Home / POLISI KITA / Kapolres Ternate Aakan Menjamin Keslamatan Wartawan Saat Liputan

Kapolres Ternate Aakan Menjamin Keslamatan Wartawan Saat Liputan

 

 

 

 

 

 

Tribratanews.malut.polri.go.id – Polda Maluku Utara, Ternate- Puluhan wartawan yang tergabung dari berbagai media di Maluku Utara, Jumat 27/09/19, menggelar aksi demo. Aksi demo digelar di halaman Mapolda Maluku Utara, Polres Ternate dan RRI Stasiun Ternate.

Aksi ini dilakukan atas dasar keresahan wartawan kepada aparat keamanan yang melakukan tindakan anarkis terhadap sejumlah wartawan pers saat melaksanakan tugas peliputan disejumlah Kota di Indonesia.

Kordinator Lapangan (korlap), Sahmar M dJen dalam orasinya nengatakan belakangan ini tindakan kekerasan terhadap pekerja Pers di Indonesia kian masif. Sejumlah wartawan menjadi korban dari kebrutalan oknum kepolisian saat liputan aksi penolakan UU KPK dan RUU KUHP.

“Padahal, para jurnalis yang menjadi korban ini sedang melakukan peliputan dan jelas di lindungi oleh undang-undang pers nomor 40 tahun 1999,”Sahmar dengan nada yang kesal

Kapolres Ternate, AKBP Azhari Juanda yang mengawal aksi unjuk rasa puluhan wartawan yang melakukan aksi di depan Mapolres ternate mengatak, akan menjamin keselamatan dan keamanan wartawan yang melakukan peliputan di wilayah hukum Kota Ternate Provinsi Maluku Utara. Hal ini disampaikan Kapolres Ternate dihadapan puluhan wartawan yang tergabung dalam Aliansi Wartawan Maluku Utara (AWMU) yang melakukan aksi unjuk rasa di depan Mapolres Ternate

 

 

 

 

 

“Saya selaku Kapolres Ternate secara institusi penegak hukum di wilayah hukum Kota Ternate, akan menjamin kesalamatan dan keamanan rekan-rekan pers saat lakukan peliputan di lapangan.” kata Kapolres Ternate saat bertatap muka dengan puluhan wartawan yang melakukan aksi di depan Mapolres Ternate.

Kata Kapores, media merupakan pilar demokrasi dalam menyampaikan informasi-informasi kepada masyarakat, sehingga media tentu menjadi mitra strategis polisi dalam mengawal demokrasi.

Lanjut Kapolres, personilnya sudah saling mengenal dengan wartawan yang melakukan peliputan di lapangan, namun orang nomor satu di jajaran Polres Ternate itu meminta wartawan untuk membekali diri. dengan atribut berupa id card atau tanda pengenal sehingga anggota yang bertugas melakulan pengamanan mengenali wartawan di lapangan.

Kapolres juga meminta wartawan untuk menempatkan diri di belakang aparat keamanan, sehingga petugas atau anggota bisa melindungi, “ini jika rekamnrekan pers melakukan peliputan aksi unjuk rasa, karena jika berada di kerumunan masa, jelas polisi tidak mengetahui keberadaan rekan wartawan,” kata Kapolres. (Wtftt)

About wanto

Check Also

Polwan Polres Tidore Kepulauan Jadi Pembina Upacara di SMPN 1 Tikep

          Tribratanews.malut.polri.go.id-Polda Maluku Utara, Tidore – Polwan Polres Tidore Kepulauan di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *