Home / LALU LINTAS / Hallo Polisi: Kecelakaan Lalulintas dan Penegakkan Hukum Lalulintas, Dir Lantas Polda Malut Hadir Sebagai Narasumber

Hallo Polisi: Kecelakaan Lalulintas dan Penegakkan Hukum Lalulintas, Dir Lantas Polda Malut Hadir Sebagai Narasumber

Tribratanews.malut.polri.go.id-Polda Malut. Program “HALLO POLISI”, malam tadi pukul 19.30 Wit, Polda Maluku Utara (Malut) melalui Direktorat Lalulintas (Dit Lantas) Polda Maluku Utara membahas tentang Kecelakaan Lalulintas Dan Penegakkan Hukum Lalulintas bertempat di PRO 1 RRI Ternate. Jumat (25/01/19).

Dalam siaran langsung Hallo Polisi di Pro 1 RRI Ternate, menghadirkan narasumber Dir Lantas Polda Malut Kombes Pol. Abrianto Pardede SH., S.I.K, M.H di dampingi Kasubdit Kamsel Ditlantas Polda Malut, Kompol Setyo Agus Hermawan, S.IK dan Kaur Pullah Infodok Bid Humas Polda Malut Iptu Abd. Adam.

Saat berlangsungnya dialog Hallo Polisi yang di pandu oleh presenter Rima Amurang, salah seorang warga masyarakat kota Ternate bertanya kepada para narasumber yang hadir di Pro 1 RRI Ternate melalui Via Tlp, “berapakah jumlah laka lantas di tahun 2018 yang di tangani Dit Lantas Polda Maluku Utara”.

Pertanyaan tersebut langsung di jawab oleh Dir Lantas Polda Malut Kombes Pol. Abrianto Pardede SH., S.I.K, M.H, “Presentase laka lantas di tahun 2018 yang ditangani Ditlantas Polda Maluku Utara sebanyak 272 kasus, laka lantas yang menelan korban jiwa atau mengakibatkan meninggal dunia sebanyak 127 kasus, luka berat 86 kasus, sementara sisanya Adalah kasus dengan luka ringan.

Orang Nomor Satu di Direktorat Lalulintas Polda Malut ini juga menyampaikan bahwa untuk menekan jumlah laka lantas berbagai sosialisasi telah dilakukan seperti kampus berkeselamatan. Polisi goes to school, Polisi goes to campus dan beberapa kegiatan lainya yang melibatkan masyarakat terutama para ibu, agar memberikan pemahaman kepada keluarga terutama anak untuk menghindari perilaku atau sikap ugal-ugalan atau tindakan yang bisa mengakibatkan kecelakaan lalulintas, karena hampir sebagian besar kecelakaan lalulintas di dominasi oleh kaum Millennial.

“Pentingnya penggunaan helm bagi pengendara roda dua”

Partisipasi Ditlantas Polda Maluku Utara dalam menyukseskan Pemilu 17 April 2019 dengan menurunkan anggota Ditlantas untuk pengamanan lalulintas terutama pada saat berlangsungnya komfoi kampanye.

Perlu diketahui bahwa sepanjang tahun 2018 untuk 10 Kabupaten Kota di Provinsi Maluku Utara /Kabupaten Halmahera Utara adalah daerah dengan jumlah kecelakaan lalu lintas terbanyak dibandingkan dengan kabupaten kota lainnya. Penyebab serIng terjadinya kecelakaan lalu lintas adalah karena pengaruh minuman keras, sikap ugal-ugalan saat berkendara.

Terakhir yang disampaikan oleh Dir Lantas Polda Malut Bahwa semua masyarakat terutama para pengendara pemberlakukan hukum untuk penegakkan peraturan lalu lintas diberlakukan sama, termasuk untuk pelajar/siswa, tetap diberikan kartu tilang jika diketahui melakukan pelanggaran lalu lintas. untuk mengurangi jumlah pelanggaran lalu lintas khususnya pelajar, Ditlantas Polda Malut telah bekerjasama dan melakukan penadantangan MOU dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Malut, korban dalam laka lantas baik ringan maupun berat, sebagian diselesaikan secara kekeluargaan. (Aby Zld)

About farabi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *