Home / MITRA POLISI / Konferensi Pers, Hak Jawab Polda Malut Tentang Pemberitaan Oknum Polisi Lakukan Pendataan DPT di Taliabu oleh Media Online dan Media Cetak

Konferensi Pers, Hak Jawab Polda Malut Tentang Pemberitaan Oknum Polisi Lakukan Pendataan DPT di Taliabu oleh Media Online dan Media Cetak

Tribratanews.malut.polri.go.id – Polda Malut. Polda Maluku Utara melalui Kabid Humas Polda Maluku Utara Akbp Hendri Badar yang didampingi Kaur Penum Bid Humas Polda Malut Akp Hefrizon, S.Kom, SIK, MM telah melaksanakan KONFERENSI PERS dengan awak media terkait hak jawab Polda Maluku Utara berkaitan dengan pemberitaan di media online dan media cetak tentang Oknum Polisi Lakukan Pendataan DPT di Taliabu. Jumat (05/10/18)

Kabid Humas dalam Konferensi  Persnya siang tadi di Ruangan Bid Humas Polda Malut pukul 15.30 wit menyampaikan bahwa pada Hari Kamis tanggal 04 Oktober 2018 pukul 21.45 Wit, bertempat diruangan Kerja Kapolsek Taliabu Barat, Para awak Media melakukan Konfirmasi kepada Kapolsek Taliabu Barat, terkait pemberitaan di media online tentang keterlibatan oknum anggota polri yang melakukan intimidasi DPT.

Pembahasan tersebut berlangsung di ruang kerja Kapolsek Taliabu Barat dan dihadiri oleh Kapolsek Talbar, AKP. Said Aslam, SIK, Komisioner KPUD Kab. Pulau Taliabu, Syafruddin Mohalisi, Aiptu Muh. Iksan Rery (Kanit Intel Polsek Talbar, Darwin Masuku Alias Bambang, Panitia Pengawas Lapangan/PPL Desa Bobong. Sedangkan Para awak media yang hadir dalam agenda tersebut yakni, Hartati Panigfat (Suara Kieraha), Sunardi Buamona (Aspirasi Malut), Ramlan Jainahu (Fajar Malut), Fardanan Fahri (Seputar Malut), Hamsan Banapon ( Kabar Malut), Hitno Kosi (Suaramu) serta Rais Umaternate (Purna Polri).

Hasil konfirmasi dari para awak media kepada sdra Darwin Masuku alias Bambang yang dalam hal ini sebagai PPL Desa Bobong mengatakan bahwa pemberitaan yang beredar di media online adalah tidak benar, anggota Polsek Taliabu barat tidak pernah datang kerumah saya untuk melakukan Intimidasi DPT kepada saya. foto yang dimuat dimedia sosial adalah foto giat pencermatan DPT yang berlokasi dikediaman kepala desa bobong. Kegiatan pencermatan DPT pada hari itu juga dihadiri oleh  Komisioner KPUD Taliabu Syafruddin Mohalisi,  saksi paslon 1 Hi. La Muri (Anggota DPRD Kab. P.Taliabu), saksi paslon 3 La Dayan Samiun, Ketua KPPS Desa Bobong Gunawan Gafar dan Anggota, Ketua PPL Darwin Masuku alias Bambang dan anggota, Pihak Polsek Taliabu Barat.

Komisioner KPUD Pulau Taliabu, Syafruddin Mohalisi mengatakan bahwa pemberitaan yang beredar dimedia online terkait keterlibatan oknum anggota Polsek yang melakukan Intimidasi DPT adalah tidak benar. Dokumentasi yang termuat di media online adalah pelaksanaan giat pencermatan DPT di kediaman Kepala Desa Bobong yang dihadiri Pelaksana Pemilu (KPUD), (KPPS), Pengawas Pemilu ( PPL) dan saksi paslon 1 dan 3 serta Pihak Kepolisian. Didalam berita acara tentang rapat bersama pencermatan DPT tanggal 26 September 2018 dikantor KPUD Kab. Pulau Taliabu jelas pada poin Nomor 3, pada tanggal 29 September s/d 3 Oktober 2018, pencermatan bersama DPT pada 13 Desa di Kec. Talbar oleh KPUD, Bawaslu, Tim Kampanye paslon 1,2,3 dan 4, Dinas Dukcapil, Polsek Talbar dan Koramil Bobong, sehingga kehadiran Anggota Polsek Talbar dalam giat pencermatan sudah sesuai kesepakatan semua pihak.

Jawaban yang sama dikatakan oleh Kapolsek Taliabu Barat, AKP. Said Aslam SIK dan Aiptu Muh. Iksan Rery, bahwa Pemberitaan yang ada dimedia online terkait Keterlibatan Anggota Polsek Talbar dalam intervensi DPT adalah tidak benar, dimana pada saat pelaksanaan pencermatan DPT dilapangan dihadiri oleh semua pihak diantaranya pelaksana dan pengawas Pemilu, Tim pemenangan paslon dan pihak Polsek Taliabu Barat. “ saya tidak pernah mendatangi kediaman Sdra. Darwin Masuku alias Bambang”,tegas Iksan Rery.   

Pada kesempatan Konferensi Pers, Kabid Humas Polda Maluku Utara menyampaikan bahwa Ini adalah hal yang dapat kami luruskan terhadap pemberitaan dimedia online dan media cetak yang sudah beredar saat ini, kami berharap ini segera bisa diklarifikasi dan diluruskan tentang pemberitaan yang sudah beredar tersebut sehingga tidak terjadi berita yang Hoax. Berita yang tidak benar sehingga bisa menyesatkan.

Kabid Humas juga menunjukkan beberapa foto asli yang benar – benar utuh, foto yang ada di berita media online dan media cetak adalah penggalan dari foto utuh tersebut.

“ini adalah foto yang utuh, tempat yang sama, waktu yang sama, orang yang sama, keadaan yang sama, situasi yang sama dan foto tersebut di ambil di rumah Kepala Desa Bobong sdra Hi. Muhdin Soamole, bukan dirumah Sdr Darwin Masuku alias Bambang dan foto tersebut di ambil pada tanggal 29 September 2018, kami berharap pemberitaan ini bisa segera diluruskan”,tegas Kabid Humas.

Selanjutnya Kabid Humas juga menegaskan bahwa kehadiran Kepolisian tersebut secara terbuka untuk menyaksikan pencermatan yang dilakukan saat itu sehingga dapat dipertanggungjawabkan secara akuntabel dan masyarakat benar-benar melihat secara utuh.

Menutup Konferensi Persnya, Kabid Humas Polda Malut menyampaikan bahwa salah satu keputusan MK RI, Kepolisian Negara Republik Indonesia diperintahkan untuk melakukan pengamanan Pemilihan Suara ulang, itulah dasar anggota kepolisian hadir dalam menyaksikan verifikasi faktuak pencermatan DPT tersebut dalam rangka memastikan keamanan kegiatan..

“Semua demi keamanan, demi kepentingan semua, kita mau berjalan dengan jujur, aman dan adil” ucap Hendry.(Aby Zld)

About farabi

Check Also

Polres Halteng Gelar Forum Group Diskusi dengan KPUD, Bawaslu dan Para Ketua Partai Politik

Tribratanews.malut.polri.go.id-Weda, Kapolres Halteng AKBP Andri Hariyanto, S.I.K., Bersama Ketua KPUD Halteng, serta Ketua Bawaslu mlaksanakan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *