Home / MITRA POLISI / Kapolda Maluku Utara Manghadiri dan Menyaksikan Simulasi Penanganan Konflik Sosial pada Tahapan Pilleg dan Pilpres 2019

Kapolda Maluku Utara Manghadiri dan Menyaksikan Simulasi Penanganan Konflik Sosial pada Tahapan Pilleg dan Pilpres 2019

Tribratanews.malut.polri.go.id – Polda Maluku Utara, Kapolda Maluku Utara Bringjen Pol. Drs. M. Naufal Yahya, M.Sc, Eng. pagi tadi Kamis 6/9/18, menghadiri dan menyaksikan langsung kegiatan simulasi penanganan konflik sosial dalam menghadapi tahapan Pemilan Presiden dan Pemilihan Legislatif di Wilayah Provinsi Maluku Utara.

Kegiatan simulasi ini bertempat di lapangan Ngara Lamo Salero Kota Ternate dan dilaksanakan oleh Kodam XVI/Patimura dan jajarannya, serta melibatkan Personil Polda Maluku Utara dan Instansi terkait lainnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Suko Pranoto, Kapolda Maluku Utara Brigjen Pol. Drs. M. Naufal Yahya, M.Sc, Eng, Marsma TNI Gustav Brugman, Kodiklat TNI Brigjen TNI Tri Martono, AsInt Kasdam Kolonel Inf Suranto, Asops Kasdam Kolonel Inf Eppy Gustiawan, Kolonel Inf Subagyo, Kolonel Inf Heru C, Kolonel Inf Bonar Panjaitan, Kolonel Laut (P) Wahyu I, Letkol Kal Charles Pasaribu, Letkol Inf Alwi B, Mayor Inf Baramuli, Kapten Kav Mardjuki, Letkol Chb Ade Sofyan, Danrem 152/Babullah Ternate Kol Inf Endro Satoto, Dandim 1501/Ternate, Dandim 1505/Tidore, Danyon RK 732 Banau.

Dalam rangka antisipasi penanganan konflik sosial, tindakan anarkis dan rusuh masa jelang tahapan pemilihan legislative dan pemilihan Presiden tahun 2019, Kodam XVI/Pattimura dan Jajarannya serta melibatkan Anggota Polri Polda Maluku Utara dan Instansi terkait lainnya melaksanakan simulasi penangan konflik sosial.

Prediksi kerawanan konflik sosial masih akan terjadi di tahun 2019, lantaran semakin hangat suhu politik menjelang pileg dan pilpres tahun 2019. Memang eskalasi di tahun 2019 ini masih menjadi tantangan yang harus di hadapai dengan serius oleh TNI-Polri.

Simulasi yang digelar di lapangan Ngara Lamo salero ini, menampilkan skenario kericuhan yang terjadi saat Pileg dan Pilpres 2019.

Simulasi Penanggulangan Konflik sosial Sangat penting di lakukan Untuk Menguatkan Kekompakan Baik itu dari Unsur TNI-POLRI, Satpol PP, SAR, BNPB, DAMKAR dan juga dari kesehatan Untuk Menyiapkan Kendaraan pendukung, baik itu kenderaan Taktis, maupun pengangkut personil dalam melaksanakan tugas di lapangan.

Dalam metode latihan dua pihak dalam penimbunan Situasi ini di lakukan Secara mendadak  dan Acak, Sehingga di harapkan tiap Instansi mampu memerankan tupoksinya untuk mengambil keputusan yang tepat. Serta dapat menerapkan prosedur untuk mengedepankan Aspek keselamatan dan mengantisipasih jatuhnya korban. (wtftt/Muis Tftt)

About wanto

Check Also

Tatap Muka Dan Silahturahmi Cipayung Plus, Organisasi Pergerakan Mahasiswa Serta Bem Se Kota Ternate Bersama Kapolda Maluku Utara

          Tribratanews.malut.polri.go.id-Polda Maluku Utara, Kapolda Maluku Utara Brigjen Pol. Drs.Suroto, M.Si., …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *