Home / LALU LINTAS / Polres Tidore Kepulauan Laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Kie Raha – 2019

Polres Tidore Kepulauan Laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Kie Raha – 2019

 

 

 

 

 

Tribratanews.malut.polri.go.id – Polda Maluku Utara, Tidore – Kapolres Tidore Kepulauan AKBP Doly Heriyadi, S.I.K., M.Si., pagi tadi  Rabu 23/10/19 memimpin secara langsung apel gelar pasukan dalam rangka “Operasi Zebra Kieraha 2019” dalam rangka cipta kondisi menjelang Natal Tahun 2019 dan Tahun baru 2020.

Apel gelar pasukan operasi Zebra yang dipusatkan di halaman apel Mapolres Tidore Kepulauan ini, di Hadiri oleh Wakapolres Tidore Kepulauan, Kadis Perhubungan Kota Tidore, Para Pejabat Utama Polres Tikep, Para Kapolsek Jajaran Polres Tikep dan Para Parwira Res Tikep serta diikuti oleh 1 Pleton Personil Kodim 1505, 1 Pleton Personil  Sat Sabhara, 1 Pleton Personil Staf Gabungan, 1 Pleton Peesonil Res Intel, 1 Pleton Dishub dan 1 Pleton Satpol PP.

 

 

 

 

 

Tidore Kepulauan AKBP Doly Heriyadi, S.I.K., M.Si., dalam sambutannya membacakan amanat Kapolda Maluku Utara Brigjen Pol. Drs. Suroto, M.Si., menyampaikan situasi kamseltibcarlantas tiga bulan terakhir menjelang pelaksanaan Operasi Zebra Kieraha 2019. kejadian kecelakaan lalu lintas di wilayah Maluku Utara sebanyak 46 kasus, korban meninggal dunia sebanyak 26 orang, korban luka berat 22 orang, dan korban luka ringan sebanyak 33 orang, serta kerugian materiil sebanyak Rp. 256.100.000. (dua ratus lima puluh enam juta seratus ribu rupiah).

“Sehingga dari data evaluasi, Polda Maluku Utara mengambil langkah sebagai upaya untuk menekan jumlah kecelakaan dan menciptakan situasi kamseltibcarlantas yang lebih kondusif menjelang Perayaan Natal Tahun 2019 dan Pergantian Tahun Baru 2020 dengan melaksanakan Operasi Kepolisian, Kegiatan ini juga rutin dilakukan oleh kepolisian lalu lintas untuk menekan pelanggaran berlalu lintas dan meminimalisir angka kecelakaan.” Ucap Kapolres saat membacakan amanat Kapolda malut.

 

 

 

 

 

 

Saat ini Polda Maluku Utara telah menetapkan kalender Operasi Zebra tahun 2019 dilaksanakan selma 14 hari, terhitung mulai tanggal 23 Oktober s/d tgl 5 November 2019, dengan sandi ”Zebra Kie Raha 2019”.

Konsep umum Operasi adalah bersifat terbuka dalam bentuk operasi harkamtibmas dan mengedepankan fungsi Lantas serta di dukung fungsi Kepolisian lainnya yang dilaksanakan secara profesional, bermoral dan humanis, pola Operasi yang digunakan adalah penegakan hukum Lantas 80%, giat preventif 10% dan preemtif 10%.

Adapun tujuan Operasi Zebra Kie Raha 2019 ini yaitu Tertib administrasi kendaraan bermotor dan pengemudi melalui identifikasi keabsahan administrasi kendaraan bermotor dan pengemudi sesuai perundang – undangan yang berlaku dan meningkatkan kesadaran berlalu Lintas yang lebih baik melalui upaya gakkum mengarahkan/berbasis IT, guna meminimalisir pelanggaran dan kecelakaan Lalu Lintas.

 

 

 

 

 

Target dan sasaran dalam operasi secara umum, untuk menekan potensi gangguan, menghilangkan ambang ganguan dan penegakan hukum Lantas terhadap Ganguan Nyata seperti, pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan Helm Standar, pengemudi R4 yang tidak menggunakan safety belt dan melebihi kecepatan maksimal, pengemudi yang melawan arus srerta dalam keadaan mabuk, pengendara yang masih dibawa umur, mengunakan HP saat berkemdara, penggunaan lampu rotator/strobot/serine yang tidak sesuai peruntukan dan pengendara yang tidak dilengkapi dengan STNK yang sah.

Dalam pelaksanaan Operasi Zebra Kierah 2019, Kapolda Maluku Utara memberikan penekanan kepada personil yang terlibat operasi antara lain, lakukan deteksi dini, penyelidikan, pengamanan, penggalangan serta pemetaan lokasi, tempat, pelaku dan wakt u terjadinya pelanggaran Lalu Lintas, laksanakan operasi sesuai sop dan etika Kepolisian yang ada, melaksanakan penindakan terhadap pelanggaran Lalu Lintas dengan bersikap 3s (senyum, sapa, salam) dan humanis, laksanakan penindakan pada tltik-titik atau ruas penggal jalan tertentu secara konsisten selama pelaksanaan operasi, dan laksanakan publikasi seeta sosialisasi tertib Lalu Lintas melalui media masa, media elektronik dan media cetak lainnya.

Laksanakan Turjawali Lantas pada tempat-tempat rawan kecelakan Lalu Lintas dan libatkan kekuatan Internal (Bhabinkamtibmas) dan Kekuatan Eksternal (Stake Holder) dalam kegiatan Operasi. (Wtftt/Ulfa)

About wanto

Check Also

Ops Zebra Kieraha 2019, Sat Lantas Polres Halsel Jaring Ribuan Pelanggar lalu Lintas

        Tribratanews.malut.polri.go.id – Polda Maluku Utara, Halsel – Pelaksanaan Operasi Zebra Kieraha …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *