Home / MITRA POLISI / Polres Ternate dan BKMT Kota Ternate teken MoU Kerjasama Program “Wanda Manis”

Polres Ternate dan BKMT Kota Ternate teken MoU Kerjasama Program “Wanda Manis”

Tribratanews.malut.polri.go.id – Ternate. Pada Hari Senin Tanggal 01 Oktober 2018 pukul 14.0O Wit bertempat di Aula Kantor Kemenag Kota Ternate telah di laksanakan Kegiatan Penandatangan Nota Kesepakatan Bersama (MoU) antara Polres Ternate dengan Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Kota Ternate.

MoU tersebut adalah dalam rangka Kerjasama Pelaksanaan Program Unggulan Polres Ternate yakni Program Polwan Berdakwah Membangun Keluarga Harmonis atau yang disingkat WANDA MANIS. Acara penandatanganan MoU tersebut dihadiri oleh Kapolres Ternate AKBP Azhari Juanda SIK, Kepala Kantor Kemenang Kota Ternate Bpk Adam Ma’rus, M.Pdi, Ketua BKMT Kota Ternate Ibu Hj.Wahidawati Pake, SE., Bapemperda DPRD Kota Ternate Ibu Nella Syarif, Dirbinmas Polda Malut yang diwakili oleh AKBP Bakri Buamona, Kabag TU Kemenag Kota Ternate Bpk H. M. Zulkiram, serta 30 Polwan Polres Ternate dan 200 pengurus dan anggota BKMT Kota Ternate.

Disamping itu, kegiatan ini juga dihadiri oleh Khatib Masjid Istiqlal Jakarta Ustadz Buya Andi Ikhsan Baso Mattotorang, Lc., yang berkesempatan untuk memberikan ceramah dalam acara tersebut. Dalam sambutannya, Kapolres Ternate menyampaikan bahwa Program Wanda Manis merupakan terobosan kreatif Polres Ternate dalam rangka memberikan pembinaan kepada masyarakat khususnya para ibu-ibu dalam rangka pencegahan dini terhadap gangguan Kamtibmas, dan BKMT merupakan mitra yang sangat strategis untuk menjalankan program Wanda Manis.

Manfaat dari program ini adalah untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan serta ilmu agama bagi Polwan Polres Ternate serta meningkatkan kesadaran hukum bagi anggota majelis taklim dan meningkatkan pencegahan dini maupun antisipasi keluarga terhadap pengaruh -pengaruh negatif yang dapat merusak perilaku anak-anak dan generasi muda.

“Berawal dari lingkungan keluarga kita ciptakan Kamtibmas yang kondusif di wilayah hukum Kota Ternate”, ujar Kapolres.

Pada kesempatan itu juga, Kapolres mengingatkan kepada BKMT Kota Ternate bahwa kegiatan Program Wanda Manis tidak boleh ada unsur-unsur politik dalam bentuk apapun.

” Niat kita satu yakni untuk membina umat agar memiliki ahlak yang baik”, tambah Kapolres.

“Semoga apa yang di lakukan hari ini dan kedepan dapat bernilai ibadah”, tutup Kapolres.

Selanjutnya, Ketua BKMT Kota Ternate dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang setinggi- tingginya kepada Kapolres Ternate atas sebuah gagasan besar Program Wanda Manis yang diwujudkan dalam kerjasama antara Polres Ternate dengan BKMT Kota Ternate dan Ini adalah salah satu program pertama di Kota Ternate. Jajaran majelis taklim sangat bersyukur karena telah dianggap mitra penting oleh Polres Ternate dalam mewujudkan Kamtibmas yang kondusif di Kota Ternate melalui upaya membangun keimanan dan ketakwaan masyarakat Kota Ternate.

Selain itu, Kepala Kantor Kemenag Kota Ternate Bpk H. Adam Ma’rus juga menyampaikan apresiasi kepada Kapolres Ternate atas ide, gagasan dan Program kreatif Wanda Manis.

“Kapolres Ternate saat ini sangat Kreatif dan kami sangat bersyukur bertemu dengan Kapolres Ternate yang penuh ide dan gagasan yang positif dalam mewujudkan Kamtibmas yang kondusif di Kota Ternate”, ujarnya.

Lebih lanjut, Bpk Adam Ma’rus menyampaikan bahwa program yang dibuat oleh Polres Ternate dalam rangka menjangkau dan memberikan sosialisasi terhadap masyarakat sangatlah tepat sasaran sebagaimana cara Nabi Muhammad berdakwah dengan melibatkan istri Beliau. Posisi kaum ibu sangat penting karena peran kaum ibu-ibu sangat mendominasi dalam membangun serta membina keluarga dan rumah tangga yang harmonis.

“Program dakwah sendiri jika hanya dilakukan oleh Kementerian Agama sendiri maka tidak akan mampu membina umat, sehingga diharapkan dengan adanya peran Polwan Polres Ternate dapat memberikan hal positif bagi umat”, tutupnya.

Selesai acara sambutan-sambutan, kegiatan dilanjutkan dengan ceramah oleh Al Ustadz Buya Andi Ikhsan Baso Matotorang, Lc., tentang ciri-ciri wanita yang nantinya akan menjadi penghuni surga dan ditutup dengan do’a untuk keselamatan umat. Acara dilanjutkan dengan Penandatangan MoU antara Polres Ternate dengan BKMT Kota Ternate dan disaksikan oleh Kepala Kantor Kemenag Kota Ternate dan yang mewakili Dirbinmas Polda Malut. Acara ditutup dengan sesi foto bersama. (ds/hzn)

About hefrizon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *