Home / POLISI KITA / POLRES GELAR DEKLARASI DAMAI “SIAP MENANG SIAP KALAH” PILKADA HALMAHERA UTARA.

POLRES GELAR DEKLARASI DAMAI “SIAP MENANG SIAP KALAH” PILKADA HALMAHERA UTARA.

tribratanews.malut.polri.go,id – POLDA MALUT, Berdasarkan direktif Kapolda Maluku Utara Irjen Pol. Risyapudin Nursin, S.I.K, saat melaksanakan Kunjungan Kerjanya di Polres Halmahera Utara, Jumat (09/4) lalu, terkait Deklarasi Damai sebelum pelaksanaan PSU Kabupaten Halut, Maka sebagai tindak lanjut Kepolisian Resor Halmahera Utara pagi tadi bertempat di gedung Amarta Polres Halut telah mengelar Deklarasi Damai “Siap menang siap kalah”, , Kamis (15/04).

Kegiatan Deklarasi Damai ini diawali dengan pembukaan yang dibuka langsung oleh Kapolres Halmahera Utara AKBP Priyo U.T Santoso, S.H., S.I.K., didampingi Dandim 1508 Tobelo dan yang mewakili PLH Bupati Halut, serta dihadiri oleh Pasangan calon Nomor urut 1 dan 2, Kajari Halut, wakil ketua DPRD Halut, Ketua pengadilan Negeri Tobelo, Ketua KPUD Halut, mewakili Ketua Bawaslu Halut, Ketua MUI Halut, mewakili Ketua Sinode GMIH, dan Tokoh Masyarakat

Kapolres Halmahera Utara dalam arahanya menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan Pemilihan Suara Ulang ini harapanya dapat berjalan dengan Damai, dan Pihak Keamanan akan berkerjasama dengan pemerintah untuk menentukan langkah-langkah demi terwujudnya kesuksesan dalam PSU Kabupaten Halmahera Utara.

“Kami akan membuat Posko di 4 titik untuk menjaga keamanan dan ketertiban, serta pada tanggal 28 April 2021 nantinya setiap TPS akan ada 11 Personel Keamanan yang di bantu oleh Linmas serta ada juga pasukan yang standby serta melaksanakan Patroli di Daerah-Daerah yang melaksanakan PSU guna cipta Kondisi wilayah yang aman dan Damai” Ucap Kapolres

Lanjut Kapolres, “Untuk distribusi kotak suara akan dilaksanakan pengawalan oleh personel Polri yang akan berdampingan dengan Kotak suara sehingga kotak suara bisa sampai dengan Aman dan baik”

Selesai arahan dari Kapolres Halmahera Utara, kegiatan di lanjutkan dengan Pembacaan Deklarasi damai oleh pasangan Calon Bupati/ Wakil bupat dan penandatanganan Naskah Deklarasi baik oleh Paslon maupun Saksi yang terdiri dari Forkopimda Kabupaten Halut, Penyelenggara Pemilihan Suara Ulang, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat

Adapun Point-point Isi Deklarasi Damai tersebut yaitu :

  1. Bahwa kami para pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati akan memegang teguh, mematuhi dan melaksanakan Deklarasi Damai yang dilaksanakan oleh lembaga penyelenggara Pilkada Kabupaten Halmahera Utara dan mengawal secara konsisten sehingga pelaksanaannya sesuai amanat deklarasi.
  2. Siap bekerjasama dengan instansi dan lembaga penyelenggara Pilkada demi suksesnya Pemungutan Suara Ulang Pilkada Kabupaten Halmahera Utara.
  3. Selalu berkoordinasi dan bekerjasama antar Satuan Tugas, kordinator Lapangan, Unsur Kepolisian, aparat keamanan dan seluruh stake holder lainnya untuk menjaga berlangsungnya Pemungutan Suara Ulang pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Halmahera Utara dalam keadaan kondusif, serta apabila terjadi pelanggaran siap untuk diambil tindakan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  4. Siap menerima hasil Pemungutan Suara Ulang yang disahkan oleh penyelenggara Pilkada Kabupaten Halmahera Utara sesuai proses yang terbuka dan benar yang didasarkan pada peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  5. Kami para pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Halmahera Utara, siap apabila kami terpilih dan siap apabila kami tidak terpilih sebagaimana hasil penetapan KPUD Kabupaten Halmahera Utara.

Kabidhumas Polda Maluku Utara Kombes Pol. Adip Rojikan, S.I.K., M.H. menambahkan bahwa dalam PSU ini dihimbau kepada seluruh masyarakat untuk berkerjasama dengan pihak keamanan agar situasi Kamtibmas tetap kondusif, serta proses PSU dapat berjalan aman dan lancar.

“TNI-POLRI dan stakeholder terkait siap amankan PSU Pemilihan Bupati/Wakil Bupati Halmahera Utara”. Ujarnya.

About admin

Check Also

POLDA MALUT GELAR SWAB ANTIGEN PERSONEL PAM DAN TIM ASISTENSI PSU PILKADA HALUT

tribratanews.malut.polri.go.id – POLDA MALUT, Dalam rangka menjamin kesehatan personel Pengamanan dan Asistensi dalam rangka Pemungutan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *