Home / POLISI KITA / Menjalin Tali Persaudaraan Dalam Ikatan Persatuan, Polres Halmahera Selatan Melaksankan Buka Bersama

Menjalin Tali Persaudaraan Dalam Ikatan Persatuan, Polres Halmahera Selatan Melaksankan Buka Bersama

Tribratanews.polri.go.id – Polda Maluku Utara, Dalam menjalin tali persaudaraan dalam ikatan persatuan antara Polri, TNI, Pemeriontah Daerah, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat dan MUI Kab. Halsel, maka dari itu Polres Halmahera Selatan mengelar buka Puasa bersama dengan tema “Silaturahmi Kebangsaan Merajut Persatuan Dalam Kebhinekaan”. Selasa 21/05/19.

Buka Puasa bersama tersebut dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Kab. Halsel dan dihadiri oleh Wakil Bupati Kab. Halsel Iswan Hasjim ST.MT, Kapolres Halsel AKBP M. Faishal Aris S.I.K MM, Dandim 1509 Labuha Letkol Inf. Imam Kanafi, S.Sos MM, Serta Unsur Forkompinda, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Sekertaris MUI Kab. Halsel dan Undangan lainya.

Sebelum dilakukan buka puasa bersam, Kapolres Halsel AKBP M. Faishal Aris. S.I.K., M.M., memberikan sambutan dan menyampaikan, kami Keluarga Besar Polres Halsel sengaja mengundang Bapak-Bapak sekalian tujuan tak lain tak bukan iyalah menjalin tali persaudaraan dan dalam ikatan persatuan. Sebagaimana kita ketahui Negara kita ini iyalah Negara yang unik, yang memang terdiri dari berbagai Suku, Agama, Golongan yang semua dalam satu wadah Negara Indonesia.

“kita semua harus berihtiar sebagai Bagsa Indonesia yang memiliki ciri khas yaitu mengedepankan Persatuan dan Kesatuan mengedepankan Ahklak dan Moral dibawah landasan Agama demikian juga mengedepankan rasa Empati sesama umat beragama.” Ucap Kapolres

Oleh sebab itu kita Bangsa Indonesia menjadi Negara yang berpredikat mandiri, berkedaulatan sehingga bisa bersama-sama bahu membahu menciptakan situasi Keamanan yang aman dan damai, bahwasanaya Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa” para pahlawanya bagaimana kita menghormati jasa pahlawan yaitu dengan cara kita jaga Persatuan dan Kesatuan, Keamanan serta mengedepan Toleransi antar umat beragama.

Disinilah peran serta kita TNI-POLRI serta Unsur-unsur Tokoh Agama, Tokoh Adat dan Tokoh Pemuda serta Unsur Pemerintahan untuk meneruskan perjuangan Pahlawan untuk menciptakan situasi yang kondusif untuk membantu keberlangsungan hidup di wilayah kita Khususunya di Kabupaten Halmahera Selatan ini, di samping itu Kami juga harus bisa merajut Persatuan dan Kesatuan di Bumi Saruma ini.

Orang nomor satu di Polres Halsel jua menyampaikan, bahwasanya agenda Pemilu telah usai dan Komisi Pemilihan Umum telah menetapkan hasil pemilihan yang berlangsung pada tanggal 17 April yang lalu, dan inilah hasil dari pilihan seluruh elemen masyarakat Negara Indonesia, marilah kita bersama-sama jaga keutuhan NKRI ini dengan tidak terprofokasi oleh isu-isu kegiatan yang dinamanakan People Power atau Kedaulatan Rakyat dimana hal tersebut bisa merusak Kesatuan dan Persatuan Bangsa Indonesia.

Kapolres juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh Elemen masyarakat Kab. Halsel dimana situasi saat ini telah sama-sama mendukung kami TNI-POLRI dalam menjaga situasi Kamtibmas khusunya di Kab. Halsel ini selalu Kondusif.

dalam kesempatan tersebut Dandim 1509 Labuha Letkol Inf. Imam Kanafi, S.Sos., M.M., mengatakan yang namanya Keamanan iyalah Prioritas kami sebagai Aparat Keamanan seperti yang sudah di sampaikan oleh Bapak Kapolres tadi, di sini kami menagajak dan menghimbau kepada seluruh Warga masyarakat Kab. Halsel untuk tidak terprofokasi oleh adanya isu-isu yang berbau memecah belah kedaulatan bangsa Indonesia ini.

Kita bersama telah menyaksikan bahwasnya Pemilu telah berakhir setelah KPU Pusat meneetapkanya Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden terpilih, dengan kondisi saat ini marilah kita semua bersikap dewasa untuk legowo dan tetap menjaga situasi dengan kondusif, tidak usah terpancing dengan adanya desas desus adanya aksi People Power atau Kedaulatan Rakyat seperti yang terjadi saat ini di wilayah Ibu Kota Jakarta.

“Kita khususnya diwilayah Kab. Halsel ini untuk sama – sama mewarnai bulan suci ramadhan ini dengan amalan amalan yang Positif.” Ujar Dandim 1509 Labuh.

Wakil Bupati Halsel Iswan Hasjim ST.M.T., Dalam sambutannya mengatakan Kita berkumpul disini berbeda tugas namun satu tujuan yaitu mewujudkan Kabupaten Halmahera Selatan ini, terwujudnya situasi dan kondisi Kamtibmas selalu kondusif.

Kita baru saja melewati Pesta Demokrasi dan alhamdulillah dalam satu tahun kita melewati Pesta Demokrasi yaitu Pilgub dan Saat ini Pilpres dan Pileg, dan kita telah membuktikan dari seluruh Unsur TNI-POLRI keamanan dan kekondusifan situasi di Kab. Halsel ini benar-benar terwujud.

Kita semua menghargai perbedaan yang mungkin itu iyalah satu hak masing-masing dari pada kelompok, dan bahwasanya jika tidak adanaya perbedaan tidak ada yang namanya kesatuan dan persatuan, di era yang maju ini kita semua harus seling menjaga yang namanya Silaturhmi untuk mewujudkan kebersamaan satu samalainya, diketahui bersama bahwa salah satu sebab acamanan keamanan kebangsaan iyalah tidak terkonfrimasinya melalui silaturahmi atas informasi-informasi yang tersebar luaskan oleh pihak pihak yang tidak bertanggungjawab melalu media sosial maupun media cetak lainya.

“Kita ketahui bersama bahwa tanggung jawab berbangsa dan bernegara iayalah diri kita semua dan akan kita wariskan kepada anak cucu kita nantinya dimasa yang akan mendatang.” Ungkap Wakil Bupati

KJetua MUI Halsel Menyampiakn, Setelah mencermati perkembangan situasi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, terutama menjelang penetapan hasil Pemilihan Umum (Pemilu) tanggal 22 Mei 2019. MUI melihat munculnya kerawanan terjadinya gesekan sosial yang berpotensi menimbulkan konflik dan perpecahan dl kalangan komponen bangsa.

MUI sebagai wadah berhimpun para ulama, zu’ama dan cendekiawan muslim memiliki tanggung jawab dalam menjaga, melindungi dan menyelamatkan bangsa dan negara dari berbagai paham dan gerakan yang dapat mengancam kedaulatan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Untuk itu MUI menyampaikan tausiyah

Mengajak seIuruh masyarakat Indonesia untuk senantiasa menjaga dan memelihara persatuan dan kesatuan dalam bingkai Negara Kesatuan RI dengan dilandasi semangat persaudaraan (ukhuwah) sejati sebagai bentuk tanggung jawab dan komitmen dalam keagamaan dan kebangsaan. (mas’uliyyah diniyyah wa mas’uliyyah wathaniyyah).

Mengimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk tidak terprovokasi ajakan mengikuti dan melakukan gerakan people power karena hal tersebut akan membawa kerusakan (mafsadat) yang sangat besar dan mengancam kedaulatan dan keutuhan NKRI. (Dar-ul mafasid muqoddamun ’ala ialbil masholih).

Meminta kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk menyelesaikan tahapan Pemilu sesuai dengan amanat UU dengan terus menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran. keadilan, transparan dan profesional, sehingga semua pihak dapat menerima hasil Pemilu sesuai dengan pilihan dan aspirasi politiknya.

Meminta kepada para peserta pemilu untuk menempuh jalur hukum apabila hasil Pemilu dinilai ada kecurangan dan dugaan pelanggaran lainnya, karena jalur hukum mempakan pilihan bagi masyarakat yang menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi dan konstitusi serta paling ringan tingkat mudaratnya (akhafu aI-dlaramini).

Meminta kepada masing-masing pasangan calon untuk menaati komitmen bersama yaitu menerima hasiI Pemilu dengan semangat ‘siap kalah dan siap menang Bagi pasangan calon yang menang diminta untuk tidak mengungkapkan ekspresi kemenangan secara bedebihan, dan bagi pasangan calon yang kalah diminta untuk menerima dengan sabar dan lapang dada.

Kepada elit politik, tokoh agama, tokoh masyarakat. tokoh adat, dan media masa diharapkan dapat memerankan diri sebagai perekat dan pemersatu bangsa. Ikut serta membantu mendinginkan suasana agar proses demokrasi dapat berialan dengan lancar, tertib dan aman.

Kepada aparat kepolisian diminta untuk bertindak tegas, adil, trasparan dan profesional. Penegakan hukum harus dilakukan kepada siapa pun tanpa membedakan status dan kedudukan sosialnya, sehingga masyarakat mendapat jaminan perlindungan dan kepastian hukum dalam menunaikan hak-hak konstitusionalnaya.(Wtftt/Iky)

About wanto

Check Also

Konferensi Pers, Penyerahan 45 Unit Kendaraan Dinas Roda Dua oleh Kapolda Kepada Bhabinkamtibmas Polres Jajaran

        Tribratanews.malut.polri.go.id-Polda Maluku Utara, Polda Maluku Utara melaksanakan Pendistribusian Kendaraan dinas Roda …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *