Home / LALU LINTAS / KAPOLDA MALUT MEMBUKA SECARA LANGSUNG RAKERNIS FUNGSI LALU LINTAS

KAPOLDA MALUT MEMBUKA SECARA LANGSUNG RAKERNIS FUNGSI LALU LINTAS

Tribratanews.malut.polri.go.id-Polda Maluku Utara, Rapat kerja teknis Funsi Lalu Lintas Polda Maluku Utara yang dilaksanakan pagi tadi Rabu 09/05/18 di Hotel Muara Ternate, di buka langsung oleh Kapolda Maluku Utara Brigjen Pol. Drs. M. Naufal Yahya M.Sc (Eng).

Mengawali sambutan pada Rakernis Fungsi Lalu Lintas kali ini, Jenderal bintang satu di Maluku utara mengatakan, tantangan polisi lalu lintas kedepan akan semakin kompleks  dan berat, karena lau lintas adalah urat nadi kehidupan masyarakat. Dalam Publikasinya World Healty Organization  (WHO) mengatakan  bahwa kematian akibat laka lantas  menjadi salah satu  penyakit tidak menular dengan kematian tertinggi pada 2030 menjadi penyebab kematian nomor 5 tertinggi setelah penyakit jantung,stroke, paru-paru dan ispa, padahal sebenarnya prinsip dasar transportasi adalah safety and secure, efficiensi dan equity, namun kenyataan yang terjadi adalah sebaliknya.

Berdasarkan data laka lantas yang masuk dalam aplikasi Integrated road safety Management System (IRSMS), selama kurun waktu bulan januari  sampai dengan april  2018  di Maluku utara terjadi 99 kasus kecelakaan lalulintas yang mengakibatkan 37 orang meninggal dunia.  Kondisi ini menjadi warning bagi kita semua, karena dibandingkan dengan tahun 2017 terjadi 197 kasus laka lantas yang menyebabkan 100 orang meninggal dunia. Artinya apabila di rata-rata hanya dalam waktu 4 bulan jumlah angka kecelakaan di tahun 2018 telah melebihi 50% dari angka kecelakaan.

Tingginya angka fatalitas korban kecelakaan lalu lintas disebabkan karena pengguna jalan yang cenderung melakukan pelanggaran yang berpotensi menyebabkan laka lantas dengan korban fatal,misalnya tidak menggunakan helm, melebihi batas kecepatan, tidak menggunakan safety belt dan melawan arus.

Manfaatkan fungsi rakernis ini sebagai ajang untuk menyusun langkah-langkah yang Komprehensif  dari seluruh bidang yang memang berhubungan dengan dinamika lalu lintas di Maluku utara, ujarnya.

Saya meminta seluruh Stake Holder terkait,bahu membahu menyikapi permasalahan lalu lintas yang ada. K ita harus jadikan Maluku Utara sebagai wilayah yang terdepan dalam upaya meningkatkan keselamatan berlalulintas, tambahnya.

Hari ini adalah hari terakhir dilakukannya operasi kepolisian lalu lintas dengan sandi Operasi Patuh Kieraha 2018. Harapan dari hasil dari operasi patuh ini bisa memberikan dampak yang besar bagi turunnya angka laka lantas dengan korban fatal yang terjadi di Maluku Utara, sehingga menjelang digelarnya Operasi Ketupat Kieraha 2018 semua menjadi kondusif. Perintah Kapolda Malut yang baru berdinas satu bulan ini, mengatakan bahwa pelaksanaan operasi patuh dilakukan dengan pola hunting  system, yaitu meningkatkan patroli  dan jika menemukan pelanggar langsung laksanakan penindakan dengan tilang, tidak dengan pola stationer, karena dengan pola hunting system akan jauh lebih efektif untuk menyelamatkan masyarakat dari kejadian laka lantas dengan korban fatal.

Sebelum mengakhiri sambutan, Kapolda Maluku Utara mengucapkan terimakasih kepada para narasumber dan tamu undangan atas dukunganya kepada Polda Maluku Utara, serta menyampaikan kepada seluruh peserta, manfaatkan moment ini untuk mengevaluasi seluruh pelaksanaan tugas yang telah dilakukan serta susun rencana kegiatan yang baik sehingga pelaksanaan tugas kedepan akan semakin efektif, tambahnya.

Penulis : Farabi

Editor : Hefrizon

Publish : Farabi

About Admin Humas Polda Malut

Check Also

Ops Zebra Kieraha 2019, Sat Lantas Polres Halsel Jaring Ribuan Pelanggar lalu Lintas

        Tribratanews.malut.polri.go.id – Polda Maluku Utara, Halsel – Pelaksanaan Operasi Zebra Kieraha …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *