Home / MITRA POLISI / Kapolda Malut Melakukan Pertemuan dengan Forkopimda Morotai dan tokoh Agama serta Tokoh Masyarakat Kab. Pulau Morotai

Kapolda Malut Melakukan Pertemuan dengan Forkopimda Morotai dan tokoh Agama serta Tokoh Masyarakat Kab. Pulau Morotai

Tribratanews.malut.polri.go.id-Polda Maluku Utara, Menyikapi permasalahan yang terjadi di kab. Pulau Morotai kemari, maka dari itu Kapolda Malut Brigjen Pol Drs. Suroto, M.Si., langsung berkunjung ke Kab. Morotai dan melakukan pertemuan dengan Forkopimda kab. Morotai, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Kab. Pulau Morotai.

Hal ini untuk mengatasi sejak dini permasalahan yang terjadi di Kab. Pulau Morotai, sehingga permasalahannya cepat dilselesaikan dan tidak menimbulkan kegelisahan masyarakat yang ada di kab. Pulau Morotai dan tidak menggangu Kamtibmas sehingga Kamtibmas yang ada di kab. Pulau Morotai tetap aman dan kondusif.

Pertemuan kapolda Maluku Utara dengan Forkopimda kab. Morotai, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Kab. Pulau Morotai ini, dilaksanakan di Aula Polres Pulau Morotai. Selasa 26/02/19.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Dansat Brimob Polda Malut Kombes Pol Budi Satrijo, S.IK, M,Hum. Bupati Pulau Morotai Beny Laos, SH. Kapolres Pulau Morotai AKBP Mikael P. Sitanggang, S.IK.,MH. Danlanal Morotai, Letkol laut (P) Kariady Bangun S.E. M.Tr.hanla kem. Danlanud Morotai, Kolonel Nav Arif Budiyanto SE,. Pasi Intel Kajari Morotai A.R Subekti. Mewakili Danramil Mayor Robi Manuel. Sekda Kab. Pulau Morotai Drs. M. Asep Kharie, M.Si. Wakapolres Pulau Morotai Kompol Drh. Dedy Wijayanto. Kepala Kemenag Kab. Pulau Morotai H. Kubais Baba, S.Ag. Ketua MUI Kab. Pulau Morotai H. Arsyad Haya. Kaban Kesbangpol Kab. Pulau Morotai Lauhin Goraahe. Kasat Pol PP Kab. P. Morotai Yanto Gani, S.Pd. Ketua FKUB Morotai Amiruddin Ahmat. Sek MUI Kab. Pulau Morotai H. Munawar Wangko.

Kapolda Malut Brigjen Pol Drs. Suroto, M.Si., dalam pertemuan tersebut mengucapkan terimah kasih kepada Forkopimda atas kegiatan kemarin yang sudah dapat diselsaikan dengan baik, bahwa kegiatan Karnaval Merah Putih oleh Yayasan Barokah Surya Nusantara sangat disayangkan dan kita semua mengutuk keras kejadian tersebut.

Jenderal Bintang satu ini melakukan kunjungan ke Morotai ini,  untuk memastikan Situasi Kamtibmas di Kab. Pulau Morotai dan Alhamdulillah situasi sekarang ini berjalan dengan kondusif.

Kapolda Juga menyampaikan bahwa permasalahn ini, diserahkan kejalur hukum dari pada kita mengarahkan massa untuk Demo, jagan sampai kita justru menimbulkan masalah baru. Dari awal kita mengharapkan agar masalah ini diproaes sesuai hukum sehingga jelas seumuanya dapat terungkap

“Kita sudah mengalami sejarah konflik seprti itu ditahun 1999, jadi konflik seperti itu sapa yang dirugikan. Sesungguhnya kita semua sudah mengalami kejadian itu dan mengalami kehilangan keluarga kita. Sehingga potensi-potensi yang mengarah khususnya pada Isu SARA yang harus kita minimalisir.” Ungkap Kapolda.

Terkait dengan masalah ini, akan kami mengumpulkan fakta-fakta siapa saja yang terlibat dalam kegiatan itu dari awal sampai akhir dan selanjutnya kita lakukan pemeriksaan.  Kemudian dari awal pihak Yayasan Barokah Surya Nusantara datang ketemu siapa, sehingga pada saat kegiatan Karnaval merah putih tersebut kita tahu siapa yang bekerja apa dan siapa yang berbuat apa sehingga peran masing-masingnya jelas

Jadi tolong diberikan kesempatan sekali lagi kepada Polri khususnya Polres Pulau Morotai untuk melakukan investigasi kasus karnaval merah putih oleh Yayasan Barokah Surya Nusantara tersebut.  Untuk itu kami meminta agar situasi Kamtibmas harus dijaga dan berharap kesepakatan ini harus disosialisasikan kepada seluruh masyarakat sehingga bukan dikantor ini saja tetapi masyarakat juga harus tahu.

Dalam kesempatan tersebut Ketua MUI Morotai H. Arsyad Haya mengucapkan terima kasih kepada aparat Kepolisian Polres Pulau Morotai yang sudah bisa menjaga kami dalam melaksanakan aksi unjuk rasa, sekalipun ada letupan sedikit namun kami akan bertanggung jawab.

Perlu saya sampaikan juga bahwa direncanakan pada hari ini kami akan masukan format Laporan kami kepada pihak kepolisan secara resmi, dan dihari selanjutnya kami akan mengawal proses ini bersama.

Sementara itu Kepala Kemenag Kab. P. Morotai, H. Kubais Baba, S.Ag, juga mengatakana Kami seku kepala Kemenag Kab. Pulau Morotai, dimana salah satu tugas pokok dari Kementrian Agama adalah memperkokoh kerukunan umat beragama yang difasilitasi oleh negara dan kami menikmati fasilitas negara ini, serta membangun harmoni antar umat beragama dan berkodinasikan antara bidang agama dan pemerintah daerah

Terkait dengan masalah Karnaval merah putih, kami secara lembaga umat beragama sudah lebih cepat melaporkan masalah tersebut ke kepolisian dalam hal ini Polres Pulau Morotai, agar kasus ini segera dituntaskan sesuai dengan peraturan dan perudanganan yang berlaku, kami juga akan bersama-sama menagawal jalannya proses hukum kasus tersebut.

Bupati Kab. Pulau Morotai Beny Laos, SH, juga mengucapkan Terima kasih kepada Kapolda dan Dansat Brimob atas kepedulian untuk daerah kami, ini semua tidak terlepas dari harapan masyarakat Morotai

Perlu saya sampaikan bahwa rangkaian kemarin bukan murni kegiatan yang ada, karena selain kegiatan tersebut dilaksanakan di Morotai ada juga dilaksanakn di Tidore. Marilah kita berpikir jernih dan berpikir satu tujuan bernegara dan berpermerintah yakni menuju kemakmuran rakyat, kita bekerja sama menuju hal tersebut.  (Wtftt/Muis Tftt)

About wanto

Check Also

Jelang Sholat Idul Adha, Tim Kemenag Tentukan Kalibrasi Arah Kiblat Di Lapangan Apel Polres Halsel

tribratanews.malut. Bacan. Jelang perayaan hari Raya Idul Adha 2019 (10 Zulhijah 1440 H) yang akan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *