Home / KEGIATAN HUMAS / Peduli Pendidikan, Polda Malut Sosialisasi “Stop Hoax, Isu Sara Dan Ujaran Kebencian” Di SMP N 4 Kota Ternate

Peduli Pendidikan, Polda Malut Sosialisasi “Stop Hoax, Isu Sara Dan Ujaran Kebencian” Di SMP N 4 Kota Ternate

Tribratanews.malut.polri.go.id – Ternate. Sebagai wujud kepedulian anggota Polri terhadap dunia pendidikan, Personel Polda Maluku Utara melaksanakan Sosialisasi kepada Pelajar SMP N 4 Kota Ternate dengan tema “Stop Hoax, Isu Sara, dan Ujaran Kebencian”. (17/11/18).

Kegiatan sosialisasi ini dipimpin oleh Bripda Satriani Lestari Thamrin angkatan 4246 lulusan Tahun 2018 yang sekarang berdinas di Dit Samapta Polda Malut. Angkatan 4246 yang berjumlah 165 personel ini berdinas di Satker Dit Samapta, Sat Brimob, Biddokkes dan Bid Humas Polda Malut. Angkatan ini sangat peduli terhadap lingkungan sekitar terutama kepada anak-anak yang baru mengenal Sosial Media sehingga mereka berinisiatif untuk mengadakan Sosialisasi dengan tema “Stop Hoax, Isu Sara, dan Ujaran Kebencian” di SMP N 4 Kota Ternate.

Maksud dan tujuan dilaksanakan kegiatan sosialisasi ini adalah agar para pelajar tidak mudah terpengaruhi oleh berita Hoax, Isu sara dan Ujaran Kebencian serta untuk mendekatkan pelajar dengan anggota kepolisian.

Bripda Ariyanti Alwan, Polwan Bid Humas Polda Malut selaku pemateri ini di dampingi oleh beberapa polwan angkatan 4246 (Bripda Chairunnisa Djamal, Bripda Indrawati A Hi. Djen, Bripda Winda Sulistiani, Bripda Rizki Masuku, Bripda Resky Ersijayanti, Bripda Rahma Fitriyani Pake) serta personel lainnya yang turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Ariyanti Alwan dihadapan Pelajar SMP N 4 Kota Ternate yang berjumlah lebih kurang 40 orang menyampaikan bahwa maraknya Isu Hoax, Isu Sara dan ujaran kebencian di sosial media adalah diciptakan dan diviralkan oleh pihak tertentu untuk menyerang pihak lainnya yang sangat berbahaya bagi masyarakat dan anak-anak muda zaman sekarang yang baru mengenal sosial media.

“Hoax, Isu Sara, dan Ujaran Kebencian, ketiganya secara aktual berbahaya bagi kehidupan bernegara dan bermasyarakat karena ketika seseorang melakukan penyampaian pendapat tetapi mengandung Hoax, kebencian dan pengasutan itu memang membahayakan kehidupan bersama, apalagi Indonesia sebuah Negara Bhineka Tunggal Ika, jadi memang itu harus sungguh-sungguh dipelajari sejak dini karena akhir-akhir ini sejumlah media massa, baik media televisi, media cetak maupun media online sangat disibukkan dengan pemberitaan politik” Terang Ariyanti.

Lebih lanjut, Ariyanti menjelaskan bahwa pemberitaan ini menjadi semacam bola liar yang sulit dikendalikan dan cenderung provokatif serta mengesampingkan etika dalam pemberitaan. Pemberitaan bohong didominasi di berita sosial/internet, karena Internet adalah salah satu kebutuhan masyarakat yang tidak mengenal strata, dari anak-anak hingga orang dewasa pada umumnya memiliki HP dan sudah menjadi suatu kebutuhan, sekaligus menggunakan internet. Berita bohong, sengaja diedarkan untuk membentuk opini di masyarakat. Berita yang tidak sesuai dengan fakta tersebut, juga sering menjadi viral di media sosial, entah itu tentang informasi yang dapat memberikan rasa takut ataupun informasi yang didalam nya terdapat ujaran kebencian.

Oleh karena itu, tetaplah bijak ketika menggunakan internet. Jangan mudah percaya terhadap semua berita atau kabar yang dibaca. Periksa kembali kebenaran suatu berita dengan membandingkannya dari sumber lain, dan jangan sebarkan ulang apabila dirasa berita itu tidak benar. Apalagi didalam berita tersebut mengandung Isu Sara dan juga Ujaran Kebencian.

“Saya menghimbau adik-adik pelajar SMP N 4 Kota Ternate ini agar tidak cepat terpengaruhi oleh informasi-informasi yang tidak benar asal usulnya” Tutup Ariyanti.

Kegiatan sosialisasi tersebut mendapat Apresiasi yang sangat baik dari pihak sekolah terutama Kepala Sekolah SMP N 4 Kota Ternate Bpk. Gunawan Abu Umar S.Pd, yang sangat senang atas kehadiran anggota Kepolisian Polda Maluku Utara yang memberikan sosialisasi tentang “Stop Hoax, Isu Sara, dan Ujaran Kebencian” sehingga menambah wawasan pelajar SMP N 4 Kota Ternate. (anti/hzn)

About hefrizon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *