Home / BINMAS / Kapolda Maluku Utara Pimpin Gelar Pasukan Operasi Bina Kusuma II Kieraha 2019

Kapolda Maluku Utara Pimpin Gelar Pasukan Operasi Bina Kusuma II Kieraha 2019

 

 

 

 

 

Tribratanews.malut.polri.go.id – Polda Maluku Utara, Kapolda Maluku Utara Brigjen Pol. Drs. Suroto, M.Si. Pagi tadi Senin 21/10/19. memimpi secara langsung gelar pasukan Operasi Bina Kusuma II Kieraha tahun 2019 Polda Maluku Utara, kegiatan tersebut dilaksanakan di lapangan apel Mapolda Maluku Utara dan di hadiri oleh Wakapolda Malut Kombes Pol. Lukas Akbar Abriari, S.I.K., M.H., Irwasda Malut Kombes Pol. Sam Yulianus Kawengian, S.H., para Pejabat Utama Polda, personil Polda dan peserta upacara gelar pasukan.

Gelar pasukan Operasi Bina Kusuma II Kieraha tahun 2019 Polda Maluku Utara ini, adalah langka awal dalam rangka melakukan pengecekan terhadap kesiapan sebelum melaksanakan operasi baik pada aspek personil, materil, srana prasarana serta perlengkapan pendukung lainnya dalam pelaksanaan operasi kepolisian sehingga nantinya semua rangkaian kegiatan dapat berjalan dengan lancar dan memperoleh hasil yang maksimal.

 

 

 

 

 

Kapolda Maluku Utara dalam sambutannya mengatakan, Operas Bina Kusuma II Kieraha tahun 2019 ini, memiliki tugas untuk membangun dan menumbuh kembangkan kesadaran masyarakat Maluku Utara akan pentingnya situasi Kambtibmas yang aman, tertib, rukun, damai dan harmonis. Guna menjamin keyamanan masyarakat dalam melakukan aktifitasnnya pasca pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI.

Polda Maluku Utara Melaksanakan Operasi Kepolisian dengan sandi  Bina Kusuma II Kieraha 2019, yang digelar oleh Dit Binmas Polda Malut dan Jajarannya merupakan operasi Kepolisian dengan bentuk operasi Harkamtimas dengan mengedepankan Polisi berseragam. Dengan sasaran Potensi Gangguan (PG) dan Ambang Gangguan (AG) agar tidak menjadi Ganguan Nyata (GN).

 

 

 

 

 

“Dengan mengedepankan kegiatan preentif, dimana fungsi Binmas mempunyai tupoksi yang memiliki kegiatan pembinaan dan penyuluhan yang di backup oleh fungsi lainnya dengan melaksanakan kegiatan rutin yang ditingkatkan agar operasi ini dapat berhasil dan dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat Maluku Utara.” Ucap Kapolda.

Sebagaimana telah ditetapkan bahwa dalam pelaksanaan Operasi Kepolisian Kewilayahan Bina Kusuma Kieraha II 2019, dilaksanakan selama 15 hari terhitung mulai tanggal 21 Oktober samapi dengan tanggal 07 November Februari 2019 dengan mengedepankan kegiatan preentif.

 

 

 

 

 

Jenderal Bintang Satu di Polda Maluku Utara ini juga menyampaikan bahwa Operasi Kepolisian ini, dilaksanakan dalam rangka penjegahan, penangkalan serta penanggulangan penyakit masyarakat yang mengarah pada tindakan preman dan premanisme yang meliputi mabuk-mabukan, meminta uang secara paksa, peredaran miras, penyalahgunaan narkoba, perjudian dan prostitusi.

Adapun daerah operasi Bina Kusuma II Kieraha 2019, meliputi seluruh wilayah hukum Polda Maluku Utara. Dengan target operasi mewujudkan situasi Kambtibmas di Wilayah Maluku Utara yang aman dan Kondusif Pasca Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI.

 

 

 

 

 

Lanjut Jenderal bintang satu, Kita sadari bersama bahwa pasca penolakan RUU KUHP dan UU KPK oleh Mahasiswa, hal ini dapat dimungkinkan dimanfaatkan oleh kelompok tertentu dengan memainkan opini dan psikologi masyarakat melalui media sosial untuk ciptakan potensi konflik yang berdampak pada terganggunya stabilitas Kamtibmas.

“Dalam operasi ini, diharapkan agar mampu membangun harmonisasi dengan setiap elemen masyarakat termasuk para tokoh dengan lebih fokus kepada pencegahan serta penangkalan terkait ganguan Kamtibmas, serta isu-isu sarah yang tidak menutup kemungkinan di picu melalui kasus-kasus penyakit masyarakat.” Harap Kapolda. (Wtftt)

About wanto

Check Also

Ratusan Minuman Keras Berhasil di Amankan Tim Operasi Bina Kusuma Kieraha II Polres Tidore Kepulauan

          Tribratanews.malut.polri.go.id- Polda Malut, Tidore – Memasuki hari ke delapan Operasi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *