Home / MITRA POLISI / Kapolres Halbar Hadiri Penyelesaian Tarkam Antara Desa Tongute dan Desa Gam Ici di Kec. Ibu

Kapolres Halbar Hadiri Penyelesaian Tarkam Antara Desa Tongute dan Desa Gam Ici di Kec. Ibu

Tribratanews.malut.polri.go.id–Polda Malut – Halbar, Tauran antara kampong (Tarkam) antara Desa Tongute Sungi dan Desa Gam Ici di Kec. Ibu Kab. Halbar, yang terjadi beberapa hari lalu di Kec. Ibu ini, telah diselesaikan secara kekeluargaan oleh Polres Halbar dan Pemerintah Kecamatan Ibu. Selasa 18/06/19.

Penyelesaian Tarkam yang terjadi di Kec. Ibu antara Desa Tongute Sungi dan Desa Gam Ici, dilaksanakan di Kantor Kecamatan Ibu ini dihadiri oleh Kapolres Halmahera Barat AKBP Deny Heryanto, S.IK, M.Si, Waka Polres Kompol Angga Heldiansyah, S.IK, Kasat Bimas IPTU Jusman Husain, Kesbang Pol Kab. Halbar Bapak M.Sarif Ali. S.IP. M.Si., Camat Ibu Ibrahim Mantan S.sos., Kades Tongute sungi Ebenhaeser Bawues SH., Kades Gam Ici Iswan Abd. Gani, Tokoh Pemuda Junaidi Yakin, Tokoh masyarakat Apner dan Bpk. Sajudin Balulu.

Salah satu masyarakat yang menjadi korban mengatakan bahwa benar terkait masalah pelemparan terhadap rumahnya telah dilaporkan ke pihak Kepolisian (Polsek Ibu), dan telah di tangani dan kami pun telah melakukan penyelesaian secara kekeluargaan yang di dampingi pihak Kepolisian,  dengan kesepakatan atap/ seng rumahnya yang rusak akan di ganti dengan selang waktu satu bulan, dan hingga saat ini tidak ada pelemparan lagi, “berita yang beredar bahwa masih ada pelemparan adalah berita bohong.” ucapnya

Sementara Kades Desa Gam Ici juga membenarkan bahwa pada saat  kejadian tersebut kami telah melakukan koordinasi antara pemerintah Desa dan pihak Kepolisian serta mediasi dengan pihak korban untuk menyelesaikan permasalahan tersebut secara kekeluargaan, dan telah mendapatkan titik temu untuk penyelesayan secara tertulis dan membuat  surat penyataan, dan  kami rencanakan pada hari Minggu atau tepatnya pada tanggal 15 Juni namun terkendala di karnakan ada kunjungan Bpk. Bupati Halbar  dan akhirnya kami bersepakat untuk dilaksanakan pada hari ini.

Dalam penyelesaian kasus tersebut Kapolres Halmahera Barat mengatakan bahwa dengan kedatangan kami   di Kec. Ibu, dalam rangka untuk  mempercepat penyelesaian permasalahan yang melibatkan Kelompok dari Desa Gam Ici dan Desa Tongute Sungi.

“Pernyelesaian tersebut perlunya dikuatkan dengan Surat  pernyataan sebagai bukti pertanggung jawaban, bahwa masalah tersebut telah selesai, dan semoga kecamatan Ibu tidak ada lagi permasalahan seperti ini dan semoga masyarakatnya selalu hidup rukun  aman dan damai.” Tutur Kapolres.

Sementara itu Camat Ibu juga menyampaikan dengan adanya Penyelesaian Masalah yang  dikuatkan dengan Pernyataan antar pihak- Pihak  yang bermasalah,  maka tidak ada lagi berita -berita negatif  yang dapat merugikan kita semua, Umumnya  Masyarkat di kecamatan Ibu. karna kami selalu melakukan upaya penyelesaian  ketika ada  terjadi  permasalahan  agar tidak berkembang.

Camat Ibu juga sangat berterima kasih kepada Bapak  Kapolres Halbar  dan Waka Polres Halbar  serta Kasat Binmas  atas kedatangannya  dalam rangka penyelesaian  masalah yang terjadi di tempat kami. (Wtftt/ Res Halbar).

About wanto

Check Also

Tatap Muka Dan Silahturahmi Cipayung Plus, Organisasi Pergerakan Mahasiswa Serta Bem Se Kota Ternate Bersama Kapolda Maluku Utara

          Tribratanews.malut.polri.go.id-Polda Maluku Utara, Kapolda Maluku Utara Brigjen Pol. Drs.Suroto, M.Si., …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *