Home / POLISI KITA / Polwan Polda Maluku Utara Laksanakan Syukuran Hari Jadi Ke-71 Polwan Republik Indonesia

Polwan Polda Maluku Utara Laksanakan Syukuran Hari Jadi Ke-71 Polwan Republik Indonesia

 

 

 

 

 

 

Tribratanews.malut.polri.go.id – Polda Maluku Utara, Polwan Polda Maluku Utara pagi tadi Jumat 13/09/19, melaksanakan syukuran dalam rangka Hari Jadi Polisi Wanita RI yang ke-71 di Ball Room Royal Resto Ternate, kegiatan syukuran kali mengangkat tema “Dengan Semangat Promoter Pengabdian Polwan Untuk Masyarakat, Bangsa Dan Negara”.

Kegiatan ini juga di hadiri oleh Kapolda Maluku Utara Brigjen Pol. Drs. Suroto, M.Si., Ibu Asuh polwan Polda Malut Ibu Santy Suroto, Wakapolda Maluku Utara Kombes Pol. Lukas Akbar Abriari, S.I.K., M.H, Irwasda Maluku Utara Kombes Pol. Sam Yulianus kawangean, S.H., Pakor Polwan Polda Malut AKBP Esther lefmanut, Para Pejabat Utama Polda Malut, Para Kapolres Jajaran, para pengurus Bhayangkari Daerah Maluku Utara, dan seluruh polwan Polda Maluku Utara dan Polres Jajaran.

Kegiatan Syukuran yang bertema dengan semangat promoter pengabdian Polwan untuk Masyarakat, Bangsa dan Negara diawali dengan pembacaan sejarah singkat terbentuknya Polisi Wanita oleh Briptu Nur Aina Wulan Dari, dan pembacaan laporan panitia oleh Pakor Polwan Polda Maluku Utara AKBP Esther Lefmanut.

 

 

 

 

 

 

Pakor Polwan Polda Malut pada saat membacakan laporan panitia mengatakan, sebelum melaksanakan Syukuran, Polwan Polda Maluku Utara telah melaksanakan beberapa kegiatan diantaranya, Bhakti Sosial Kesehatan, Pelayanan Kesehatan Tes Iva dan Sadani, Ceramah Tentang Pemahaman Anti Radikalisme, Polwan Goes To School, Lomba Menembak, Anjangsana Ke Panti Asuhan, Dialog Interaktif di RRI Ternate, Ziarah Makam Pahlawan Banau, dan Olah raga bersama.

Kapolda Maluku Utara dalam sambutannya membacakan sambutan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Jenderal Polisi Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D. mengucapkan Selamat Hari Jadi Polisi Wanita Republik Indonesia yang ke-71, segenap doa senatiasa teriring kepada seluruh Polwan dimana pun bertugas.

Peringatan Hari Jadi Polisi Wanita menjadi momentum untuk menghormati eksistensi dan kontribusi Polwan, tidak hanya bagi kemajuan Institusi polri namun juga bagi Masyarakat, Bangsa dan Negara.

 

 

 

 

 

 

“sejarah mencatat kelahiran Polwan tidak dapat dipisahkan dari perjalanan bangsa dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia.” Ucap Kapolda saat membacakan sambutan Kapolri.

Latar belakang pembentukan Polwan adalah kebutuhan masyarakat terhadap kehadiran petugas keamanan berjenis kelamin wakinta, mereka dibutuhkan untuk menangani pengungsian besar-besaran akbiat Agresi Militer Belanda I tahun 1047.

Enam Orang Polwan Pertama, sekaligus enam wanita ABRI pertama, juga mendapatkan kesempatan untuk mengemban tugas-tugas Operasional di Lapangan, bahkan berada di garis terdepan pertempuran dan Wilayah Pedalaman.

 

 

 

 

 

 

“Eksistensi Polwan dalam berbagai bidang penugasan telah menunjukan prestasi yang membanggakan, Polwan menjadi salah satu elemen penting dalam mewujudkan Institusi Polri yang Profesional, Moderen, dan Terpercaya.” Ucap Kapolda.

Kapolri juga memberikan kesempatan yang luas kepada para Polwan untuk mengikuti pendidikan pengembangan, baik didalam maupun luar Negeri, saat ini 3 orang Polwan telah menyandang pangkat Brigjen, 65 berpangkat Kombes, 644 berpangkat AKBP, 595 Polwan berpangkat Kompol, serta 5.672 Polwan berpangkat Perwira Pertama. Selain itu ada 4 Polwan yang sedang menduduki jabatan Kapolres, dan 14 menjadi Wakapolres serta 32 Polwan mengemban jabatan Kapolsek.

 

 

 

 

 

 

Selesai memberika sambutan Kapolda Maluku Utara yang didampingi Ibu Asuh Polwan menyerahkan tumpeng kepada Polwan Tertua dan Termuda, Polwan tertua yang menerima tumpeng yakni Kompol Nurhasanah Kasetum Polda Malut dan yang termuda Bripda Nabila Fadlunisa Brigadir Dit Samapta Polda Maluku Utara.(Wtftt)

About wanto

Check Also

Kapolda Maluku Utara Pimpin Taklimat Akhir Wasrik Rutin Itwasda Polda Malut T.A. 2019

            Tribratanews.malut.polri.go.id – Polda Maluku Utara, Kapolda Maluku Utara (Malut), …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *