Home / MITRA POLISI / Polda Maluku Utara Menggelar KOffe Morning Bersama Instansi Penegak Hukum

Polda Maluku Utara Menggelar KOffe Morning Bersama Instansi Penegak Hukum

 

 

 

 

 

 

Tribratanews.malut.polri.go.id-polda Maluku Utara. Polda Maluku pagi tadi Kamis 09/01/20, menggelar Coffe Morning bersama Instansi Penegak Hukum (Criminal Justice  System) dengan tema “Penguatan Sinergi Polisional Di Wilayah Hukum Polda Maluku Utara Dalam Rangka Terwujudnya Indonesia Maju Yang Berkeadilan”.

Kegiatan Coffe Morning yang dipusatjan di Ball Room Royal Resto Ternate Kel. Kalumpang ini dihadiri oleh, Kapolda Malut Brigjen Pol. Drs. Suroto M.Si., Wakapolda Malut Kombes Pol. Lukas Akbar Abriari, S.IK.,M.H., Irwasda Malut Kombes Pol. Dicky Kusumawrdhana, M.M., Wakajati Malut Bpk. Sungarpin S.H., M.H., Hakim Pengadilan Tinggi Malut Bpk. M. Hunting, Hakim Pengadilan Tinggi Malut Bpk. Dr. L. Sormin, S.H. M.H., Para Pejabat Utama Polda Malut, Panitera Pengadilan Tinggi Malut Bpk. A. Hair, Panitera Pengadilan Tinggi Malut Bpk. M. Iqbal Daud, Kepala Biro Hukum Provinsi Malut Bpk. Mochtar Badir S.H., Kepala Kantor Imigrasi Malut Bpk. Agustinus Aponno

Dalam sambutannya Kapolda Malut mengucapkan terima kasih atas kehadiran bapak-bapak dan ibu sekalian,yang berkenan hadir di Undangan Kami dalam rangka kegiatan coffee morning ini, khususnya dalam kaitannya meningkatkan kerja sama dan komunikasi.

 

 

 

 

 

 

Selama ini Polda Malut, kejaksaaan tinggi, pengadilan tinggi, biro hukum dan imigrasi ini dalam berkomunikasi selama ini hanya bersifat formal saja. Rekan-rekan Direktur mungkin Dirkrimum koordinasi dengan Aspidum,  Dirkrimsus Koordinasi dengan Aspisus, dan pengadilan terkait dengan penyitaan atau perpanjangan penahanan kan hanya begitu saja.

“Kami ingin membangun komunikasi bukan sekedar dari segi formal saja. Marilah kita bangun silaturahmi di antara kita dan kerja sama di antara kita. Kami ingin bagaimana criminal justice system di Maluku Utara dapat berjalan dengan baik. Dan kita harapkan ini di tingkat polres juga berjalan. Sehingga setiap permasalahan-permasalahan yang kita hadapi khususnya dalam proses penegakkan hukum ini, dapat kita komunikasikan dan terselesaikan dengan baik. Kalau bisa di permudah kenapa harus dipersulit.” Kata Kapolda

Lanjut kapolda, mudah-mudahan kegiatan seperti ini bisa dilaksanakan sebulan sekali, kita bisa ngobrol-ngobrol santai saja, tidak usah formil, ada permasalahan apa kita diskusikan Itu akan lebih baik dari pada kita sekedar formalitas. Mudah-mudahan dengan kegiatan-kegiatan seperti ini kita saling ketemu, saling mengenal satu dengan lainnya. Sambil kita silaturahmi sambil kita bicara bagaimana agar semuanya berjalan dengan baik.

 

 

 

 

 

 

Jenderal bintang satu di Polda Maluku Utara ini juga mengatakan, bahwa tugas kita adalah sama dalam rangka penegakan hukum. Kami polisi sebagai penyidik, bagaimana menyajikan berkas-berkas perkara, menyajikan fakta-fakta, bukti-bukti di lapangan. Kita sajikan kepada bapak-bapak di kejaksaan. Jaksa menilai, layak di lakukan penuntutan atau pengadilan, apabila tidak layak di kembalikan kepada kita. Kemudian di serahkan ke pengadilan untuk memutuskan.

“Ada 10 sarjana hukum, masing-masing punya argumen, punya penilaian terhadap permasalahan itu. Akan lebih baiknya dalam proses-proses penegakan hukum, hal-hal seperti ini dapat di komunikasikan. Bagaimana masukan dari rekan – rekan JPU. Itu komunikasi-komunikasi seperti ini yang harus kita bangun.” Ujar Jenderal bintang satu.

 

 

 

 

 

 

Mudah-mudahan kedepan, kerja sama seperti ini terjalin lagi dan kegiatan-kegiatan seperti ini terserah di laksanakan dimana, di kantin kejaksaan, di pengadilan sofifi atau dimana saja tempatnya, silahkan. Sehingga komunikasi-komunikasi seperti ini perlu kita bangun. kedepan penegakan hukum di maluku utara akan lebih lancar. Apalagi di tahun 2020 ini kita akan menghadapi pilkada, ada 8 kabupaten yang melaksanakan pilkada secara serentak. Ini juga tentu kita bertanggung jawab bagaimana kita mengawal pilkada ini.

“kita bisa memastikan bahwa masyarakat maluku utara bisa memilih calon pemimpin daerahnya secara demokratis, secara jujur dan adil. Inilah tanggung jjawab kita sebagai criminal justice system.” Ungkap Kapolda.

Mengingat juga penyidikan tindak pidana pemilu itu jugakan sangat singkat sekali. Ini perlu kita komunikasikan, kalau tidak ada koordinasi dari awal tentu saja akan menghambat proses penyidikan. Ini adalah tanggung jawab kita bersama, InsyaAllah dengan niat yang baik ini, kita bersama-sama memberikan yang terbaik pada masyarakat, bangsa dan negara.(Wtftt)

About wanto

Check Also

Pernyataan Wakapolri Soal Penggunaan Preman Dipelintir, Ini Kata Ketua Harian Kompolnas

Tribratanews.malut.pori.go.id-polda malut, Masalah Covid 19 adalah masalah kita bersama, yang hrs dihadapi dan ditangani bersama-sama …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *