Home / MITRA POLISI / Irwasda Malut Membuka Secara Resmi Kegiatan Sosialisasi Kesehatan Keselamatan Berlalu Lintas dan Launching Ojek Sahabat Dokpol Polda Maluku Utara

Irwasda Malut Membuka Secara Resmi Kegiatan Sosialisasi Kesehatan Keselamatan Berlalu Lintas dan Launching Ojek Sahabat Dokpol Polda Maluku Utara

Tribratanews.malut.polri.go.id-Polda Maluku Utara, Irwasda Polda Malut Kombes Pol. Sam Yulianus Kawengian, SH yang di dampingi oleh Kabid Dokes Polda Malut AKBP Dr. Maringan TH Simanjuntak. M.M.,MARS., membuka secara resmi kegiatan Sosialisasi Kesehatan Keselamatan Berlalu Lintas dan Launching Ojek Sahabat Dokpol Polda Maluku Utara.

Kegiatan tersebut dilaksankan di Royal Resto Ternate dan dihadiri oleh Dir Lantas Polda Malut, Kabid Keu Polda Malut, Kabid Kum Polda Malut, Kapolres Ternate, Helmi Patti Nasarani, SE (Kepala Perwakilan PT Jasa Raharja Maluku Utara), dan Arief Mardiyanto, SH (Kepala Jasa Raharja Putera) serta para peserta sebanyak 100 orang yang terdiri dari 50 orang Ojek dan 50 Perwakila satker. Senin 04/02/19.

Irwasda Maluku Utara Kombes Pol. Sam Yulianus Kawengian, SH dalam sambutannya mengatakan, mencegah dan mengurangi angka kecelakaan Berlalu Lintas di jalan raya membutuhkan kesadaran yang sangat tinggi tentang pentingnya keselamatan Berlalu Lintas, misalnya memperhatikan kelengkapan diri dan kelengkapan kendaraan sesuai aturan yang berlaku terlebih lagi berprilaku sehat dan bebas dari pengaruh minuman keras dan narkoba ketika saat berkendaraan.

Hal ini merupakan salah satu solusi untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu Lintas. Secara khusus di Maluku Utara pelanggaran Lalulintas Periode januari sampai dengan Januari 2019 terdapat 290 kasus yang menyebabkan 147 meninggal dunia, 88 luka berat dan 374 luka ringan.

“Diman penyebab kecelakaan ini karena pengedara dipengaruhi oleh minuman keras, pelanggaran rambu Lalulintas, kelengahan dan kelelahan serta memecu kendaraan dengan kecepatan tinggi.” Ungkap Irwasda.

Lanjut Kombes Pol. Sam yulianus Kawengian S.H., menyampaika bahwa kita mencermati dari data kecelakan tersebut maka kita perlu melakukan langkah-langkah kreatif dan inovatif untuk menghadirkan ketrlibatan masyarakat, secara khusus para Ojek yang dapat dimanfaatkan tenaganya dalam melakukan tindakan medis terbatas yang cepat, dan tepat ketika menemukan adanya kecelakaan Lalulintas, sekaligus bisa menjadi pioneer keselamatan Berlalu Lintas du jalan raya.

Polda Maluku Utara dalam hal ini Bid Dokes Polda Malut, menginisiasi kemitraan polri dengan masyarakat dan Instansi terkait melalui Program “Ojek Sahabat Dokpol” yang berkerja sama dengan PT. Jasa raharja Maluku Utara, yang pada hari ini akan di Launching.

“Hal ini di maksud untuk menjadikan Rumah Sakit Bhayangkara polda Maluku Utara sebagai Rumah sakit rujukan kecelakaan Lalulintas.” Tutur Kombes Pol Sam Yulianus.

Para peserta sosialisasi khususnya para tukang Ojek diberikan pengetahuan dan pemahaman tentang bagaimana memastikan keselamatan Berlalulintas di jalan raya, dan melakukan tindakan pertolongan pertama gawat darurat saat menolong korban ditempat kejadian. Termasuk bagaimana korban Laka Lantas mendapatkan asuransi jiwa dari PT Jasa Raharja.

Dalam kesempatan tersebut Kabid Dokes Polda Maluku Utara juga mengatakan bahwa, sosialisasi kesehatan keselamatan Berlalu Lintas dan Launching Ojek sahabat Dokpol Polda Maluku Utara, merupakan Implementasi dari Nawacita Presiden RI dan program promoter Kapolri.

“Dalam rangka mewujudkan sinergitas antara polri dengan Instansi terkait serta masyarakat.” ungkap Kabid Dokes.

Kegiatan sosialisasi ini para peserta akan diberikan pemahaman tentang Kedokteran forensic yang akan diberikan oleh Bid dokes Polda Malut dan keselamatan berlalulintas di jalan raya dan kampanye milenial Road Safety Festifal oleh Dit Lantas Polda Malut, serta mekanisme pemberian asuransi kecelakaan Lalu Lintas oleh PT. Jasa Raharja Malut.

“diharapkan dengan sosialisasi ini dapat memberikan tambahan pengetahuan dan pemahaman kepada para peserta tentang bagaimana keselamatan Berlalu Lintas di jalan raya, dan melakukan pertolongan pertama gawat darurat saat menolong korban di tempat kejadian, serta bagaimana mendapatkan asuransi jiwa dari Jasa Raharja.” Tutur Kabid Dokes. (Wtftt)

About wanto

Check Also

Wakapolda Malut Pimpin Rapat Koordinasi Kegiatan Jalan Sehat Keluarga Dalam Rangka Memperingati Hari Ibu Ke-91

          Tribratanews.malut.polri.go.id-Polda Maluku Utara, Wakapolda Maluku Utara Kombes Pol Lukas Akbar …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *