Home / MITRA POLISI / Kapolres Kep. Sula Silaturahmi Dengan MUI Serta Pengurus Mesjid Raya AL- Istiqomah Sanana

Kapolres Kep. Sula Silaturahmi Dengan MUI Serta Pengurus Mesjid Raya AL- Istiqomah Sanana

Tribratanews.malut.polri.go.id – Polda Maluku Utara. Kapolres Kepulauan Sula AKBP Try Yulianto, S.IK M.Si didampingi oleh Kabag Ops Polres Kep. Sula AKP Agus Purwanta, S.IK, Kasat Bimas AKP Har Soekarno, KBO Sat Intelkam IPDA Sahlan Tubaka, S.H, M.H.  melaksanakan silaturahmi dengan Ketua MUI serta Pengurus Mesjid Raya Al Istiqomah Sanana yang disambut langsung oleh Pengurus Masjid AL- Istiqomah Kab Kep. Sula Saharudin Duwila dan Ketua MUI Kab Ke Sula bpk Hi ABD Rahman Kharie. Rabu (07/11/18).

Kapolres Kep. Sula AKBP Try Yulianto, S.IK M.Si menjelaskan maksud dan tujuan kedatangannya adalah untuk silaturahmi sekaligus memperkenalkan diri selaku warga baru di Polres Kep. Sula serta kiranya dapat membantu dirinya dalam pelaksanaan tugas, semuanya tidak terlepas dari bantuan dan dukungan moril dari pengurus MUI dan pengurus Mesjid Raya Sanana serta masyarakat Kab. Kep. sula.

Kedepannya Kapolres akan mengajak kepada pengurus masjid maupun pengurus MUI serta ormas-ormas islam lainnya untuk bersama-sama bersilaturahmi dan memilihara kerukunan umat beragama di Kab. Kepulauan Sula serta selalu menjaga kamtibmas menjelang Pemilihan Legislatif Tahun 2019 agar selalu aman, damai dan sejuk. Tak lupa kapolres dengan tegas mengatakan akan memberantas Minuman Keras (miras) serta meminta kepada masyarakat agar tidak mengikuti Paham Radikal, Paham HTI dan lainnya. Untuk itu Kapolres mengajak MUI, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda serta seluruh lapisan masyarakat untuk saling bekerja sama membantu Polres Kep. Sula dalam menyikapi persoalan tersebut.

Selanjutnya Ketua MUI Kab. Kep Sula, Hi. Abd Rahman Kharie secara singkat menyampaikan bahwa MUI dan Pengurus Mesjid Raya Sanana sangat berterima kasih atas kunjungan Kapolres dan Rombongan. Dalam kesempatan itu juga Ketua MUI menyampaikan bahwa di Sula ada Universitas Islam, untuk itu mohon bantuan Kapolres untuk bisa berkunjung dan bekerja sama dengan Universitas Babussalam. Perwakilan Pengurus MUI Kab. Kep. Sula, Suharyono Subianto selaku Sekretaris MUI Kab. Kep. Sula, menyampaikan kami dari pengurus MUI membawahi ormas-ormas Islam seperti Muhammadiyah, NU Terima kasih Kepada AKBP Try Yulianto, S.IK M.Si, berkat kepemimpinanya sebagai Kapolres Kep. sula yang baru sangat memberikan rasa aman bagi umat beragama di Kab. Kep Sula. Untuk Ormas HTI di Kab sula tidak ada gerakan akan tetapi  tetap di waspadai gerakannya. Kami dari MUI dan umat beragama di Kep. Sula sangat harmonis. Kasat Bimas Polres Kep. Sula AKP Har Soekarno dalam silaturahminya menyampaikan bahwa akan selalu melakukan komunikasi dengan pengurus MUI sehingga kedepan Polres Kep. Sula bisa melakukan safari/sholat jumat bersama baik dari pihak Kepolisian dengan MUI maupun orma-ormas Islam yang ada di Kab. Kep. Sula. Untuk itu diharapkan bantuan dan kerja sama MUI agar bersama-sama membantu Polri memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk tidak melakukan hal-hal yang mengancam situasi Kamtibmas. Menutup silaturahmi KBO Sat Intelkam Polres Kep. Sula Ipda Sahlan Tubaka, S.H. M.H. dalam silaturahmi menyampaikan terkait tidak ada ormas terlarang seperti HTI di  Kab. Kep. Sula sebagaimana apa yang sudah disampaikan oleh Sekretaris MUI tadi namun kiranya sebagai warga tetap diwaspadai, karena menutup kemungkinan pengikut HTI mengambil kesempatan atas kejadian pembakaran bendera HTI di Jawa Barat selanjutnya melakukan aksi provokasi kepada umat yang berada di wilayah sula. (Aby Zld )

 

About farabi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *