Home / GIAT OPS / Polda Maluku Utara Melaksanakan Simulasi Pengamanan TPS

Polda Maluku Utara Melaksanakan Simulasi Pengamanan TPS

Tribratanews.malut.polri.go.id-Polda Maluku Utara, Pemilihan Kepala Daerah Prov. Maluku Utara yang sudah memasuki tahapan kampanye tahap delapan dan akan memasuki masa tenang dan pemungutan suara pada tanggal 27 Juni 2018 nanti, maka Polda Maluk Utara siang tadi Selasa 05/06/18 melaksanakan simulasi pengamanann TPS.

Dalam simulasi pengamanan TPS ini diasumsikan bahwa dalam pelaksanan pemungutan suara, telah terjadi keributan yang disebabkan oleh salah satu masyarakat yang namanya tidak terdaftar dalam DPT, sedangkan orang tersebut merupakan penduduk setempat.

Tidak terdaftarnya orang tersebut dalam DPT, sehingga dilakukanlah protes kepada penyelenggara agar yang bersangkutan dapat memberikan hak pilihnya dalam Pilkada Prov. Malut, namun berdasarkan DPT maka tidak diperbolehkan orang tersebut untuk melakukan pencoblosan.

Sehingga menimbulkan kekacauan di TPS tersebut, sehingga Anggota yang melakukan pengamanan di TPS harus bertindak tegas dalam melaksanakan pengamanan dan membubarkan orang yang melkukan kekacauan di areal TPS sehingga tidak menimbulak kerawanan di TPS tersebut.

Tujuan dari dilaksanakan simulasi ini agar semua personil yang terlibat dalam pengamanan TPS dapat mengerti bagaimana cara bertindak sesuai dengan SOP yang ada. Dan juga memberikan spirit kepada anggota yang baru melaksanakan pengamanan TPS sehingga anggota tersebut bisa mengerti tata cara pengamanan TPS.

Ka Anev Ops AKBP Faruk Alkatiri menyampaikan bahwa dalam pengamanan TPS yang dilaksanakan oleh personil Polda Maluku Utara, harus mempunyai jiwa korsa dimana personil tersebut tidak akan memihak kepada salah satu pasangan calon dan selalu netral dalam pelaksanaan pengamanan TPS.

Lanjut AKBP Faruk, mengharapkan kepada personil Polri yang akan melakukan pengamanan agar tidak melakukan pelanggaran sekecil apa pun, dan AKBP Faruk juga yakin bahwa anggota tidak akan melakukan keberpihakan karena mereka sudah tau aturan yang ada.(Wtftt)

 

About wanto

Check Also

500 kantong Miras Jenis Cap Tikus yang di Selundupkan dari Tobelo Berhasil di Amankan Polres Tidore Kepulauan

Tribratanews.malut.polri.go.id-Tidore Kepulauan, Polres Tidore Kepulauan berhasil mengamankan Minuman Keras (Miras) jenis Cap Tikus sebanyak 500 …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *