Home / RESKRIM / Direktorat Krimsus Polda Maluku Utara Tangani 26 Aduan ITE

Direktorat Krimsus Polda Maluku Utara Tangani 26 Aduan ITE

 

 

 

 

 

Tribratanews.malut.polri.go.id-Polda Maluku Utara, Tim Cyber Crime Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Maluku Utara mencatat adanya peningkatan kasus yang ditangani Subdit V Tindak Pidana Siber (Tipidsiber) terkait dengan kejahatan yang dilakukan di menggunakan media sosial (Medsos).

Direktur Reserse Krimunal Khusus Polda Malut, AKBP Alfis Suhaili dalam keterangan presnya pada saat konferensi pers di Mapolda Malut, Selasa 8/10/19) mengatakan, saat ini terjadi perubahan fenomena kejahatan dari tindak pidana umum yang dilakukan secara nyata berpindah ke kejahatan Cyber Crime atau kejahatan yang dilakukan melalui Medsos.

“Kejahatan yang berupa penipuan dan pencemaran nama baik serta perbuatan tidak menyenangkan yang dilakukan secara manual saat ini sudah bermigrasi ke kejahatan yang dilakukan melalui medsos,” Ucap Dir Krimsus.

Lanjut Dir Krimsus, Tim Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Malut telah menangani kurang lebih 26 delik aduan dan 80 persen aduan tersebut melibatkan kaum perempuan baik pelapor maupun terlapor.

 

 

 

 

 

“Dalam 2 bulan terakhir, 80 persen korban adalah perempuan dan ini menjadi fenomena untuk kita karena ini ada sebuah fakta bahwa para pelaku atau korban ini 80 persen adalah kaum perempuan,” kata Dir Reskrim

laporan-laporan tersebut masih bersifat aduan dan belum pada tahap penyelidikan karena baru merupakan laporan awal untuk ditindaklanjuti.

“Intinya ini laporan awal karena ada orang yang merasa dirugikan terhadap adanya perbuatan yang melanggar undang undang informasi dan transaksi elektonik,” ujar Dir Krimsus.

Dari puluhan laporan tersebut menurut AKBP Alfis, dominan adalah kasus penipuan, penghinaan, pencemaran nama baik dan sebagainya yang ini dilaksanakan melalui internet dan laporan ini menjadi perhatiannya karena media sosial juga sudah merupkan bagian terpenting dalam hidup seseorang yang tidak pandang usia. (wtftt)

About wanto

Check Also

Polsek Ternate Selatan Berhasil Ungkap Kasus Pencurian Spesialis Bagasi Motor

            Tribratanews.malut.polri.go.id-Polda Maluku Utara, Polsek Ternate Selatan berhasil mengungkap kasus …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *