Home / BINMAS / Pembukaan Workshop Program Quick Wins 1, Kapolda Malut Kedepankan Tindakan Preemtif dan Preventif

Pembukaan Workshop Program Quick Wins 1, Kapolda Malut Kedepankan Tindakan Preemtif dan Preventif

Tribratanews.malut.polri.go.id-Polda Maluku Utara. Kapolda Maluku Utara Brigjen Pol. Drs. Suroto, M.Si. membuka secara langsung kegiatan Workshop tentang “PENERTIBAN DAN PENEGGAKAN HUKUM BAGI ORGANISASI KELOMPOK RADIKAL DAN ANTI PANCASILA”  Program Quick Wins Kegiatan 1 bertempat di Gamalama BallRoom Hotel Grand Daffam Ternate, Selasa (19/02/19).

Kegiatan Workshop dihadiri Wakapolda Malut Kombes Pol. Lukas Akbar Abriari, S.I.K., S.H., Pejabat Utama Polda Malut, Ketua MUI Kota Ternate Usman Muhammad, Kasat Binmas Polres Jajaran, Perwakilan Bhabin Kamtibmas Polres Jajaran.

Kapolda Malut pada kegiatan Workshop memberikan kata sambutan yang menyampaikan, Kegiatan Workshop bertujuan untuk peningkatan kemampuan kepada personel pelaksana program quick wins Kegiatan 1 tentang Penertiban dan Penegakkan Hukum Bagi Organisasi Radikal dan Anti Pancasila merupakan tindak lanjut dari petunjuk dan arahan pelaksanaan program quick wins kegiatan 1 tahun 2019.Tahun 2019 merupakan tahun ke lima dalam pelaksanaan program quick wins, namun dari hasil monitoring, analisa dan evaluasi pelaksanaan di tingkat kewilayahan hingga tahun ke empat tahun 2018 oleh tim penggiat Mabes Polri masih dirasakan kurang optimal dan kesalahan yang berulang, diantaranya:

  • masih kurang pemahaman para penggiat maupun pelaksana di lapangan tentang kriteria organisasi atau kelompok yang dikatagorikan sebagai organisasi radikal dan anti pancasila.
  • sebagian besar dalam pelaksanaan di lapangan oleh satfung pendukung tidak berpedoman kepada rencana aksi yang telah ditentukan, sehingga tidak tepat sasaran.
  • dari hasil evaluasi laporan setiap periodenya (B-O3, B-O6, B-09 dan B 12) masih bersifat kuantitatif dan belum adanya data yang akurat tentang perkembangan naik turunnya jumlah pengikut organisasi dan anti pancasila di masing-masing wilayah hukumnya.
  • masih ditemukan penggunaan anggaran yang tidak sesuai dengan peruntukannya, seperti dukungan anggaran quick wins digunakan untuk keglatan rutin.

Kapolda menyampaikan bahwa kegiatan yang dilaksanakan ini  bertujuan untuk bagaimana meningkatkan pelayanan kepada masayarakat khususnya masyarakat Maluku Utara, sehingga dapat wujudkan Maluku Utara yang Aman, Damai dan Sejuk menjelang pelaksanaan Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden tahun 2019.

Menutup arahan, Kapolda menaruh harapan besar kepada semua yang hadir pada kegiatan workshop agar senantiasa meningkatakan ibadahnya sebagai wujud syukur atas keamanan dan ketertiban yang terjaga, semoga kedepan lebih profesional dalam menjalankan amanah Undang-Undang.(Aby Zld)

About farabi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *