KABIDHUMAS : PENYAMPAIAN PENDAPAT DI MUKA UMUM HARUS SESUAI DENGAN ATURAN YANG BERLAKU

Read Time:1 Minute, 27 Second

tribratanews.malut.polri.go.id – POLDA MALUT, Menyikapi viralnya video seorang perwira polisi di media sosial yang membuka palang/spanduk di tengah jalan, Polda Maluku Utara angkat bicara melalui Kabidhumas Kombes Pol. Michael Irwan Thamsil, S.I.K. Senin (02/05).

Ia menjelaskan bahwa kejadian tersebut berlokasi di Kabupaten Halmahera Tengah tepatnya di jalan perempatan kilo 3 Desa Fidijaya, dimana sekelompok pemuda melakukan Pemalangan jalan untuk mencari perhatian dari Pemerintah Daerah dan PT. IWIP agar dapat mengakomodir tuntutan mereka.

Karena adanya Pemalangan jalan yang dapat mengganggu kelancaran lalu lintas dan kepentingan umum lainnya, Kabag Ops Polres Halmahera Tengah AKP Husain Alkatiri mengambil tindakan tegas dan terukur untuk membubarkan massa dan mengambil spanduk yg memblokade jalan.

“Banyak orang yang akan pergi bekerja menuju lelilef, jadi terjadi kemacetan lalu lintas di lokasi kejadian sehingga Kabag Ops mengambil tindakan untuk membuka blokade jalan”. Ujarnya.

Setelah itu, pihak Polres Halmahera Tengah melakukan negosiasi sehingga para pemuda tersebut yang berjumlah kurang lebih 20 orang membubarkan diri dengan aman dan tertib.

Lanjutnya, Kabidhumas menjelaskan bahwa para pemuda tersebut menuntut manajemen PT. IWIP mengakomodir karyawan lokal.

Dalam hal ini Bapak Kapolda Maluku Utara memberikan apresiasi kepada Polres Halmahera Tengah yang bergerak cepat dan tegas menyelesaikan permasalahan dan negoisasi terhadap para pemuda tersebut sehingga dapat membubarkan diri dengan aman dan tertib, “Ini menjadi contoh bagi Polres jajaran Polda Maluku Utara lainnya dalam bertindak”.

Lebih lanjut Kabidhumas menghimbau untuk masyarakat yang akan melaksanakan unjuk rasa atau menyampaikan pendapat di muka umum untuk menghormati hak-hak dan kebebasan orang lain sebagaimana disebutkan dalam pasal 6 huruf (a) UU Nomor 9 Tahun 1998 tentang Kemerdekaan menyampaikan pendapat di muka umum.

“Lakukan penyampaian pendapat sesuai mekanisme yang sudah diatur dalam UU dengan aman dan tertib, dan menghormati hak-hak orang lain”. Jelasnya

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.