Home / POLISI KITA / Kapolda Maluku Utara Membuka Sosialisasi DVI dan Whorkshop Basic Life Support

Kapolda Maluku Utara Membuka Sosialisasi DVI dan Whorkshop Basic Life Support

Tribratanews.malut.polri.go.id – Polda Maluku Utara, Kapolda Maluku Utara Drs. M. Naufal Yahya, M.Sc, Eng. Yang didampingi Kabid Dokes Polda Maluku Utara AKBP dr. Maringan Th Simanjuntak, M.M, M.A.R.S, pagi tadi membuka secara resmi kegiatan Sosialisasi Disaster Victim Identification (DVI) dan Workshop Basic Life Suport. Rabu 14/11/18.

Kegiatan yang dilaksanakan di Royal Resto Ternate ini dihadiri oleh, Wakapolda Malut Kombes Pol. Drs. Lukas Arry dwiko Utomo, Irwasda Malut Kombes Pol. Syam Yulianus Kawengian. S.H, Para Pe3jabat Utama Polda Maluku Utara, Para Perwira Polda Maluku Utara dan Peserta Sosialisasi.

Kita ketahui bersama bahwa beberapa waktu lalu Bangsa Indonesia berduka dengan sejumlah peristiwa besar diantaranya gempa bumi di NTB, kemudia gempa bumi disertai tsunami di Palu dan yang terakhir kecelakaan pesawat Lion Air JT 610 di Kerawang Jawa Barat, yang menelan korban cukup besar jumlahnya.

Kapolda Malluku Utara dalam sambutannya mengatakan Maluku Utara secara geografis merupakan Daerah Kepulauan dengan beberapa gugusan gunung aktif, tentunya kondisi ini sangat rentan terjadi gempa bumi, gunung meletus, banjir, kecelakaan laut yang dapat mengakibatkan korban jiwa.

Untuk menyikapi kondisi tersebut sebagaimana tugas, tanggung jawab dan kewenangan Polri dalam melakukan Identifikasi Forensik dan menjamin keselamatan jiwa raga, maka dari itu sosialisasi Disaster Victim Identification (DVI)  ini sangat lah penting untuk dilaksanakan.

“Hal ini dapat membantu keluarga korban untuk memastikan status korban yang meninggal, mendapatkan asuransi jiwa, serta korban meninggal dapat pemakaman yang layak.” Ucap Kapolda.

Sebelum mengakhiri sambutannya Kapolda Berharap kedepan Kabid Dokes dan Instansi terkait Dit Polair, basarnas dan BNPB, dapat melaksanakan latihan simulasi dan gelar posko tindakan penyelamatan dan identifikasi korban jiwa secara Antemortem dan Postmortem. Dalam rangka memastikan kesiapsiagaan Polda Maluku Utara menghadapi tantangan tugas kedepan.

Pada kesempatan itu juga Kabid Dokes Polda Maluku Utara AKBP dr. Maringan Th Simanjuntak, M.M, M.A.R.S, mengatakan kegiatan sosialisasi Disaster Victim Identification (DVI) ini untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada kita untuk melakukan mekanisme identivikasi korban bencana masal. Yang seperti kita ketahui bencana di Palu dan korban jatuhnaya pesawat Lion Air untuk koraban yg hidup dan meninggal karan keluarga korban membutuh kepastian jangan sampe salah teridentifikasi.

Mekanisme  berjalannya Disaster Victim Identification (DVI) itu mulai dari olah TKP, postmortem, Antemortem, postmortem itu seperti korban setelah meninggal  kemudian antemortem korban sebelum meninggal kemudian setelah itu baru rekonsiasi itu seperti mencocokan data sebelum meninggal dengan setelah meninggal di cocokan dan hasil akhirnya  adalah teridenfikasi.

“Prosedur tersebut lah yang dilakukan Tim DIV dalam melakukan identifikasi satu korban, dan ini kami sosialisasikan kepada masyarakat dan anggota polri suapaya tau mekanismenya jangan sampe itu tidak tau sehingga nanti mempersulit identifikasi.” Ujar Kabid Dokes Polda Malut (Wtftt)

About wanto

Check Also

Polres Ternate Berhasil Raih Predikat Zona Integritas dan Wilayah Bebas Korupsi (WBK)

Tribratanews.malut.polri.go.id-Ternate, Kementerian Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) RI memberikan penghargaan kepada Polres Ternate …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *