Home / GIAT OPS / Karo Ops Polda Maluku Utara Pimpin Latihan Pra Operasi Lilin Kie Raha 2019

Karo Ops Polda Maluku Utara Pimpin Latihan Pra Operasi Lilin Kie Raha 2019

 

 

 

 

 

 

Tribratanews.malut.polri.go.id-Polda Malut, Polda Maluku Utara dalam hal ini Biro Operasi Polda Malut menggelar latihan Pra Operasi Lilin Kie Raha 2019. Dengan mengangkat tema “Melalu Bimtek Pelatihan Pra Operasi Kita Tingkatkan Profesionalisme Polri Dalam Pengamanan Natal 2019 Dan Tahun Baru 2020 Guna Memelihara Keamanan Dalamnnegeri”. Jumat, 20/12/19.

Lat Pra OPS Lilin Kie Raha 2019 yang dilaksanakan di aula Polda Malut ini, dipimpin langsung oleh Karo OPS Polda Malut Kombes Pol. Juari, S.H., M.H dan didampingi oleh Dir Samapta Polda Malut Kombes pol. Iwan Imam Susilo, S.I.K., M.H., dan Dir Lantas Polda Malut Kombes Pol Abriantio Pardede, S.H., S.I.K., M.H., serta diikuti oleh personil yang dilibatkan dalam operasi lilin kie Raha.

Karo Ops Polda Malut menyampaikan bahwa Operasi yang dilaksanakan merupakan operasi terpusat yang dilaksanakan serentak di seluruh Polda dan Jajarannya. Operasi Lilin Kieraha 2019 ini, akan dilaksanakan selama 10 hari terhitung mulai tanggal 23 Desember 2019 sampai dengan tanggal 1 Januari 2020.

 

 

 

 

 

 

Dalam pelaksanaan Operasi kali ini kita melibatkan 585 Personil yang akan dilibatkan dalam operasi Lilin Kie Raha, yang terdiri dari Polda malut sebanyak 119 personil, Polres Ternate 60 Personil, Polres Tidore 50 Personil, Polres halut 70 Personil, Polres Halbar 50, Personil, Polres Halsel 50 Personil, Polres Haltim 50 Personil, Polres Halteng 50 Personil, Polres Kep. Sula 50 Personil dan Polres Pulau Morotai 40 Personil.

“Target dalam Operasi ini mengamankan Gereja-Gereja yang ada dan temapat wisata, Pusat perbelanjaan pusat keramain pada saat malam natal dan Malam pergantian tahun.” Ucap Karo Ops

Lanjut Karo Ops, Juga memberi pemahama kepada para kasatgas dan kasubsatgas yang terlibat dalam Operasi lilin serta bagaimana cara bertindak selama melaksanakan operasi, dengan cara menggelar TFG yang dimana semua titik sudah ditentukan serta patroli yang akan dilaksanakan selama Operasi.

 

 

 

 

 

 

Dalam kesempatan tersebut Dir Samapta Polda Malut memaparkan rencana pengamanan yang akan di lakukan dalam mengamankan perayaan natal dan tahun baru. Terkait dengan potensi kerawanan yang akan terjadi di wilayah kita.

Saat ini di Maluku Utara masih di dominasi dengan miras, kita ketahui bahwa dalam operasi pekat kemarin Polda Malut dan polres jajar mengamankan ribuan botol miras dalam berbagai jenis.

“Untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang akan merayakan natal dan tahun baru, miras ini harus kita berantas agar tidak menjadi permasalahan yang serius.” Ucap dir samapta.

 

 

 

 

 

 

Sementara dir lantas menyampaikan Hari Natal dan Tahun Baru oleh masyarakat secara universal dirayakan melalui kegiatan Ibadah Agama di Gereja-Gereja serta rekreasi ditempat tempat wisata. kegiatan tersebut akan mempengaruhi / meningkatkan  mobilitas manusia dengan menggunakan berbagai sarana angkutan, baik angkutan darat, laut maupun udara, terutama menjelang pada saat dan setelah Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

“Konsentrasi massa pada saat perayaan natal  dan tahun baru akan terjadi di tempat ibadah, tempat hiburan, tempat wisata/rekreasi gedung pertemuan,  hotel dan tempat-tempat lainnya yang digunakan untuk perayaan.” Kata Dir Lantas.

Situasi seperti ini dapat menimbulkan kerawanan terjadinya Potensi Gangguan, Ambang Gangguan Hingga Gangguan Nyata berupa terjadinya gangguan Kamtibmas seperti, Kebut-Kebutan, Kemacetan, Pelanggaran, Kecelakaan Lalu Lintas, kejahatan yang bersifat konvensional, perusakan rumah tinggal yang dijadikan tempat ibadah, aksi teror seperti ancaman teror bom hingga peledakan bom, telepon gelap teror bom.(Wtftt)

About wanto

Check Also

Pastikan Perayaan Ibadah Natal 2019 Aman, Kapolres Halsel Tinjau Langsung Gereja yang Melaksanakan Ibadah

          Tribratanews.malut.polri.go.id-Polda Malut, Halsel. Kapolres Halmahera Selatan AKBP M. Faishal Aris, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *