Kapolda Maluku Utara Pimpin Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Terkait Operasi Kepolisian Terpusat

BERBAGI INFORMASI

Tribratanews.malut.polri.go.id – Polda Maluku Utara, Kapolda Maluku Utara bersama instansi terkait pagi tadi Selasa 08/05/18, melaksankan rapat koordinasi lintas sektoral terkait Operasi Kepolisian Terpusat. Rapat tersebut dilaksanakan di Rupatama Polda Maluku Utara dan dihadiri oleh Danrem 152 Babullah Ternate yang diwakili, Danlanal Ternate yang diwakili, Wakapolda Maluku Utara Kombes Pol. Drs. Lukas Arry Dwiko Utomo, Para Pejabat Utama Polda Malut, Para Kepala Dinas, Kakanwil Kementerian Agama Prov. Malut, Para Kepala Instansi Pemerintahan Maupun Swasta, serta para Kabag Ops Polres Jajaran Polda Malut.

Rapat Koordinasi ini, sebagai implementasi tahap perencanaan dalam proses manajerial, yang dilaksanakan untuk dapat mengetahui kesiapan pengamanan dalam menghadapi dan mengantisipasi menjelang, saat pelaksanaan dan pasca perayaan Idul Fitri 1439 H, dengan mengidentifikasi potensi kerawanan yang diperidiksi akan terjadi dan merumuskan solusi permasalahannya serta mengecek sejauh mana kesiapan masing-masing stekholder terkait dalam hal sarana angkutan, infrastruktur dan situasi Kambtibmas.

Kapolda Maluku Utara menginformasikan, bahwa pada tahun 2018 ini, terdapat beberapa agenda Nasional yang pelaksanaannya membutuhkan kehadiran kita semua untuk mengamankan dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Perlu kita ketahui bahwa saat ini, Prov. Maluku Utara sedang menyelenggarakan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur tahun 2018 yang sudah memasuki tahapan kampanye putaran ke enam. Dan nantinya pada tanggal 15 sampai 16 Juni 2018, kita akan melakukan pengamanan kegiatan masyarakat dalam merayakan hari raya Idul Fitri 1439 H, dulanjutkan dengan pemungutan suara yang akan dialksanakan tanggal 27 Juni dan pada bulang Agustus nanti dimulainya tahapan pengamanan pendaftaran peserta pemilu Legislatif, DPD dan Pilpres serta pengamanan tahapan kampanye pemilu Legislatif, DPD dan Pilpres 2019 pada bulan Septembar 2018.

Jenderal Bintang satu di Polda Maluku Utara ini juga menyampikan khusus dalam rangka mengamankan perayaan hari raya Idul Fitri !439 H, Kecenderungannya aktifitas kehidupan masyarakat akan mengalami peningkatan, sehingga timbul permasalahan yang berimplikasi terhadap terjadinya ganguan Kambtibmas, dengan meningkatnya kebutuhan pokok masyaraka, akibatnya rawan terjadinya penimbunan sembako dan melonjaknya harga sembako secara signifikan. Masyarakat cenderung lebih konsumtif, yang bedampak pada kebutuhan hidup mengalami peningkatan, akibatnya timbul kejahatan yang dapat meresahkan masyarakat mulai dari kejahatan jalanan, kejehatan dengan kekerasan, premanisme dan lain sebagainya.

Demikian juga mobilitas pergerakan aktifitas masyarakat juga semakin meningkat, akan berdampak pada terjadinya kesemrawtan Lalu Lintas Khususnya pada perekonomian baik pasar tradisonal maupun tempat berbelanja. Akan adanya tradisi mudik lebaran, pulang kampung halaman maka akan meningkatnya moda angkutan masyarakat baik angkutan laut, darat dan udara.kondisi ini akan menimbulkan terjadinya kemacetan Lalu Lintas, laka laut dan laka udara.

Dari berbagai permasalahan social tersebut diatas, perlu diantisipasi dan dikelola secara sinergi oleh seluruh Stakeholder, karena pengamanan perayaan Hari Raya Idul Fitri 1439 H, tidak saja menjadi domain Aparat Keamanan saja, namun juga merupakan permasalahan bersama yang harus ditangani secara komprehensif.

Kapolda Maluku Utara Juga menyampaikan kepada Jajaran Polri, bahwa selama bulan puasa dan pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1439 H, Kapolda memerintahkan kepada para Kasatwil, tidak ada aksi sweeping oleh kelompok masyarakat pada tempat hiburan, atau tempat lain yang dianggap menggangu pelaksanaan ibadah Puasa, agar diminimalisir kejadian kejehatan jalanan seperti curas, curat dan premanisme, melakukan penindakan terhadap produsen peredaran dan pengguna minuman keras serta petasan dan kembang api illegal. Antisipasi terjadinya aksi tawuaran antara kelompok warga masyarakat, antisipasi terhadap kejadian aksi terror dengan sasaran petugas Polri serta masyarakat.

Penulis                         : Wanto Tftt / Muis Tftt

Editor                          : Wanto Tftt

Publish                        : Wanto Tftt

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *