Home / GIAT OPS / Operasi Pekat Kieraha I-2018, Ini Penekanan Kapolda Maluku Utara pada Apel Gelar Pasukan

Operasi Pekat Kieraha I-2018, Ini Penekanan Kapolda Maluku Utara pada Apel Gelar Pasukan

Tribratanews.malut.polri.go.id – Polda Maluku Utara, Guna pemberantasan penyakit masyarakat di Kota Ternate dan Maluku Utara pada umumnya mejelang pemilihan Kepala Daerah tahun 2018, Polda Maluku Utara pagi tadi Senin 30/01/18 melaksanakan Apel gelar Pasukan di Lapangan Apel Mapolda Maluku Utara, bertindak selaku irup pada apel gelar pasukan Operasi Pekat Kie Raha I-2018, Wakapolda Maluku Utara Kombes Pol Drs. Lukas Arry Dwiyoko Utomo, selaku Komendan Apel AKBP Bardono dan di ikuti oleh Pejabat Utama Polda Malut serta Personil Polda Malut.

Apel Gelar Pasukan pada hari ini merupakan slah satu langkah awal manajerial dalam rangka melakukan pengecekan terhadap kesiapan sebelum pelaksanaan operasi, baik pada aspek personil, materil, sarana prasaranan, serta kelengkapan pendukung lainnya dalam pelaksanaan Operasi Kepolisian sehingga nantinya semua rangkaian kegiatan dapat berjalan dengan lancar dan memperoleh hasil yang optimal.

Apel Gelar Pasukan Operasi Pekat Kieraha I 2018 dengan tema, “ Dalam rangka upaya pemberantasan penyakit masyarakat guna cipta kondisi tahapan pelaksanaan pilgub di Provinsi Maluku Utara.” Dalam pelaksanaan Operasi kali ini akan dilaksanakan selama sepuluh hari terhitung mulai tanggal 30 Januari samapi dengan 8 Februari 2018 dengan mengedepankan kegiatan represif di sertai preemtif.

Wakapolda Maluku Utara Kombes Pol Drs. Lukas Arry Dwiyoko Utomo, pada saat membacakan amanat Kapolda Maluku Utara menyampaikan bahwa Operasi Kepolisian ini dilaksanakan dalam rangka penanggulangan penyakit masyarakat, yang meliputi peredaran miras, perjudian, penyalahgunaan narkoba, prostitusi dan penanggulangan premanisme. Adapun tujuan dari Operasi ini, untuk menciptakan situasi dan kondisi Kamtibmas yang kondusif di Wilayah Provinsi Maluku Utara pada pelaksanaan pemilihan gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Utara tahun 2018.

Kita sadari bersama bahwa dampak dari peredaran minuman keras khususnya di Maluku Utara merupakan sumber dari berbagai macam gangguan Kamtibmas, apalagi pada tahun ini di wilayah Maluku Utara akan melaksanakan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur sehingga perkelahian antara kelompok yang dipicu oleh miras dan mengarah pada konflik sosial yang dapat menimbulkan terganggunya Kamtibmas. Begitu juga dengan dampak dari narkoba yang dapat menghancurkan generasi muda sebagai masa depan Bangsa Indonesia, untuk itu perlu adanya antisipasi terhadap penyalahgunaan peredaran narkoba secara serius dan terus-menerus, termasuk pemberantasan terhadap berbagai macam penyakit masyarakat lainnya yang ada di Maluku Utara.

Sebelum mengkhiri amanatnya, mari kita semua sadari bahwa, peredaran miras, penyalahgunaan narkoba, perjudian, prostitusi maupun premanisme merupakan suatu bentu penyakit masyarakat yang telah berlangsung cukup lama, untuk itu agar pelaksanaan operasi Kepolisian ini mencapai hasil yang lebih optimal, maka dari itu Wakapolda Maluku Utara Kombes Pol Drs. Lukas Arry Dwiyoko Utomo juga menyampaikan beberapa penekanan Kapolda Maluku Utara Brigjen Pol Drs. Achmat Juri, M.Hum kepada personil yang terlibat dalam Operasi Pekat Kieraha I-2018 sebagai berikut:

Pedomani Perkap nomor 9 tahun 2011 tentang manajemen Operasi Kepolisian agar pelaksanaan Operasi Pekat Kieraha I-2018 berjalan sesuai aturan.

Laksanakan tindakan secara tegas terhadap semua bentuk kejahatan yang bernuansa pekat namun tetap humanis dan hindari pelanggaran Hak Azasi Manusia. Dalam penegakan hukum agar benar-benar mempedomani peraturan maupun undang-undang yang berlaku sehingga tidak terjadi kesalahan prosedur dalam tindakan kepolisian maupun penerapan pasal

Dengan waktu operasi yang relative sangat singkat agar dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk mencapai target Operasi yang telah ditetapkan dan dampaknya dapat dirasakan oleh masyarakat Maluku Utara pada momen Pilkada. Tingkatkan kerjasama yang harmonis terhadap semua komponen yang terlibat dalam Operasi Kepolisian maupun Instansi samping dan hindari perbuatan yang dapa memecabelah persatuan dan kesatuan serta menurunkan citra Polri di mata masyarakat.

Penulis            : Wanto Tftt

Editor              : Wanto Tftt

Publish            : Mandala

About Admin Humas Polda Malut

Check Also

Razia Minuman Keras, Polres Halbar Berhasil Amankan 740 Botol Miras Jenis Captikus

Tribratanews.malut.polri.go.id-Halbar,  Polres Halmahera Barat melaksanakan razia minuman keras dalam rangka cipta Kondisi menjelang Natal, Tahun …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *