Home / MITRA POLISI / Polwan Sahabat Remaja, Pakor Polwan Jadi Irup pada Upacara Bendera di SMK Negeri Dua Ternate

Polwan Sahabat Remaja, Pakor Polwan Jadi Irup pada Upacara Bendera di SMK Negeri Dua Ternate

Tribratanews.malut.polri.go.id-Polda Maluku Utara,  Suasana berbeda terjadi pada upacara pengibaran bendera di SMK 2 Ternate Kec. Ternate Utara Kota. Madya Ternate, Senin 20/8/18. Pasalnya, dalam upacara kali ini, yang menjadi instruktur upacara ialah Pakor Polwan Polda Maluku Utara AKBP Esther Lefmanut.

Demi mencegah timbulnya kenakalan remaja, terutama di kalangan para pelajar, maka dari itu Polwan Polda Maluku Utara yang bertepatan dengan Hari Jadinya yang ke-70 tahun 2018, mendatangi SMK Negeri 2 Ternate untuk menjadi Irup dalam upacara bendera serta memberikan sosialisasi tentang bahaya narkoba.

Kegiatan tersebut dipimpin Langsung Oleh Pakor Polwan AKBP Esther Lefmanut dan Senior Polwan Kompol Nur Hasanah serta perwakilan Polwan Polda Maluku Utara, dan dihadiri oleh Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Ternate, para Dewan Guru serta para Siswa Siswi SMK 2 Ternate.

Dalam kesempatan tersebut Pakor Polwan membacakan amanat dari ketua panitia Hari Jadi ke- 70 Polwan RI tahun 2018, tentang penyalahgunaan Narkoba di kalangan pelajar, baik pada Tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Lanjutan Tingkat pertama (SLTP) maupun Tingkat Sekolah Lanjutan Atas (SLTA), menjadi permasalahan yang serius, kompleks dan meresahkan Bangsa Indonesia.

Dari data yang di peroleh pasda tahun 2017 bahwa angka penyalahgunaan ditingkat pelajar sebesar 24% dari total jumlah penyalahgunaan Narkoba, artinya terdapat sebesar kurang lebih 800.000 orang pelajar, dari 3.376.115 orang penyalahgunaan narkoba yang merupakan kelompok coba pakai.

Pada kelompok coba pakai ini haruslah menjadi atensi kita bersama, karena aka dapat merusak kualitas sumber daya manusia yang kita miliki. Pelajar adalah generasi dan asset Bangsa yang harus memiliki kemampuan iintelektual yang baik.

Selain bahaya narkoba, Globalisasi dan kemajuan teknologi informasi telah memberi pengaruh besar dalam kehidupan manusia. Tidak hanya mempermudah berbagai aspek kehidupan manusia, namun juga meninmbulkan berbagai dampak negative yang harus siap kita antisipasi. Salah satu contoh nyata dari kemajuan teknologo tersebut, melalui media sosial yang digunakan untuk ujaran kebencian, hasutan bahkan melakukan tindakan bullying di dunia maya atau yang biasa disebut cyber bullying.

Perilaku Bullying seolah-olah telah menjadi suatu budaya yang melandasi cara berpikir, merasa dan bertindak pada anak-anak usia sekolah. Di era Globalisasi mereka yang melakukan tindakan Bullying, tidak memikirkan dampak perbuatannya, karena yang dicari hanyala kepuasan.

Kondisi ini apabila dibiarkan tanpa tindakan nyata akan memelihara bibit-bibit pro kekerasan, bahkan berpotensi terjadinya gesekan, konflik sosial dan disintegrasi Bangsa. Lembaga Polri dan Komunitas sekolah memiliki tugas mulia untuk saling bersinergi secara optimal melalui kegiatan edukasi dan sosialisasi tentang bahaya narkoba dan perilaku Bullying serta upaya pencegahan.

Pelajar yang bebeas narkoba, akan memiliki pemikiran yang cerdas, mampu mengembangkan potenis yang dimiliki, kreatif, inovatif, memiliki semangat juang, sikap welas asih, tenggang rasa, sehingga akan tercipta kondisi masyarakat yang aman tertib, damai, cerdas dan sehat.

Pakor Polwan juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya, kepada Kepala Sekolah beserta para Guru, pengurus sekolah yang menfasilitasi terselenggaranya kegeiatan ini. Kepada siswa siswi terbaik bangsa ini, Pakor Polwan juga berharap jaga dan tingkatkan terus keimanan dan ketaqwaan terhadap tuhan yang maha esa, jadilah relawan stop bahaya narkoba dengan menjaga diri, taamkan sikap tenggang rasa, welas asih dan empati untuk tidak menyakiti orang, jadilah anak kebanggaan orang tua, guru, masyarakat dan Bangsa. (wtftt)

About wanto

Check Also

Polres Halteng Gelar Forum Group Diskusi dengan KPUD, Bawaslu dan Para Ketua Partai Politik

Tribratanews.malut.polri.go.id-Weda, Kapolres Halteng AKBP Andri Hariyanto, S.I.K., Bersama Ketua KPUD Halteng, serta Ketua Bawaslu mlaksanakan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *