Home / POLISI KITA / Lebih Baik Menunggu Sampai Informasinya Jelas

Lebih Baik Menunggu Sampai Informasinya Jelas

Tribratanews.malut.polri.go.id-Polda Malut,  Ketika muncul suatu berita heboh, sebagian orang berpikir untuk mencari informasi lebih lanjut melalui media sosial. Sayangnya, informasi itu tidak selalu akurat dan akibatnya orang terlalu mudah menyebarkan berita palsu atau hoax tanpa sengaja.

Oleh karena itu,  pastikan terlebih dahulu anda mengetahui dengan baik siapa yang memberikan informasi yang sedang anda baca. Apakah dia seorang reporter? pengamat? sumber yang tak dikenal? atau lembaga penegak hukum?

Kenali sumber informasi sebelum anda mempercayai isi informasi tersebut. Jika sumbernya tidak jelas atau tidak mencantumkan sumber, jangan membagikannya pada orang lain.

Lalu,  kalau muncul berita yang “menjual” alias provokatif, akan ada orang-orang yang berusaha meliputnya. Bacalah sebanyak mungkin informasi tentang berita tersebut dari sumber-sumber yang dapat dipercaya untuk menemukan fakta yang konsisten dan tak terbantahkan.

Jika hanya ada sedikit sumber yang tersedia, mungkin hal itu berarti bahwa sumber-sumber berita lain sedang berusaha mengkonfirmasi fakta sebelum menerbitkannya. Jadi sebaiknya anda menunggu daripada berasumsi bahwa anda juga mengetahui keseluruhan berita itu.

Penulis : Indonesia Damai

Editor   : Wanto Tftt

Publish : Wanto Tftt

About Admin Humas Polda Malut

Check Also

KAPOLDA MALUKU UTARA MENGIKUTI UPACARA HUT POLAIRUD KE- 70 SECARA VIRTUAL

tribratanews.malut.polri.go.id – POLDA MALUT, Kepolisian Perairan dan Udara sejak Menteri Dalam Negeri mengeluarkan keputusan tertanggal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *