Home / GIAT OPS / Polda Maluku Utara Melaksanakan Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2018 di Lapangan Ngara Lamo

Polda Maluku Utara Melaksanakan Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2018 di Lapangan Ngara Lamo

Tribratanews.malut.polri.go.id-Polda Maluku Utara, Apel gelar pasukan Operasi Ketupat Kieraha 2018 dilaksanakan di lapangan Ngara Lamo, Salero Ternate Utara, Rabu (6/6/18). Apel gelar pasukan dilaksanakan dalam rangka menghadapi pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1439H.

Apel gelar pasukan yang juga dihadiri oleh forkopimda Prov. Maluku Utara ini diikuti ratusan personel Polda Maluku Utara dan Korem 152 Babullah Ternate, Lanal Ternate dan dinas Perhubungan Prov. Maluku Utara serta stakeholders lainnya. Kapolda Maluku Utara Brigjen Pol. Drs. M. Naufal Yahya, M.Sc (Eng), bertindak sebagai inspektur upacara (irup).

Oprasi Ketupat merupakan operasi kemanusiaan yang digelar setiap tahun menghadapi hari raya idul fitri. Operasi Ketupat Kieraha 2018 meliputi pengamanan objek vital dan pengamanan arus mudik dan arus balik lebaran 2018. Operasi ketupat akan dilaksanakan mulai tanggal 7 juni hingga 22 juni 2018.

Dalam sambutannya Kapolda menyampaikan bahwa Operasi Ketupat Tahun 2018 ini, diselenggarakan secara serentak di seluruh Polda termasuk Polda Maluku Utara selama 16 hari terhitung mulai tanggal 7 juni sampai tanggal 22 Juni 2018. Operasi Ketupat Kieraha ini melibatkan sebanyak 307 personil pengamanan gabungan yang terdiri dari unsur Polri, TNI, Pemda serta Stakeholders lainnya.

Pelaksanaan operasi tahun ini terdapat empat potensi kerawanan, kerawanan pertama terkait dengan stabilitas harga pangan, dimana para kartel dan mafia pangan berupaya untuk menimbun dan perilaku negatif pelaku usaha yang menaikan harga di atas harga yang ditetapkan. Oleh sebab itu diperlukan kerja sama dari stakeholders terkait guna mengatasi masalah ini. Kerawanan kedua permasalahan kelancaran dan keselamatan arus mudik dan arus balik, ketiga potensi bencana alam dan gangguan kamtibmas, keempat kerawanan ancaman terorisme.

Kapolda Maluku Utara Brigjen Pol. Drs. M. Naufal Yahya, M.Sc, (Eng) dalam sambutannya memberikan  penekanan kepada seluruh personil yang melakukan pengamanan terutama pada titik rawan macet dan titik rawan kecelakaan, agar benar-benar melakukan pemantauan secara cermat, berbagai strategi yang telah ditetapkan agar diikuti dengan baik serta optimalkan pelayanan pada pos pengamanan, pos pelayanan, dan pos terpadu yang tergelar selama operasi.

Jenderal bintang satu di Polda Maluku Utara ini juga mengingatkan, terkait dengn ancaman tindak pidana teroris, guna mengantisipasi potensi aksi teroris Kapolda menekankan kepada seluruh Kapolres Jajaran Polda Malut, untuk terus meningkatkan kegiatan deteksi Intelijen yang diimbangi dengan upaya penegaklan hukum secara tegas.

Lanjut Jenderal bintang satu, disamping itu pengamanan tempat ibadah, pusat keramaian, Mako Polri, serta aspek keselamatan personil pengamanan harus menjadi perhatian. Perkuat pengamanan pada objek-objek tersebut dan laksanakan pendampingan personil pengamanan oleh personil bersenjata. Khususnya dalam mewujudkan keamanan secara umum, Kapolda Maluku Utara memerintahkan kepada seluruh Kapolres jajaran untuk terus menerus meningkatkan kerjasama dengan rekan-rekan TNI serta stakeholders terkait lainnya. (wtftt).

 

About wanto

Check Also

Razia Minuman Keras, Polres Halbar Berhasil Amankan 740 Botol Miras Jenis Captikus

Tribratanews.malut.polri.go.id-Halbar, ¬†Polres Halmahera Barat melaksanakan razia minuman keras dalam rangka cipta Kondisi menjelang Natal, Tahun …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *