Home / MITRA POLISI / Mencegah Isu Tentang GMDM, Kapolres Halsel Gandeng Stakeholder dan Instansi Terkait Lakukan Sosialisasi di Sekolah-Sekolah

Mencegah Isu Tentang GMDM, Kapolres Halsel Gandeng Stakeholder dan Instansi Terkait Lakukan Sosialisasi di Sekolah-Sekolah

Tribratanews.malut.polri.go.id – polda malut,  Menyikapi kegiatan yang dilakukan oleh Bakornas GMDM (Gerakan Mencegah Dari Pada Mengobati)  yang berdampak pada kamtibmas, Kapolres Halmahera Selatan (Halsel), AKBP Agung Setyo W, S.H., S.I.K., M.Si menggandeng beberapa Stakeholder dan instansi terkait di Kab. Halsel laksanakan sosialisasi pada kalangan pelajar di sekolah – sekolah, Selasa 5/3/19.

Beberapa sekolah yang dikunjungi Kapolres Halsel bersama Stakeholder dan instansi terkait di Kab. Halsel yaitu SMP Islam Terpadu Kab. Halsel, SD Negeri 8 Kab. Halsel, SD Negeri 12 Kab. Halsel, SMP Negeri 1 Kab. Halsel.

Kegiatan sosialisasi ini dihadiri Kapolres Halsel AKBP Agung Setyo W, S.H., S.I.K., M. Si., Kabagops AKP R. B. Simangunsong, S.H., S.I.K., Kasat Intel IPTU Henri A. Korwa S.I.K., Kasat Binmas AKP Laode Arfan, Kapolsek Pulau Bacan AKP Ratno E. Mardayanto, S.kom,. S.I.K., Kapolsek Bacan Timur IPDA Kris Tofel, S.Tr.K, Diknas Pendidikan Bapak Isnain Abdulah, Kesulatan Bacan Bapak M. Husni Muslim, Dandim 1509 Labuha yang diwakili SERTU Wahyu, Ketua MUI Bapak Hi. Abdul Haris, Kemenag Hasim Bapak Hi. Hamzah, Kesbangpol Bapak Asikin Soleman, dan dari Pemda Kab. Halsel Bapak Safrudin serta FKUB Bapak Ahmad D. Tengah.

Pada penyampaiannya didepan siswa siswi Kapolres Halsel AKBP Agung Setyo W, S.H., S.I.K., M. Si.,  mengatakan permintaan maaf kepada para siswa-siswa karena telah menganggu kegiatan belajar mengajar. Kapolres menjelaskan kedatangannya bersama Stakeholder bersama instansi terkait bertujuan menyampaikan beberapa hal terkait dengan kegiatan yang telah dilakukan oleh Bakornas GMDM ( Gerakan Mencegah Dari Pada Mengobati ) beberapa waktu lalu di sekolah ini.

Terkait isu tersebut Polres Halsel telah mengambil langkah bersama Pemerintah Kabupaten Halsel, Kodim 1509 Labuha, FKUB, MUI, Kementrian Agama, Badan Kesbangpol, Dinas Pendidikan dan Pihak Kesultanan Bacan dengan membuat kesepakatan dan pernyataan bersama yaitu :

Menghimbau kepada masyarakat Kabupaten Halmahera Selatan agar tidak terprovokasi oleh informasi atau berita yang bersifat mengadu domba Agama, Ras dan Antar Golongan ( Sara ), dan apabilah ditemukan adanya pelanggaran terhadap hal tersebut agar di serahkan penanganannya kepada pihak yang berwenang.

Kegiatan sosialisasi Bakornas GMDM (Gerakan Mencegah Daripada Mengobati) pada siswa siswi SD dan SMP di Kabupaten Halmahera Selatan belum ditemukan yang mengarah pada suatu kegiatan Agama tertentu, yang menyimpang dari ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan apabila ditemukan adanya pelanggaran menyimpang yang bersifat terselubung pada setiap kegiatan kemanusiaan dengan dalih dan misi Teologi Agama tertentu kami mengutuk keras tindakan Lembaga atau Badan Hukum yang terlibat dalam kegiatan tersebut.

Kami menyatakan menolak dan meminta kepada Aparat Penegak Hukum untuk menindak tegas terhadap Lembaga yang menyalahgunakan ijin kegiatan tidak sesuai dengan ketentuan yaitu penyuluhan anti narkoba dan seks bebas atau kegiatan sejenisnya namun pelaksanaanya di tunggangi dengan kepentingan-kepentingan tertentu.

Kami meminta kepada aparat penegak hukum untuk menindak tegas pada provokator yang menyebarkan hoax dan ujaran kebencian untuk menciptakan situasi yang tidak kondusif.

“Pernyataan ini telah disetujui secara mafakat dan ditanda tangani oleh pihak Pemerintah Kab. Halsel, Ketua FKUB Kab. Halsel, Ketua MUI Kab. Halsel, Kesultanan Bacan, Kepala Kementerian Agama Kab. Halsel, Kepala Dinas Pendidikan Kab. Halsel, Kepala Kesbangpol Kab. Halsel, Dandim 1509 Labuha, termasuk saya sendiri (Kapolres Halmahera Selatan)”, ucap kapolres

“Oleh karena itu saya juga mengharapkan kepada para siswa-siswi termasuk dewan guru agar tidak perlu mendengar isu-isu yang beredar terkait dengan kegiatan Bakornas GMDM, karena hal tersebut dapat merusak nilai-nilai kerukunan kita antar umat beragama “, tutur Kapolres (Wtftt/Humas Res Halsel)

About wanto

Check Also

Jelang Sholat Idul Adha, Tim Kemenag Tentukan Kalibrasi Arah Kiblat Di Lapangan Apel Polres Halsel

tribratanews.malut. Bacan. Jelang perayaan hari Raya Idul Adha 2019 (10 Zulhijah 1440 H) yang akan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *