Home / POLISI KITA / Kapolda Maluku Utara Membuka Rakerin Humas Polda Malut T.A 2019

Kapolda Maluku Utara Membuka Rakerin Humas Polda Malut T.A 2019

 

 

 

 

Tribratanews.malut.polri.go.id-Polda Maluku Utara, Kapolda Maluku Utara Brigjen Pol Drs. Suroto M.Si., yang di dampingi Wakapolda Maluku Utara Kombes Pol. Lukas Akbar Abriari, S.I.K., M.H., dan Kabid Humas Polda Maluku Utara AKBP Yudi Rumantoro, S.H, S.I.K, M.Si., membuka Rakernis Bidang Humas Polda Maluku Utara T.A 2019 yang bertempat di Ballrom Grand Majang Hotel Kota Ternate. Kamis 10/10/19.

Rakernis yang dilaksanakan dengan tema “Strategi Menajemen Kehumasan Melalui Pembangunan Kapasitas Organisasi Dalam Rangka Mewujudkan Polri yang Promoter.” Kegiatan ini juga di hadiri oleh Kombes Pol. Sam Yulianus Kawengian S.H, Pejabat Utama Polda Maluku Utara dan seluruh Peserta Rakernis dari Polda Maluku Utara dan Jajaran.

 

 

 

 

 

Dalam sambutannya Kapolda Maluku Utara Brigjen Pol Drs. Suroto M. Si menyampaikan bahwa Peran humas saat ini bukan lagi hanya sekedar juru bicara, namun lebih dari itu, humas harus berperan   sebagai   Chief   Editor   atau   King  Maker dalam setiap isu Kamtibmas yang timbul di masyarakat. Humas harus mengubah pola pikir dari reaktif menjadi proaktif dalam rangka pengumpulan, pengolahan, dan analisis data agar isu kamtibmas yang berkembang dapat dikendalikan bahkan dapat menditke isu.

“Tantangan dan peran Humas ini mendorong Kapolri menempatkan manajemen media sebagai salah satu dari tiga kebijakan utama promoter selain peningkatan kinerja dan perbaikan kultur.” Ucap Kapolda.

 

 

 

 

 

Lanjut Kapolda, Terdapat tujuh strategi manajemen media yang perlu diimplementasikan dalam menjalankan peran Humas yaitu peningkatan pemberdayaan terhadap media mainstream; mengelola media sosial; penggunaan intelijen media; mengangkat keberhasilan polri; menekan berita negatif terhadap polri; merespon dengan cepat dan segera netralisir sentimen negatif; serta mengelola trending topic.

Humas Polri dihadapkan dengan era keterbukaan informasi yang mengakibatkan arus informasi saat ini tidak terbatas ruang dan waktu. Masyarakat Indonesia yang didominasi oleh kaum millenial yang dimudahkan dengan perkembangan internet, menuntut humas untuk mengubah paradigma penanggulangan permasalahan sosial yang terjadi dengan mengedepankan pendekatan sosial dan teknologi.

 

 

 

 

 

“Sebagai Etalase Polri, Humas diharapkan mampu merepresentasikan citra Polri yang positif melalui diseminasi informasi kinerja Polri yang profesional dan humanis secara masif.” Tegas Kapolda.

Pemateri Dalam Rakernis Humas ini yaitu, Irwasda Maluku Utara Kombes Pol. Sam Yulianus Kawengian S.H, Dir Binmas Polda Maluku Utara Kombes Pol. M. Nasihin, S.H, Wakil Pimred Malut Post Bpk. Fahrul Marsaoli, Kepala Bidang Penyiaran RRI Kota Ternate Bpk. Malikam Sangaji. (Wtftt)

About wanto

Check Also

Polwan Polres Tidore Kepulauan Jadi Pembina Upacara di SMPN 1 Tikep

          Tribratanews.malut.polri.go.id-Polda Maluku Utara, Tidore – Polwan Polres Tidore Kepulauan di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *