Home / MITRA POLISI / Kabid Humas Polda Malut Sambangi Kantor PWI Malut Untuk Bersilahturahmi

Kabid Humas Polda Malut Sambangi Kantor PWI Malut Untuk Bersilahturahmi

 

 

 

 

 

 

Tribratanews.malut.polri.go.id-Polda Malut, Kabid Humas Polda Maluku Utara AKBP Adip Rojikan, S.I.K., M.H. yang di dampingi oleh, Kaur Mitra Subbid Penmas Bid Humas Iptu Eksan Umanailo, dan Personil Bid Humas Polda Malut. Melaksanakan kunjungan dan silahturahmi ke Kantor PWI Maluku Utara. Selasa 03/12/19 Malam tadi.

Dalam kunjungannya Kabid Humas Polda Maluku Utara ini disambut secara langsung oleh, Ketua PWI Malut Syahfrudin Ganda, Dewan Penasehat H. Pardi, Ketua Dewan Kehormatan PWI Malut Basri Nur, Wakil Ketua Bidang Pembelaan Wartawan PWI Malut Inrico Pattipeiluhu, Sekretaris Adnan Wais, Wakil Sekretaris 1 Sahrudin Nurdin, wakil Sekretaris 2 Faujan A. Pinang, Seksi Anggota PWI Narjo Usman.

Dalam kesempatan ini, Ketua PWI Syahfrudin Ganda mengucapkan teima kasih kepada Kabid Humas Polda Malut yang telah menyempatkan diri untuk mengunjungi Kantor PWI Malut untuk bersilahturahmi.

“Terkait dengan Humas Polda Maluku Utara, itu pasti berkaitan dengan Wartawan. Polda Malut merupakan Institusi besar yang harus menjaring Wartawan dan berhubungan langsung dengan Dewan Pers serta PWI.” Kata Ketua PWI.

Ketua PWI Malut juga menyampaikan bahwa Jumlah Media yang ada di Indonesia yaitu 47 Ribu Media, 2 Ribu Surat Kabar, 664 Radio, 523 Televisi, 43 Ribu lainnya yang tidak memiliki Kapasitas, dan khusus di Maluku Utara Mediia Online yang terdaftar baru ada 6 yang lainnya belum terdaftar.

Kami sangat menyayangkan Wartawan yang meliput di Polda Maluku Utara itu banyak yang belum Uji Kompetensi Wartawan (UKW), untuk itu Kami akan menyelengarakan UKW dan akan berkordinasi dengan Polda Maluku Utara.

 

 

 

 

 

 

“Safrudin Ganda juga menyarankan, untuk Wartawan Liputan di Polda Maluku Utara dapat menerapkan seperti di Mabes Polri, setiap Wartawan harus memiliki Id card yang di berikan oleh Polda Malut.” Saran safrudin.

Kami dari PWI dalam waktu dekat ini akan bekerjasama dengan Humas Polda Maluku Utara terkait dengan Uji Kopetensi Wartawan.

Terkait dengan Wartawan yang belum memiliki Uji Kopetensi Wartawan dan Apabila dari Polda Atau instansi lain dirugikan dengan Pemberitaan yang di muat, bisa langsung menghubungi Dewan Pers dan Dewan pers akan memanggil media tersebut.

“Apabila wartawan itu tidak UKW dan Medianya belum Terverivikasi Dewan Pers akan mengembalikan ke pihak berwajib atau Polda Malut untuk bisa di pidana karna media tersebut tidak terverivikasi.” Ujanya

Dewan Pers Bpk. Ahmad Johar pernah menyampaiakn apabila ada wartawan datang meminta informasi, Narasumber berhak menanyai terlebih dahulu wartawan tersebut sudah UKW atau Belum? dan Apabila belum berhak Menolak.

Untuk Media itu harus berbadan Hukum dan Pimpinan redaksi harus UKW terlebih dahulu, dan di Dewan Pers juga di Katakan Sumber bisa menolak memberikan Informasi kepada Wartawan yang belum berkopetensi.

 

 

 

 

 

 

Untuk di Maluku Utara Pelaksanaan UKW baru dilaksanakan sebanyak 3 kali yaitu, 2 kali oleh PWI dan 1 Kali Oleh Media Kabar Malut. Terkait dengan UKW wartawan yang meliput di Polda Malut hampir semua belum melakukan UKW, dan Jumlah wartawan yang Sudah UKW di Maluku Utara sangat sedikit.

“Wartawan yang ada di Malut kurang lebih 112 atau 121, yang merupakan anggota PWI dan Selebihnya bukan Anggota PWI.” Ungkapnya.

Sementara itu kabid Humas Polda Malut AKBP Adip Rojikan, S.I.K., M.H., dalam kunjungannya mengucapkan terimakasih kepada Ketua PWI dan Anggota nya, telah menerima kami dengan senang hati dan telah meluangkan Waktunya .

Kabid Humas juga menyampaikan Bahwa, Polda Malut dalam hal ini Bidhumas Polda Malut akan mengambil Peran untuk ikut menertibkan wartawan, tapi kami tau bahwa kami Polda Maluku Utara dalam rangka menertibkan Wartawan tidak bisa sendiri sehingga kami berkerjasma dengan Dewan pers atau PWI.

“Saat ini yang kami lakukan dalam menertibkan Wartawan yaitu dengan Meminta Surat Tugas dari Media masing-Masing, ini langkah Awal kami dan mudah-mudahan Kedepanya wartawan yang meliput di Polda Maluku Utara sudah UKW.” Kata Kabid Humas. (Wtftt/Subbid Penmas).

About wanto

Check Also

Pernyataan Wakapolri Soal Penggunaan Preman Dipelintir, Ini Kata Ketua Harian Kompolnas

Tribratanews.malut.pori.go.id-polda malut, Masalah Covid 19 adalah masalah kita bersama, yang hrs dihadapi dan ditangani bersama-sama …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *