Home / POLISI KITA / Kapolda Malut Pimpin Pengambilan Sumpah dan Penandatanganan Pakta Integritas Rekrutmen Proaktif Penerimaan Bintara Polri T.A. 2020 Polda Malut

Kapolda Malut Pimpin Pengambilan Sumpah dan Penandatanganan Pakta Integritas Rekrutmen Proaktif Penerimaan Bintara Polri T.A. 2020 Polda Malut

 

 

 

 

 

 

Tribratanews.malut.polri.go.id-Polda Malut, Kapolda Maluku Utara Brigjen Pol. Drs. Suroto, M.Si., yang didampingi oleh Karo SDM Polda Malut Kombes Pol. Satria Yusada, S.I.K., mempimpin Pengambilan Sumpah dan Penandatanganan Pakta Integritas Penyelenggaraan Rekrutmen Proaktif  Penerimaan Bintara Polri T.A. 2020 Panda Polda Malut, dan menyaksikan penandatanganan MoU bersama antara Polda Malut dengan LSM dan Instansi terkait. Selasa 10/12/19.

Kegiatan yang di pusatkan di  Aula Polda Malut ini dihadiri oleh, Para Pejabat Utama Polda Maluku Utara, Kadis Dikjar Prov. Malut Djafar Hi.Hamisi, S.IP., M.Si., Kadis Pora Prov. Malut Ismail Idris., S.Pd., Kakanwil Kemenag Malut H. Sarbin Sehe, S.Ag., M.P.Di, Kadis Dukcatpil Kota Ternate Rukmini A Rahman, S.E., M.Si., Ketua HIPMI Malut Dewi Mufidatul Ummah, M.Psi., Psikologi., Ketua LSM Malut Mohammad Asgar Saleh, SE., M.E., Para Panitia Penerimaan, Para Orang tua Peserta, Peserta Sejumlah 34 Orang, Pria 24 Orang dan Wanita 10 Orang.

Kapolda Malut dalam sambutannya mengatakan, Sumber Daya Manusia dalam Organisasi merupakan Human Capital karena SDM memberikan kontribusi yang besar dalam sebuah Organisasi bahkan menentukan keberhasilan sebuah Organisasi. selain dari itu, SDM disebut sebagai Intellectual Capital karena kemampuannya memberikan ide-ide yang cemerlang untuk mendukung berkembangnya sebuah Oraganisasi.

 

 

 

 

 

 

Untuk menindaklanjuti Program Prioritas Kapolri dalam mewujudkan SDM yang unggul, maka perlunya langkah-langkah komprehensif untuk melakukan penataan pada bidang rekrutmen untuk mewujudkan proses seleksi yang bersih, transparan, akuntabel, humanis dan berbasis IT serta dapat diakses oleh Publik.

“Karena memang sejatinya rekrutmen yang baik memilki peran sangat penting untuk menciptakan postur personel Polri dalam organisasi Polri.” Kata Kapolda.

Lebih Lanjut Kapolda, guna menjawab paradigma tersebut, untuk mendapatkan calon Anggota Polri yang mempunyai kompetensi khusus dan talenta, maka diselenggarakan rekrutmen proaktif pada penerimaan Polri T.A 2020 secara bersih, transparan, akuntabel dan humanis serta clear dan clean baik di tingkat panda maupun tingkat pusat.

 

 

 

 

 

 

“Polri juga berkomitmen pada semua proses penerimaan calon Anggota Polri, tidak ada KKN, Broker, Pungli, Apalagi rekayasa dan konspirasi serta menerapkan diskualifikasi bagi peserta seleksi yang menggunakan sponsorship, memo ataupun ketebelece”. Ungkapnya.

Jenderal bintang satu di Polda Malut ini juga menyampaikan, bahwa dalam rekrutmen proaktif penerimaan Bintara Polri T.A. 2020. Kategori Talent Scouting, Mabes Polri telah melaksanakan koordinasi dengan Kemendikbud, Kemenpora, dan Kemenag untuk mendapatkan data siswa yang mempunyai prestasi akademik dan non akademik, yang ada di seluruh Wilayah Indonesia.

“Selanjutnya Panitia Daerah dengan melibatkan Polres dan Polsek mendatangi sekolah dan alamat rumah calon peserta untuk melakukan penawaran kesediaan menjadi Anggota Polri, dan apabila bersedia langsung menandatangani surat pernyataan yang telah disiapkan. Sedangkan kategori affirmative action dan penghargaan, pencarian dan pendataan calon peserta  diserahkan kepada Panda.” Ungkap Jenderal bintang satu.

 

 

 

 

 

 

Sebelum mengakhiri sambutannya, Kapolda sebagai penanggungjawab penyelenggaraan rekrutmen proaktif panda Polda Malut, menekankan beberapa hal untuk dipedomani dan dilaksanakan oleh seluruh panitia dan peserta. Pakta Integritas ini pada hakekatnya merupakan pernyataan kesiapan dan kesanggupan dengan menjunjung tinggi sumpah jabatan di hadapan Tuhan Yang Masa Esa, sehingga diharapkan tidak hanya sebagai formalitas semata, namun benar-benar diterapkan selama proses seleksi berlangsung.

Kepada panitia seleksi serta pengawas internal dan eksternal, agar menyelenggarakan seleksi ini dengan sungguh-sungguh dan penuh tangung jawab, sehingga tidak ada lagi penyalahgunaan wewenang. Dan  kepada para peserta agar mengikuti seleksi ini dengan baik, serta tidak berupaya untuk melakukan kecurangan, jangan percaya pada pihak-pihak yang menjanjikan kelulusan. Apabila ada oknum Panitia maupun peserta seleksi yang terbukti melakukan pelanggaran maupun kecurangan, kita tidak segan-segan untuk mendiskualifikasi dan diproses sesuai aturan yang berlaku. (Wtftt)

About wanto

Check Also

Polres Tidore Gelar Upacara Korps Raport Kenaikan Pangkat Perioede 1 Juli 2020

Tribratanews.malut.polri.go.id-polda malut, Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Tidore Kepulauan AKBP Yohanes Jalung Siram,S.I.K. memimpin Upacara Korps …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *