Home / POLISI KITA / Memperingati Hari Kebangkitan Nasional Ke-111 Tahun 2019, Wakpolda Maluku Utara Pimpin Upacara

Memperingati Hari Kebangkitan Nasional Ke-111 Tahun 2019, Wakpolda Maluku Utara Pimpin Upacara

Tribratanews.malut.polri.go.id-Polda Maluku Utara,  Wakapolda Maluku Utara Kombes Pol. Lukas Akbar Abriari. S.I.K., M.H. Memimpin upacara Hari Kabangkitan Nasional yang ke- 111 dilapangan apel Mapolda Maluku Utara dan di ikuti oleh para Pejabat Utama Polda Malut, para Pamen, Pama, Bintara dan Tamtama serta ASN Polda Malut. Senin 20/05/19.

Wakapolda Maluku Utara dalam upacara tersebut membacakan amanat Menteri Komuniaksi dan Informatika Bpk Rudiantara, Dalam naskah sumpah palapa yang ditemukan pada kitab pararaton tertulis, Sira Gajah Madapatih Amangkubhumi Tan Ayun Amuktia Palapa, Sira Gajah Mada Lamun Huwus Kalah Nusantara Isun Amukti Palapa, Lamun Kalah Ring Gurun, Ring Seran, Tanjung Pura, Ring Haru, Ring Pahang, Dompo Ring Bali, Sunda , Palembang, Tumasik, Samana Isun Amukti Palapa.

Memang adanya banyak versi tafsiran atas teks tersebut, terutama tentang apa yang dimaksud dengan “Amukti Palapa”, namun meski sampai saat ini masih belum diperoleh pengetahuan yang pasti, umumnya para ahli sepakat bahwa Amukti Palapa berarti satu yang berkaitan dengan kesenangan diri Sang Mahapati Gajah Mada. Artinya ia takan menghentikan mati raga atau puasanya sebelum mempersatukan Nusantara.

“Sumpah Palapa tersebut merupakan EmbrioPaling Kuat bagi janin persatuan Indonesia, Wilayah Nusantara yang disatukan oleh Gajah Mada telah menjadi acuan bagi perjuangan berat para Pahlawan Nasional kita untuk meningkat Wilayah Indonesia seperti yang secara De Jure terwujud dalam Negara Republik Indonesia saat ini.” Ucap Wakapolda Saat Membaca amana Menteri Menkominfo.

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang ke-111, 20 Mei 2019, kali ini sangat relevan jika dimaknai dengan teks Sumpah Palapa tersebut. Kita berada dalam situasi pasca-pesta demokrasi yang menguras energi dan emosi sebagian besar masyarakat kita.

Alhamdulillah, sampai sekarang ini tahap-tahap pemilihan presiden dan wakil presiden serta anggota legislatif berlangsung dengan lancar. Kelancaran ini juga berkat pengorbanan banyak saudara-saudara kita yang menjadi anggota kelompok penyelenggara pemungutan suara, bahkan berupa pengorbanan nyawa. Sungguh mulia perjuangan mereka untuk menjaga kelancaran dan kejujuran proses pemilu ini.

“Sambil mengirim doa bagi ketenangan jiwa para pahlawan demokrasi tersebut, alangkah eloknya jika kita wujudkan ucapan terima kasih atas pengorbanan mereka dengan bersama-sama menunggu secara tertib ketetapan penghitungan suara resmi yang akan diumumkan oleh lembaga yang ditunjuk oleh undang-undang, dalam waktu yang tidak lama lagi.” Ujar Waka Polda.

Peringatan Hari Kabangkitan Nasional kali ini juga dilangsungkan dalam suasanan Bulan Ramadhan, bagi Umat Muslim Bulan suci ini menuntun kita untuk mengejar pahala dengan meninggalkan perbuatan-perbuatan yang dibenci oleh Allah SWT, seperti permusuhan dan kebencian, apalgi penyebaran kebohongan dan fitnah. Pada ujung bulan ramadhan nantin kita bisa seperti Mahapati Gajah Mada, mengakhiri puasa dengan hati dan lingkungan yang bersih berkat hubungan yang kembali fitri.

Dengan semua harapan tersebut kiranya sangat relevan apabila peringatan hari kebangkitan nasional disematkan tema “Bangkit Untuk Bersatu” kebangkitan untuk persatuan. (Wtftt)

About wanto

Check Also

Konferensi Pers, Penyerahan 45 Unit Kendaraan Dinas Roda Dua oleh Kapolda Kepada Bhabinkamtibmas Polres Jajaran

        Tribratanews.malut.polri.go.id-Polda Maluku Utara, Polda Maluku Utara melaksanakan Pendistribusian Kendaraan dinas Roda …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *