Home / GIAT OPS / Kapolda Malut Buka Gelar Operasional Triwulan II Tahun 2019 Polda Malut

Kapolda Malut Buka Gelar Operasional Triwulan II Tahun 2019 Polda Malut

Tribratanews.malut.polri.go.id-Polda Malut. Polda Maluku Utara menggelar Analisa dan Evaluasi terkait kinerja Polri di Bidang Pembinaan dan Operasional Triwulan II T.A. 2019 melalui Gelar Operasional (GO), Kamis (25/7/19).

Kapolda Maluku Utara Brigjen Pol. Drs.Suroto, M.Si membuka Gelara Operasional (GO) dengan dihadiri oleh Wakapolda Malut Kombes Pol. Drs. Lukas Akbar Abriari, S.I.K., M.H, Irawasda Malut Kombes Pol. Sam Yulianus Kawengian, S.H, Pejabat Utama (PJU) Polda Malut, Para Kasubbid Bidang Opsnal Satker Polda Malut, Para Kapolres, Kabag Ops dan Kabag Sumda Polres jajaran.

Gelar Operasional Polda Maluku Utara mengambil tema “Evaluasi Kegiatan Operasional dan Pembinaan Dalam Rangka Optimalisasi Kinerja Guna Meningkatkan Sinergitas Dan Keterpaduan Antar Fungsi Kepolisian Menuju Polri Yang Promoter”.

Kapolda Malut dalam sambutan mengatakan Pelaksanaan GO ini selain sebagai kegiatan analisa dan evaluasi khususnya gangguan kamtibmas selama Triwulan I Tahun 2019, juga untuk mengevaluasi kinerja seluruh satker Polda maupun Polres Jajaran.

Kapolda berharap dalam analisa dan evaluasi GK, bukan hanya membandingkan antara turun naiknya Crime Total, Crime   Clearance pada waktu tertentu saja, hal demikian ini lebih tepat disebut dengan istilah Sispulahjianta.

“Dalam anev GK harus mampu menganalisa tentang mengapa Crime Total ataupun Crime Clearance bisa naik atau turun. Dalam menganev GK harus bisa menjawab apa yang menyebabkan turun naiknya kasus maupun turun naiknya penyelesaian perkara, turun naiknya kasus maupun penyelesaian perkara apakah dari kegiatan Kepolisian (Binmas, Turwali maupun Kring Serse) atupun dari partisipasi masyarakat (Siskamling ataupun kegiatan Pamswakarsa). Dengan demikian baru kita dapat merumuskan langkah-langkah apa yang harus kita lakukan”.

Kapolda menambahkan bahwa berkaitan dengan kesiapan Pilkada Tahun 2020 yang diselenggarakan di 2 (dua) Kota dan 6 (enam) Kabupaten di Maluku Utara, diantaranya Kota Ternate, Kota Tidore, Kabupaten Halbar, Halut, Haltim, Halsel, Taliabu dan Kepuauan Sula. Para Kapolres diharapkan betul-betul mempersiapkan secara matang baik personel, peralatan yang dipergunakan maupun anggaran pengamanan yang diperlukan.

Kapolda juga menyampaikan selain kesiapan Pilkada 2020, masalah Saber Pungli agar dioptimalkan kembali kegiatannya termasuk OTT. Semua Kasatker agar betul-betul meningkatkan pengawasan terhadap aktivitas pelayanan kepada masyarakat, jangan sampai ada pungli terkait segala bentuk pelayanan masyarakat. Segala bentuk pelayanan masyarakat dilaksanakan secara Clean And Clear, cepat, jangan bebelit-belit (One Day Service) bila sudah lengkap tetap diteliti dan benar tanpa adanya biaya-biaya tambahan.

Menutup sambutan Kapolda mengatakan pembinaan personel harus benar-benar dilakukan secara Intensif dan Kontinu, jangan sampai ada anggota yang tidak pernah hadir atau tidak masuk kantor dilindungi dengan alasan tugas. Di khawatirkan anggota tersebut tergalang oleh kelompok tertentu yang mengarah pada Radikalisme atau Aliran Garis Keras (AGK). Untuk itu kepada para pimpinan satuan, secara berjenjang agar sesering mungkin berkomunikasi dengan anggotanya dan meningkatkan Binrohtal serta melakukan kegiatan bersama yang bermanfaat.(Aby Zld)

About farabi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *