Home / POLISI KITA / Kapolres Halsel Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Bina Kusuma I Kieraha 2019

Kapolres Halsel Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Bina Kusuma I Kieraha 2019

Tribratanews.malut.polri.go.id-Porles Halsel. Jajaran Kepolisian Resor Halmahera Selatan melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Bina Kusuma I Kieraha 2019, di lapangan Apel Polres, Selasa (25/6/2019).

Dihadapan para PJU dan Perwira Polres Halmahera Selatan serta para personil Polres Halmahera Selatan, Kapolres Halmahera Selatan AKBP M. Faishal Aris, S.I.K., M.M. membacakan amanat Kapolda Maluku Utara, bahwa Kegiatan ini diselenggarakan untuk mengecek kesiapan personel Ops Bina Kusuma I Kieraha 2019 dan menyamakan persepsi dalam bidang pembinaan dan penyuluhan terhadap premanisme dan potensi masyarakat yang mendukung kamtibmas guna mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif.

Ops dengan sandi “Bina Kusuma I Kieraha – 2019” dengan mengedepankan kegiatan Pre-emtif, dimana fungsi Binmas yang memiliki tupoksi melakukan kegiatan pembinaan dan penyuluhan yang di back up oleh fungsi lainnya dengan melaksanakan kegiatan rutin yang di tingkatkan, agar operasi ini dapat berhasil dan dapat di rasakan oleh seluruh lapisan Masyarakat Maluku Utara ” mendapat perhatian antusias dari seluruh peserta apel.

Perkembangan situasi saat ini dimana aksi preman dan premanisme masih begitu merajalela di indonesia, yang terjadi dalam berbagai wajah, mulai dari preman, individual, sampai yang terorganisir dalam kelompok dan tak sedikit yang menggunakan baju organisasi atau perusahan legal bahkan menjadi semacam sindikat atau mafia. Apapun wajah dan bentuk premanisme, semuanya melibatkan ancaman, intimidasi atau kekerasan akibatnya premanisme melahirkan dampak yang besar, menelan banyak korban jiwa maupun harta benda, mencul ancaman dari rasa aman dan kei’idak nyamanan hidup masyarakat serta rasa was-was dan ketakutan menghantui masyarakat.

Sebagaimana telah di ketahui bahwa perhelatan pesta demokrasi telah selesai dan berlangsung dengan aman dan kondusif dan masyarakat maluku utara dapat beraktifitas dengan normal, namun demikian masih ada beberapa pendukung caleg yang tidak terpilih sering melakukan aksi protes maupun tindakan yang menjurus pada aksi premanisme. untuk itu polda maluku utara beserta jajaranya akan melaksanakan operasi kepolisian kewilayahan dengan sandi “bina kusuma I kieraha 2019” dengan sasaran pencegahan preman dan premanisme serta penyakit masyarakat di wilayah hukum polda maluku utara dalam rangka cipta kondisi kamtibmas yang aman dan kondusif pasca Pileg dan Pilpres Tahun 2019 serta jelang Putusan Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia terkait Sengketa Hasil Pemilihan Umum Tahun 2019.

Pada pelaksanaan operasi Bina Kusuma I Kieraha 2019 juga memiliki peran yang sangat penting, dimana dalam pelaksanaanya sebagai upaya pre-emtif terkait upaya pencegahan, penangkalan serta penanggulangan penyakit masyarakat yang mengarah kepada tindakan preman dan premanisme yang meliputi peredaran miras, perjudian, penyalahgunaan narkoba, prostitusi dan penyakit masyarakat lainya. kita sadari bersama bahwa potensi terjadinya gangguan keamanan dan keteriban salah satunya di akibatkan oleh tindakan preman dan premanisme yang dapat berdampak pada gangguan kamtibmas seperti perkelahian antar kelompok yang mengarah pada kerusuhan sosial yang sangat merugikan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

“Kami harapkan selama kegiatan Operasi berlangsung, agar melaksanakan dengan bersungguh-sungguh dan berpedoman pada kirsus Intel, sehingga situasi kondusif dapat tercipta,” harap AKBP M.Faishal Aris, S.I.K., M.M diakhir pembacaannya.(Aby Zld/Risky Zld)

About farabi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *