Home / BINKAM / Kapolda Malut Pimpin Gelar Pasukan Operasi Bina Kusuma II Kieraha Tahun 2018

Kapolda Malut Pimpin Gelar Pasukan Operasi Bina Kusuma II Kieraha Tahun 2018

Tribratanews.malut.polri.go.id – Ternate. Kepolisian Daerah Maluku Utara melakukan apel gelar pasukan Operaso Bina Kusuma II Kieraha Tahun 2018 yang dipimpin oleh Kapolda Maluku Utara Brigjen Pol. Drs. M. Naufal Yahya, M.Sc. Eng.  di Lapangan Apel Mapolda Malut. Selasa (2/10/18).

Apel Gelar Pasukan dilakukan adalah langkah awal dalam rangka melakukan pengecekan terhadap kesiapan sebelum pelaksanaan operasi baik aspek personil, materil, sarana prasarana serta kelengkapan pendukung lainnya.

Kapolda Maluku Utara dalam amanatnya menyampaikan bahwa Operasi Bina Kusuma II Kieraha 2018 Polda Maluku Utara memiliki peranan  yang sangat penting dimana pelaksanaannya sebagai upaya pre-emtiv terkait upaya pencegahan, penangkalan, serta penanggulangan penyakit masyarakat yang mengarah kepada premanisme, peredaran miras, perjudian, penyalahgunaan narkoba dan prostitusi.

Lebih lanjut Kapolda menyampaikan bahwa Operasi Bina Kusuma II Kieraha 2018 ini memiiki tugas untuk membangun dan menumbuhkembangkan kesadaran masyarakat maluku utara akan pentingnya situasi kamtibmas yang aman, damai dan sejuk dalam menyongsong pemilihan legislatif dan pemilihan presiden 2019.

Operasi ini mengedepankan  kegiatan Pre-emtif dimana fungsi Binmas yang memilik Tupoksi melakukan kegiatan pembinaan dan penyuluhan yang di back up oleh fungsi-fungsi lainnya dengan melaksanakan kegiatan rutin yang ditingkatkan.

Tujuan dari pelaksanaan Operasi Bina Kusuma II Kieraha 2018 Polda Maluku Utara ini adalah untuk untuk memelihara situasi kamtibmas agar tetap kondusif di wilayah Provinsi Maluku Utara melalui kegiatan pembinaan dan penyuluhan terhadap preman dan premanisme, mengantisipasi terjadinya penyakit masyarakat di tempat hiburan malam, pasar dan tempat keramaian lainnya.

Sekarang ini juga telah berlangsung Operasi Mantap Brata, namun pada pelaksanaan Operasi Bina Kusuma II- Kieraha 2018 juga memiliki peran yang sangat penting dimana dalam pelaksanaannya sebagai upaya Pre-emtif terkait upaya pencegahan, penangkalan serta penanggulangan penyakit masyarakat yang mengarah kepada tindakan preman dan premanisme yang meliputi peredaran miras, perjudian, penyalahgunaan narkoba dan prostitusi.

Operasi Bina Kusuma II Kieraha 2018 ini mengedepankan anggota Polisi yang berseragam melalui kegiatan pembinaan dan penyuluhan pre-emtif dalam setiap tindakan kepolisian dan mengutamakan kegiatan sambang (door to door) dalam melakukan pembinaan dan penyuluhan kepada masyarakat yang berkaitan dengan preman dan premanisme serta penyakit masyarakat.

Sebagai informasi bahwa kegiatan Operasi Bina Kusuma II Kieraha 2018 Polda Maluku Utara ini dilaksanakan mulai dari tanggal 4 Oktober s/d 18 Oktober 2018, sedangkan untuk Apel Gelar Pasukannya telah dilaksanakan pagi tadi, Selasa (2/10/18) yang dipimpin oleh Kapolda Maluku Utara Brigjen Pol. Drs. M. Naufal Yahya, M.Sc. Eng. (hzn)

About hefrizon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *