Home / LALU LINTAS / Operasi Zebra, Polda Maluku Utara Laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Kieraha 2019

Operasi Zebra, Polda Maluku Utara Laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Kieraha 2019

 

 

 

 

 

Tribratanews.malut.polri.go.id – Polda Maluku Utara, Polda Maluku Utara melalui Direktorat Lalu Lintas Polda Malut, melaksanakan Operasi Kepolisian Mandiri Kewilayahan dengan sandi “Zebra Kieraha 2019” Polda Maluku Utara, sebelum operasi tersebut dilaksanakan, terlebih dahulu dilakukan Upacara Gelar Pasukan Operasi Zebra Kieraha 2019 yang dipimpin langsung oleh Kapolda Maluku Utara Brigjen Pol. Drs. Suroto, M.Si. Rabu 23/10/19.

Upacara gelar pasukan Operasi Zebra Kieraha 2019 yang dipusatkan di halaman Apel Mapolda Maluku Utara ini, dihadiri oleh, Danrem 152/Babullah Kolonel Inf.Endro Satoto, S.IP., M.M., Wakapolda Malut Kombes Po. Lukas Akbar Abriari, S.I.K., M.H., Irwasda Malut Kombes Pol. Sam Yulianus Kawengian, S.H., Para Pejabat Utama Polda Malut., Dandenpom Letkol Eko Maryanto., Kasiops Korem 152/Babullah Letkol Cecep Kurniawan, Kepala Jasarahar Prov. Malut, Aceng Widayat, SE., Mewakili Kepala Dinas Perhubungan Prov./Kabid LLAJ, Bpk Thamrin., Mewakili Danlanal Ternate Mayor Laut (pm) Sriyono, SH., Mewakili Gubernur/Sekda Prov. Malut Bambang Hermawan, Mewaliki Kadis Perhubungan Kota Ternate/Kabid Lalulintas, Fachrul Rozy, Kepala Jasa Raharja Putera Cab. Malut Bpk Arief, Kadis Dikjar Kota Ternate, Kepala Satpol PP Kota Ternate, Perwakilan Para Kepala Sekolah Se-Kota Ternate, Kepala Balai Perhubungan Transportasi Darat Wilayah XXIV Prov Malut.

 

 

 

 

 

Kapolda Maluku Utara dalam sambutannya  menyampaikan bahwa situasi Kamseltibcarlantas tiga bulan terakhir menjelang pelaksanaan Operasi Zebra Kieraha 2019, kejadian kecelakaan Lalu Lintas sebanyak 46 kasus korban meninggal dunia sebanyak 26 urang, korban luka berat 22 orang, dan korban luka ringan sebanyak 33 orang, serta kerugian materil sebanyak 256.100.000. (Dua Ratus Lia Puluh Enam Juta Sratus Ribu Rupiah).

“Dari evaluasi data diatas, kita harus mengambil langkah sebagai upaya untuk menekan jumlah kecelakaan dan menciptakan situasi Kamseltibcarlantas yanglebih kondusif, menjelang perayaan Natal Tahun 2019 dan Tahun Baru 2020. Kata Kapolda.

 

 

 

 

 

Lanjut Kapolda, Operasi Kepolisian Mandiri Kewilayahan dengan sandi “Zebra Kieraha 2019” Polda Maluku Utara ini, akan dilaksanakan selama 14 hari, terhitung mulai tanggal 23 Oktober sampai dengan 5 November 2019.

Operasi Zebra Kieraha 2019 ini, bersifat terbuka dengan bentuk Operasi Harkamtibmas yang mengedepankan Fungsi Lantas serta didukung Fungsi Kepolisian lainnya yang dilakukan secara Profesional, Bermoral dan Humanis. Dalam Operasi ini penegakan Hukum Lantas sebanyak 80%, Preventif 10% dan Preemtif 10%.

 

 

 

 

 

“Pelaksnaan Operasi ini bertujuan untuk, menertibkan administrasi kendaraan bermotor dan pengemudi melalui identifikasi keabsahan administrasi kendaraan bermotor, meningkatkan kesadaran Berlalu Lintas yang lebih Baik melalui upaga penegkan hukum guna meminimalisir pelanggaran dan kecelakaan Lalu Lintas.” Ucap Kapolda.

Jenderal bintang satu di Polda Maluku Utara ini juga mengatakan bahwa target dan sasaran dalam operasi secara umum, untuk menekan potensi gangguan, menghilangkan ambang ganguan dan penegakan hukum Lantas terhadap Ganguan Nyata seperti, pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan Helm Standar, pengemudi R4 yang tidak menggunakan safety belt dan melebihi kecepatan maksimal, pengemudi yang melawan arus srerta dalam keadaan mabuk, pengendara yang masih dibawa umur, mengunakan HP saat berkemdara, penggunaan lampu rotator/strobot/serine yang tidak sesuai peruntukan dan pengendara yang tidak dilengkapi dengan STNK yang sah.(Wtftt)

About wanto

Check Also

Ops Zebra Kieraha 2019, Sat Lantas Polres Halsel Jaring Ribuan Pelanggar lalu Lintas

        Tribratanews.malut.polri.go.id – Polda Maluku Utara, Halsel – Pelaksanaan Operasi Zebra Kieraha …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *