Home / BINKAM / Dit Polairud Polda Malut Terjunkan Personilnya Amankan Pelepasan Mudik Gratis di Pelabuhan Ahmad Yani Ternate

Dit Polairud Polda Malut Terjunkan Personilnya Amankan Pelepasan Mudik Gratis di Pelabuhan Ahmad Yani Ternate

Tribratanews.malut.polri.go.id-polda malut, Gubernur Maluku Utara KH. Abdul Gani Kasuba Lc., yang didampingi oleh Dir Polairud, Kombes Pol. Arif Budi Winofa. S.I.K., M.Si., Wakil Walikota Ternate, KSOP kota Ternate dan Ka Basarnas Kota, melepas secara langsung pelaksanaan mudik gratis yang diselenggarakan oleh PT Pelni Indonesia di Pelabuhan Ahmad Yani Ternate. Minggu 02/06/19.

Pelaksanaan mudik gratis oleh PT. Pelni Indonesia ini, menyediakan dua kapal yang akan digunakan dalam mudik gratis yakni  Kapal KM Aksar Saputra denagan dengan jumlah penumpang sebanyak 500 orang tujuan Kab. Sula, sementara KM Sabuk Nusntara 105 dengan jumlah penumpang 346 orang dengan tujuan Kab. Sula dan Ambon.

Dalam pelaksanaan mudik gratis ini, Dit Polairud Polda Maluku Utara melaksanakan pengamanan di ruang tunggu Pelabuhan Ahmad Yani Ternate dan tangga naik Kapal, demi kelancara penumpang yang akan melaksanakan mudik gratis serta melakukan pemeriksaan dokumen kapal, manivest penumpang dan alat-alat keselamatan di atas Kapal.

Selai Personil Dit Polairud Polda Malut yang melaksanakan pengamaan, ada juga Personil Polairud Baharkam Polri serta dilibatkan dari TNI AL, Polsek KP3 Pelabuhan A. Yani, Basarnas Kota Ternate, Syahbandar Ternate, Jasa Raharja Malut dan Kesehatan Pelabuhan.

Dir Polarud Polda Malut Kombes Pol. Arif Budi Winova., S.I.K., M.Si., sata dikonfirmas via WhatsApp mengatakan bahwa, pemerintah pusat khususnya kementerian perhubungan telah memperhatikan kebutuhan masyarakat Maluku Utara terkait moda transportasi kapal laut yang sangat dibutuhkan sekali oleh masyarakat yang akan mudik menuju daerah tujuan masing masing di wilayah maluku utara khususnya disaat moment Idul Fitri ini.

“Dit Polairud Polda Maluku Utara sangat mengapresiasi adanya program mudik gratis bagi masyarakat khususnya bagi masyarakat Kabupaten kepulauan Sula, dengan dioperasionalkannya kapal tol laut tersebut.” Ucap Dir Polairud.

Sebagaimana disampaikan oleh KSOP Ternate tadi, kiranya hal ini dapat ditindaklanjuti oleh Pemprov Maluku Utara khususnya Dinas Perhubungan, untuk membangun komunikasi dengan pemerintah pusat cq kementrian perhubungan agar ditahun mendatang, tidak hanya satu kapal bantuan untuk mudik gratis tetapi mendapat tambahan kapal lagi utk mudik gratis.

Kombes Pol. Arif Budi Winova., S.I.K., M.Si.,  selaku Dir Polairud Polda Maluku Utara menghimbau kepada masyarakat pengguna transportasi laut agar selalu merencanakan perjalanan mudik dengan baik, bawalah barang secukupnya serta bekal dan obat obatan utk diperjalanan dan belilah tiket, patuhi himbauan petugas dan ikuti prosedur keselamatan jangan memaksakan berlayar jika kapal atau speedboat sudah penuh.

“Mintalah lifejacket atau ketahuilah posisi life jacket yang terdekat serta tetap tenang dan ikuti petunjuk nakhoda / motoris bila terjadi laka laut.” Tutur Kombes Pol. Arif.

Lanjut Kombes Pol Arif, bagi para nakhoda dan motoris agar selalu memastikan kondisi kapal yang harus laik (baik), jangan memaksakan untuk berlayar bila cuaca buruk sediakan lifejacket dan bagikan kepada para penumpang. Penumpang harus terdaftar pada manifes hindari overload penumpang, Hubungi polisi apabila melihat kejahatan atau laka laut dan berikan petunjuk kepada penumpang bila terjadi laka laut. (Wtftt).

About wanto

Check Also

Personil Marnit Weda Memberhentikan Pengambilan Pasir Karang oleh Masyarakat Desa Sawai Tepo

Tribratanews.malut.polri.go.id-Polda Malut, Untuk menciptakan situasi kamtibmas di perairan Weda yang aman dan kondusif serta mencegah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *