Keamanan) yakni, Pembacaan Surat Keputusan oleh Sekertaris Dewan Adat, Prosesi Ritual Sisaro kepada Kapita Walangatom (Kapolres Halbar), Sambutan Ketua Dewan Adat, Pembacan Doa oleh Pendeta Daut Ngamon, Ritual Makanan Adat, Penganugerahan Kapita Walangatom (Panglima Keamanan) Suku Sahu kepada  AKBP Deny Heryanto S.IK.M.Si (Kapolres Halbar).

Kapolres Halbar AKBP. Deny Heryanto S.IK.M.Si, pada kegiatan Pelantikan Kapita Walangatom (Panglima Keamanan) menyampaikan bahwa suku sahu adalah suku yang tertua di Halbar. Persatuan dan Kesatuan terutama di masyarakat adat suku sahu sangat solit, sehingga semua pemilihan yang dilaksanakan di Halbar bisa berjalan dengan aman dan lancar. Semuanya ini berkat kerja keras dari seluruh masyarakat terutama dari adat sahu. Kekerabatan yang kental antara peribadi masing –masing ini menimbulkan dampak yang positif terutama dalam menjaga keamanan di Wilayah Halmahera barat.

“Masyarakat sahu sangat harmonis dan nyaman dalam kehidupan sehari-hari, dengan demikian diharapkan kepada masyarakat sahu bisa melahirkan tokoh-tokoh yang di unggulkan baik regional dan juga nasional bahkan internasional”,Ucap Kapolres.

Menutup sambutanya Kapolres mengatakan bahwa selaku bagian dari suku sahu dirinya sangat mengharapkan anak cucu suku sahu nantinya bisa menjadi tokoh- tokoh nasional, semoga apa yang diharapkanya dikabulkan oleh Maha Kuasa.(Aby Zld)

About farabi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *