Home / MITRA POLISI / KMP Fery Bandeng Rute Tobelo-Bitung Mengalami Kecelakaan di Perairan Loloda

KMP Fery Bandeng Rute Tobelo-Bitung Mengalami Kecelakaan di Perairan Loloda

Tribratanews.malut.polri.go.id-Polda Maluku Utara, Direktorat Polair Polda Maluku Utara Sore tadi Rabu 15/8/18 menerima informasi dari Bpk. Wisnu (Kepala ASDP TTE), bahwa terjadi lost contact terhadap KMP Feri Bandeng GT 457 yang berangkat dari Tobelo Kabupaten Halmahera Utara menuju Bitung, Sulawesi Utara pada posisi 127°31’10” E / 2°18’10” N. pukul 17.20 WIT di perairan Loloda Kepulauan.

Komandan Markas Unit Polair Tobelo Bripka Hely Taifik Kadir menerima telepon dari penumpang atas nama Erwin Mahasari bahwa KMP Feri Bandeng dihantam ombak hingga tenggelam di sekitar perairan Loloda Sebelah Barat Depan Pulau Ibu Halmahera Barat.

Dit Polair Polda Maluku melakukan koordinasi dengan Basarnas, ASDP dan Syahbandar Ternate, dan  Mengumpulkan Personil SAR Polair Polda Malut di pelabuhan ASDP ternate untuk bergabung dengan unsur SAR Basarnas.

Dir Polair Polda Maluku Utara memerintahkan Personil Polair Markas Unit Tobelo dan Satpolairres Halmahera Utara melaksanakan  kegiatan SAR, dengan menggunakan Kapal Tol Laut yang sedang berada di pelabuhan Tobelo Halut (Kapal Polair tidak bisa ke TKP karena Ombak dan angin yang cukup kencang). Dikarenakan Jarak dari Tobelo ke TKP sekitar 74 NM dan jarak dari Ternate ke TKP sekitar 86 NM.

Personil Polair Markas Unit Tobelo dan Satpolairres Halmahera Utara menggunakan Kapal Tol laut menuju ke TKP untuk membantu mengevakuasi para penumpang KMP Fery Bandeng.

KMP Fery Bandeng itu membawa 42 orang yang terdiri dari 24 penumpang dan 18 ABK ditambah 12 kendaraan roda empat, terdiri dari 8 mobil truk sedang dan 4 truk besar.

Saat ini kapal milik Basarnas KN SAR 237 Pandudewanata yang sedang melakukan pencarian KM Khairos yang juga mengalami lost contact beralih menuju lokasi untuk melakukan evakuasi ditambah dengan satu kapal lain dari Tobelo bernama KM. Kamaru.

Adapun Identitas KMP Bandeng, Rute Tobelo – Bitung, POB 42 Orang (18 Abk, 24 Penumpang), Muatan 8 Truk Sedang, 4 Truk Besar. (wtftt/Dit Polair).

 

About wanto

Check Also

Dalam Rangka Memperingati Hari Juang Kartika 2018, Kapolres Tikep Turut Melaksanakan Penghijauan Kodim 1505 di SMK 3 Tidore

Tribratanews.malut.polri.go.id-Tidore Kepulauan, Kapolres Tidore Kepulauan Akbp Doly Heriyadi, S.I.K.,M.Si., pagi tadi turut ambil bagian dalam …

One comment

  1. Terima kasih atas infonya..
    Semoga semua penumpang dalam keadaan selamat..
    Amin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *