Home / GIAT OPS / Pembekalan dan Gladi Pengamanan TPS Pilkada Prov. Malut Tahun 2018

Pembekalan dan Gladi Pengamanan TPS Pilkada Prov. Malut Tahun 2018

Tribratanews.malut.polri.go.id-Polda Maluku Utara, Selasa 05/06/18 bertempat di Ball Room Royal Resto Ternate, Polda Maluku Utara dalam hal ini Biro Operasi Polda Malut melaksanakan pembekalan dan gladi pengamanan TPS Pilkada Prov. Maluku Utara Tahun 2018.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Kapolda Maluku Utara Brigjen Pol. Drs. M. Naufal Yahya, M.Sc, (Eng), dan dihadiri oleh Wakapolda Maluku Utara Kombes Pol. Drs. Lukas Arry Dwiko Utomo, para Pejabat Utama Polda Malut dan Kapolres Jajaran Polda Malut serta personil Polda Malut yang terlibat dalam pengamananan TPS pada Pilkada Prov. Malut tahun 2018.

Dalam sambutannya Kapolda menyampaikan sangatlah penting kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk mengecek kesiapan personil dan kelengkapan sarana prasarana sebelum pelaksanaan Pilkada, agar anggota yang nantinya melaksanakan pengamanan TPS sudah memiliki keterampilan dan memahami betul apa saja yang akan dilakukan pada saat pengamanan di TPS dimulai dari pencoblosan, penghitungan suara dan pleno ditingkat PPS.

Personil yang akan melakukan pengamanan juga harus memahami potensi-potensi kerawanan dalam pelaksanaan pencoblosan di TPS nantinya dan paham betul tentang situasi dan kondisi lingkungan TPS yang akan di jaga. Secara umum kerawanan pelaksanaan pencoblosan biasanya berorientasi pada DPT tambahan, DPT ganda. Coblos dua kali dan atau mungkin terjadi pengelembungan suara.

Perlu kita ketahui bersama bahwa Pilkada merupakan manifestasi pelaksanaan Demokrasi yang melibatkan Rakyat secara aktif dalam penyelenggaraan pesta Demokrasi Pilkada serentak tahun 2018, faktor keamanan menjadi faktor utama dan memiliki peran strategis dalam menentukan kelancaran dan kesuksesan keseluruhan tahapan pelaksanaan pilkada tersebut.

Jenderal Bintang Satu di Polda Maluku Utara ini, juga mengharapkan kepada personil yang akan melaksanakan pengamanan TPS agar memperhatikan dan mempedomani SOP pengamanan TPS yang akan digladikan, sehingga potensi kerawanan yang dapat mengganggu pelaksanaan pemungutan suara dapat ditekan ataupun dihilangkan.

Lanjut Kapolda, siapkan mental dan fisik yang dilandasi komitmen moral dan disiplin kerja, petakan setiap kerawanan serta lakukan deteksi dini, jaga komitmen dan netralitas anggota Polri dalam pilkada, lakukan penegakan hukum terhadap pelanggaran tindak pidana pemilu secara terpadu dan pedomani aturan dan SOP yang berlaku serta lakukan pengawasan dan pengendalia secara melekat. (Wtftt)

About wanto

Check Also

500 kantong Miras Jenis Cap Tikus yang di Selundupkan dari Tobelo Berhasil di Amankan Polres Tidore Kepulauan

Tribratanews.malut.polri.go.id-Tidore Kepulauan, Polres Tidore Kepulauan berhasil mengamankan Minuman Keras (Miras) jenis Cap Tikus sebanyak 500 …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *