Home / MITRA POLISI / Konferensi Pers Hasil Pelaksanaan Operasi Bina Kusuma II Kie Raha 2018 Polda Maluku Utara

Konferensi Pers Hasil Pelaksanaan Operasi Bina Kusuma II Kie Raha 2018 Polda Maluku Utara

Tribratanews.malut.polri.go.id – Ternate. Bid Humas Polda Maluku Utara hari ini melaksanakan Konferensi Pers tentang hasil Pelaksanaan kegiatan Operasi Bina Kusuma II Kie Raha 2018 Polda Maluku Utara yang bertempat di Ruangan Bid Humas Polda Maluku Utara. Jumat (19/10/18).

Konferensi Pers hasil pelaksanaan kegiatan Operasi Bina Kusuma II Kie Raha 2018 Polda Maluku dipimpin langsung oleh Kabid Humas Polda Maluku Utara Akbp Hendri Badar dan didampingi oleh Kabag Binops Dit Binmas Polda Malut  Akbp Hari Sembiring.

Dalam Konferensi tersebut Kabid Humas Polda Malut menyampaikan bahwa operasi kewilayahan dengan sandi “ Bina Kusuma II Kieraha 2018” melibatkan 22 personel dan berlangsung selama 15 hari terhitung mulai dari tanggal 04 oktober sampai dengan 18 oktober 2018.

“Operasi ini dalam bentuk operasi pemeliharaan keamanan dimana operasi kepolisian yang digelar merupakan operasi kepolisian bersifat terbuka. Jumlah kegiatan yang dilaksanakan dalam operasi ini sebanyak 180 kegiatan yang berupa kegiatan pembinaan dan penyuluhan serta bentuk kegiatan lainya”, Ucap Hendri.

Pelaksanaan Operasi Bina Kusuma II Kie Raha 2018 Polda Maluku Utara juga disampaikan oleh  Kabag Binops Dit Binmas Polda Malut  AKBP Hari Sembiring, bahwa operasi tersebut bertujuan untuk mengajak masyarakat Maluku Utara untuk mencegah dan menangkal terhadap segala bentuk gangguan Kamtibmas terkait tindakan Preman  dan Premanisme serta penyakit masyarakat lainya dalam rangka cipta kondisi guna menjamin stabilitas kamtibmas yang aman, damai dan sejuk diwilayah hukum Polda Maluku Utara menjelang pelaksanaan pemilihan Calon Legislative dan Pemilihan Presiden tahun 2019. Sedangkan sasaran dari operasi Operasi Bina Kusuma II Kie Raha 2018 Polda Maluku Utara adalah Lembaga Pendidikan, tempat ibadah, lingkungan Pemerintahan serta tempat umum.

Dari hasil Operasi Bina Kusuma II Kieraha 2019 Polda Maluku Utara ini yang memfokuskan pada peredaran minuman keras di wilayah hukum Polda Malut, Polres Ternate menempati ranking pertama pemberantasan miras. Hal ini ditunjukkan dengan data dapat mengamankan Miras jenis Cap tikus sebanyak 28 kantong/botol, miras jenis bir sebanyak 4.320 kaleng, bird putih sebanyak 600 botol, bir hitam 184 botol dengan jumlah 6 kali temuan.

Sementara diurutan berikutnya adalah Polres Tidore Kepulauan dengan temuan miras jenis captikus sebanyak 5 botol ukuran air mineral dengan jumlah 2 temuan, Polres Kepulauan Sula  dengan temuan mitas jenis captikus sebanyak 84 kantong/botol  temuan sebanyak 4 kali, Polres Halmahera Timur dengan temuan miras captikus 57 kantong temuan 1 kali, Polres Halmahera Tengah dengan temuan mitas jenis captikus 49 kantong temuan 3 kali, Polres Halmahera Barat dengan temuan miras jenis captikus 247 kantong dan captikus jirigen 425 liter temuan 4 kali, Polres Halmahera Selatan dengan temuan miras jenis captikus 9 kantong temuan 2 kali.

Kabid Humas Polda Maluku Utara, AKBP Hendri Badar mengatakan bahwa pada Operasi Bina Kusuma II kali ini kegiatan sasaran pada komponen masyarakat telah terbina sebanyak 3.390 orang, terdiri dari warga masyarakat baik Toga, Toda dan Tomas, Komunitas Ojek, Rental Mobil, Komunitas Buruh dan Kelompok Masyarakart lainnya dari sasaran giat sebanyak 964 kegiatan.

Untuk lembaga pendidikan sebanyak 4.990 siswa yang telah di bina dengan tempat sasaran Universitas/kampus SMU SMP dengan sasaran giat sebanyak 86 kegiatan, dan untuk tempat ibadah sebanyak 4.670 orang yang telah dibina melalui masjid, pondok pasantren, gereja, kleteng dengan giat sebanyak 105 kegiatan, dan sasaran di lingkup pemerintahan sebanyak 184 orang melalui pembinaan di tingkat Kecamatan (Camat) Kelurahan/Desa, (Lurah/Kades) sebanyak 80 kegiatan yang sudah dilakukan dalam operasi Bina Kasuma II Kieraha tahun 2018 dengan jumlah 1.217 kegiatan dan sasaran yang sudah terbina sebanyak 13.234 orang. (Aby Zld).

About farabi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *