Home / POLISI KITA / Konferensi Pers, 4.780 Pelanggar Terajaring Operasi Zebra Kieraha 2018 Polda Maluku Utara

Konferensi Pers, 4.780 Pelanggar Terajaring Operasi Zebra Kieraha 2018 Polda Maluku Utara

Tribratanews.malut.polri.go.id –Polda Maluku Utara melalui Bid Humas Polda Maluku Utara menggelar konferensi Pers dengan awak media tentang hasil Ops Zebra Kieraha 2108 Polda Maluku Utara yang bertempat di ruang Bid Humas Polda Maluku Utara. Selasa 13/11/18.

Operasi Zebra Kieraha – 2018 oleh Polda Maluku Utara dan Polres Jajaran yang dilaksanakan selama 14 (empat belas) hari, terhitung mulai tanggal 30 Oktober s/d 12 November 2018 di wilayah Maluku Utara telah selesai. Dalam operasi tersebut Dit Lantas Polda Maluku Utara dan Polres jajaran melakukan penilangan sebanyak 4.780 pengendara yang melakukan pelanggaran baik roda dua maupun roda empat, sedangkan tilang terbanyak dalam operasi dilakukan oleh Polres Ternate.

“Jumlah pelanggaran dalam Operasi Zebra tahun 2018 menurun 207 pelanggar atau sebanyak 4 % dibanding dengan Operasi Zebra tahun 2017.” Ucap Kabid Humas.

Kabid Humas Polda Maluku Utra AKBP Hendri Badar yang didampingi oleh Kaur Penum AKP Hefrizon, S.Kom, S.I.K. M.M, dalam konferensi persnya mengatakan bahwa Operasi Zebra ini dipimpin langsung oleh Dir Lantas Polda Maluku Utara Kombes Pol. Muji Ediyanto, S.H, S.I.K.

Kabid Humas Polda Malut AKBP Hendri Badar menyampaikan, Jenis Pelanggaran Lalu Lintas masih didominasi oleh Pelanggaran Penggunaan Helm yaitu mengalami kenaikan 56%, Pada Tahun 2017 Sebanyak 2.371 Pelanggar Penggunaan Helm dan Pada Tahun 2018 sebanyak 3.700 Pelanggar. Sedangkan untuk Usia Pelaku Pelanggaran didominasi Umur 21-25 Tahun yaitu sebanyak 977 Pelanggar.

Adapun Jumlah porsonil Polda Maluku Utara dan Polres Jajaran yang dilibatkan dalam operasi kepulisian Terpusat “ZEBRA KIERAHA 2018″ Sebanyak 208 porsonil terdiri dari Polda Maluku Utara sebanyak 40 Porsonil, Polres Jajaran sebanyak 168 porsonil.

Sementara untuk teguran Naik 33 persen yang mana pada tahun 2017 Polda Maluku Utara dan Jajaran memberikan Teguran sebanyak 1.193 menjadi 1.589 pada tahun 2018 teguran terbanyak terdapat pada polres ternate sebanyak 380 teguran.

“Terkait dengan jumlah kecelakaan mengalami kenaikan dimana pada tahun 2017 sebanyak 4 orang sedangkan pada tahun 2018 mengalami kenaikan sebanyak 5 orang, untuk korban meninggal dunia juga mengalami kenaikan sebanyak 2 orang dari tahun sebelumnya yaitu 1 orang, korban luka berat dan luka ringan tidak mengalami kenaikan yang dimana luka berat 2 orang sedangkan luka ringan 13 orang.” Ungkap AKBP Hendri Badar.

AKBP Hendri Badar mengatakan bahwa secara umum masih kekurangan kesadaran masyarakat dalam kesalamatan berlalu lintas, masih menjadi masalah utama karena dari 17 korban kecelakaan Lalu Lintas 9 diantaranya merupakan umur 0-15 tahun. ini harus menjadi peringatan untuk kita semua karena anak dubawah umur masih mendominasi kecalakan Lalu Lintas.

Kabid Humas Polda Maluku Utara Kerjasama Peran Orang Tua untuk mencegah anak-anaknya yang masih dibawah umur agar tidak menggunakan Kendaraan Bermotor karena akan membahayakan jiwanya di jalan raya. (Wtftt)

About wanto

Check Also

Penyerahan Kendaraan Operasional Bhabinkamtibmas Secara Simbolis Oleh Wakapolda Maluku Utara kepada Perwakilan Polres Jajaran Polda Maluku Utara

Tribratanews.malut.polri.go.id-Polda Maluku Utara, Wakapolda Maluku Utara Kombes Pol. Drs. Lukas Arry Dwiko Utomo menyerahkan kendaraan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *