Home / POLISI KITA / Meriahkan HUT Bhayangkara Ke- 73, Polda Malut Deklarasikan Indonesia Damai Bersama TNI/Polri, Forkopimda Serta Elemen Masyarakat Maluku Utara

Meriahkan HUT Bhayangkara Ke- 73, Polda Malut Deklarasikan Indonesia Damai Bersama TNI/Polri, Forkopimda Serta Elemen Masyarakat Maluku Utara

Tribratanews.malut.polri.go.id-Polda Malut. Bertempat di lapangan Ngaralamo Salero Ternate minggu (30/06/19) Polda Maluku Utara menggelar gerak jalan santai dan olah raga bersama TNI-Polri, Forkopimda dan Elemen Masyarakat Maluku Utara serta Mendeklarasikan Indonesia Damai.

Gerak jalan santai dan olah raga bersama serta deklarasi damai yang diselenggarakan Polda Maluku Utara pagi tadi dibanjiri oleh seluruh tamu undangan mulai dari TNI-Polri, pihak Pemerintahan dan seluruh elemen masyarakat yang turut memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-73 Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Gerak jalan santai dibuka dan dilepas langsung oleh Kapolda Maluku Utara Brigjen Pol. Drs. Suroto, M.Si dan diikuti oleh pejabat forkopimda dan peserta dari TNI-Polri maupun elemen masyarakat pada pukul 07.51 Wit dengan rute start dari lapangan Ngaralamo salero menuju arah benteng orange kemudian balik arah menuju finish di lapangan Ngaralamo salero.

Usai melaksanakan gerak jalan santai dan olah raga bersama kegiatan dilanjutkan dengan pembacaan doa dan sambutan dari Kapolda Maluku Utara.

Kapolda dalam sambutanya menyampaikan bahwa puji syukur kehadirat Allah Swt, Tuhan Yang Maha Esa, pagi ini kita semua masih bertatap muka pada acara olah raga bersama menyambut hari Bhayangkara Ke-73 Tahun 2019. “Terima kasih atas kehadiran dan partisipasinya dalam memeriahkan Hari Bhayangkara Ke 73 Tahun 2019 dan marilah bersama-sama selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan menjalankan perintahnya dan menjauhi larangannya”.

“Setiap tanggal 1 juli merupakan Hari Ulang Tahun (HUT) Kepolisian Negara Republik Indonesia dan pada tanggal 1 juli 2019 HUT Kepolisian Negara Republik Indonesia mengusung tema “Semangat Promoter, Pengabdian Polri Untuk Masyarakat Bangsa Dan Negara”,ucap Kapolda.

“Menyambut HUT Kepolisian Negara Republik Indonesia 1 Juli 2019, Polda Malut telah laksanakan kegiatan sosial seperti pengobatan gratis, bakti sosial kebersihan lingkungan, kegiatan sosial anjang sana ke panti sosial, lomba – lomba dan Kunjungan ke para purnawirawan Polri maupun anggota Polri yang sakit serta pada pagi hari ini di laksanakan olah raga bersama TNI-Polri, forkopimda dan elemen masyarakat”,lanjut Kapolda.

Orang nomor satu di Kepolisian Daerah Maluku Utara menyampaikan bahwa kegiatan olah raga bersama selain bertujuan untuk menjaga kebugaran tubuh agar selalu prima juga bertujuan untuk mempererat tali silaturahim antara TNI-Polri, Forkopimda dan elemen masyarakat sehingga terjalin persatuan dan kesatuan yang kuat dan terbentuk solidaritas dan soliditas antara komponen bangsa.

Menutup sambutan pertama Kapolda mengatakan tahapan Pilpres dan Pileg Tahun 2019 telah selesai dan berjalan dengan baik sehingga situasi Kamtibmas di Maluku Utara tetap aman, damai dan sejuk serta secara umum bangsa Indonesia telah merajut persatuan dalam perbedaan, merajut kembali persatuan dan kesatuan meskipun terjadi perbedaan dan saatnya untuk bersatu kembali dan tidak mudah terprovokasi”.

Menutup sambutan yang paling terakhir Kapolda menyampaikan bahwa keberhasilan terciptanya situasi dan kondisi keamanan seperti ini bukanlah mutlak hasil kerja aparat keamanan saja, akan tetapi kondisi ini terwujud dari kesadaran masyarakat yang peduli dan partisipasi aktifnya di bidang kamtibmas sehingga mampu mencegah dan menangkal setiap gangguan kamtibmas.

Usai sambutan dari Kapolda Maluku Utara seluruh peserta yang hadir menggelar deklarasi dengan mengucapkan Ikrar Deklarasi Indonesia damai ,

“Deklarasi Indonesia Damai, Kami Segenap Komponen Masyarakat Maluku Utara Menyatakan” 

  1. Kami Cinta Damai
  2. Kami Anti Kerusuhan Dan Provokasi
  3. NKRI Harga Mati

Penandatanganan Deklarasi Indonesia damai menjadi penutup kegiatan dan dilanjutkan dengan pengundian doorprize bagi masyarakat yang beruntung. Hadiah yang disiapkan yakni puluhan helm, payung, mesin cuci, tv, kulkas. sedangkan hadiah utama lima unit sepeda motor diraih oleh dua orang anggota TNI, dua orang masyarakat dan satu orang anggota Polri.(Aby Zld)

About farabi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *