JAGA KAMTIBMAS, TNI-POLRI MALUKU UTARA GELAR APEL GABUNGAN KESIAPSIAGAAN

BERBAGI INFORMASI

tribratanews.malut.polri.gi.id – POLDA MALUT, Kepala Kepolisian Daerah Maluku Utara Irjen Pol. Risyapudin Nursin, S.I.K. yang didampingi Kasrem 152/Babullah pagi tadi memimpin apel gelar pasukan gabungan kesiapsiagaan TNI-Polri dalam rangka antisipasi gangguan kamtibmas di wilayah Maluku Utara, yang dilaksanakan di lapangan salero Ternate dan diikuti oleh 10 SST gabungan TNI dan 8 SST gabungan Polri, Kamis (27/1).

Kegiatan tersebut turut dihadiri juga oleh Wakapolda Maluku Utara, Irwasda, Pejabat Utama Polda dan Korem 152/Babullah, Kapolres Ternate, Danlanal Ternate, Dandim 1501/Ternate, dan Dandenpom, XVI/Ternate.

Kapolda Maluku Utara dalam amanatnya mengatakan bahwa dalam rangka menyikapi kejadian bentrokan antara kelompok masyarakat di 2 daerah yaitu di sorong Papua Barat dan Maluku Tengah yang mengakibatkan jatuh korban jiwa, baik meninggal dunia maupun luka-luka, Kapolda berharap kejadian serupa tidak terjadi di wilayah Maluku Utara.

“Sebagai bentuk langkah antisipasi, hari ini kita laksanakan apel gelar pasukan gabungan sebagai bentuk kesiapsiagaan kita sebagai personel TNI-Polri untuk dapat memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat”. Ucapnya.

Kapolda juga menekankan beberapa hal kepada personel TNI-Polri dalam rangka menjaga situasi kamtibmas tetap terjaga dan kondusif, yaitu dengan selalu melakukan deteksi dini terhadap hal-hal yang menjadi potensi ganguan, kemudian sosialisasikan dan himbauan kepada masyarakat agar tidak percaya berita hoax yang menyebar terkait dengan duan kejadian tersebut.

Kemudian, selalu lakukan koordinasi dengan instansi terkait serta lakukan pendekatan-pendekatan kepada tokoh agama dan masyarakat, lalu selalu jaga kekompakan dan soliditas antara personel TNI-Polri baik di saat dinas maupun di luar dinas, serta tetap menerapkan protokol kesehatan sehingga kita terhindar dari Covid-19.

Sementara itu, Kasrem 152/Babullah yang menyampaikan amanat Danrem mengatakan agar personel TNI-Polri selalu menghadapi segala hal yang dapat menggangu situasi kamtibmas di Maluku Utara.

“TNI-Polri merupakan penjaga keamanan masyarakat dan Negara, untuk itu kita buktikan bahwa kita mampu menghadapi segala hal yang dapat menggangu stabilitas keamanan di Maluku Utara serta mampu menciptakan kedamaian dan kesejahtraan masyarakat” Ujarnya.

Ia juga menghimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak mudah terprovokasi dan menyebarluaskan isu yang belum dapat dipastikan kebenarannya baik melalui Media sosial maupun aplikasi.

Kabidhumas Polda Maluku Utara Kombes Pol. Michael Irwan Thamsil, S.I.K. yang turut hadir dalam kegiatan tersebut menambahkan bahwa usai kegiatan apel gabungan kesiapsiagaan dilanjutkan dengan patroli gabungan TNI-Polri di seputaran Kota ternate.

“Kami berharap seluruh masyarakat Maluku Utara dapat berperan aktif dalam menjaga keharmonisan yang sudah terjalin dan tidak terpengaruh dengan hasutan atau isu-isu yang provokatif”. Harapnya.

Lebih lanjut, Ia meminta untuk semua pihak saling menjaga satu sama lain serta berkontribusi aktif guna menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat agar tetap aman dan kondusif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *