Home / POLISI KITA / Rakor Lintas Instansi Dalam Rangka Kesiapan Operasi Kepolisian Terpusat ” Lilin 2019″

Rakor Lintas Instansi Dalam Rangka Kesiapan Operasi Kepolisian Terpusat ” Lilin 2019″

 

 

 

 

 

 

Tribratanews.malut.polri.go.id-Polda Malut, Menjelang Perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, Kapolda Maluku Utara Brigjen Pol. Drs. Suroto, M.Si., bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Maluku Utara dan Stakeholder lainnya menggelar rapat Koordinasi Lintas Instansi Dalam Rangka Kesiapan Operasi Kepolisian Terpusat dengan Sandi Operasi “Lilin Kie Raha Tahun 2019”. Selasa, 17/12/19.

Rapat Koordinasi Lintas Instansi Dalam Rangka Kesiapan Operasi Kepolisian Terpusat “Lilin Kie Raha Tahun 2019”, dipimpin langsung oleh Kapolda Maluku Utara Brigjen Pol. Drs. Suroto, M.Si., dan dipusatkan di Rupatama lantai 3 Polda Malut, dan dihadiri oleh, Danrem 152/BBL kolonel Inf.Endro Satoto, S.I.P., M.M., Pj Sekda Malut Bpk A. Bataralin yang Mewakili Gubernur, Mewakili Kabinda Malut Bpk. T.I Ramdhan, Kakanwil Kemenag Malut Bpk. H. Sarbin Sehe, S.Ag., M.PDi., Para Pejabat Utama Polda Malut, Kasatpol PP Prov Malut Bpk. H. Rachmat Djabir., Kepala Jasaraharja Malut Bpk. Aceng Widayat,  Dandenpom Lanal Ternate Mayor Laut Sriyono, S.H., Kasi Data BMKG Malut Bpk. Setiawan, Mewakili Direktur RSU Ternate Bpk. F. Sumtaki, Sst, M.kes, Sekretaris Klasis GPM Ternate Pdt. Donny Toisuta.S.si., M.Pd, Kacab PT. Pelni Ternate Bpk Oskar, KA Basarnas Malut Bpk. M Arafah, GM Asop Ternate Bpk. Umar Imran. B, KSOP Ternate Bpk. Taher laitupa, Plt. Kadis Hub. Malut Bpk. Armin Zakaria, DandenPom XVI/Ternate Mayor  PM Darmaji, KPLP Ternate Bpk. Slamet Isyadi, KA Divisi Bulog Bpk. Suhardi Thalib, KA BNPBD Malut Bpk. Malik Zamrun, Dinas Perindag Malut Bpk. A. Rachman, BPTD Malut Bpk. Yanuar Efan.

Kapolda Maluku Utara dalam sambutannya mengatakan, sebelum pelaksanan pengamanan perayaan Natal Tahun 2019 dan Tahun Baru 2020, Polda Malut telah melaksanakan kegiatan cipkon (Operasi Pekat Kie Raha II-2019) selama 14 hari TMT 26 November sampai dengan 09 Desember 2019, dalam rangka pemberantasan penyakit masyarakat (Peredaran Miras, Narkoba, Perjudian, Praktek Prostitusi Dan Pencurian) menjelang perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

 

 

 

 

 

 

“Selama pelaksanaan Operasi Polda Maluku Utara telah mengamankan masyarakat yang mengkomsumsi miras sebanyak 195 Orang, penjual miras sebanyak 160 Orang dan produsen miras sebanyak 50 Orang serta menyita miras jenis cap tikus sebanyak 12.178 Liter, Bir sebanyak 3.122 Botol dan lain-lain sebanyka 10.242 Liter, pengguna narkoba sebanyak 3 Orang, penjudi sebanyak 35 Orang, dan prostitusi sebanyak 67 Orang.” Kata Kapolda.

Lanjut Kapolda, Hari Raya Natal merupakan hari besar bagi Umat Kristiani, yang pada pelaksanaannya merupakan perpaduan antara Perayaan Hari Besar Agama dan budaya pulang kampung yang lebih sering kita dengar sebagai ajang “Mudik”, untuk bertemu dan bersilaturahmi dengan saudara-saudara di kampung halaman.

Hal ini tentunya memerlukan perhatian khusus agar dapat memberikan ruang yang aman dan nyaman bagi Umat Kristiani dalam merayakan Hari Natal. Disamping itu, permasalahan yang diakibatkan dari budaya “Mudik” adalah meningkatnya arus lalu lintas sebagai dampak dari peningkatan aktivitas masyarakat di jalan raya.

 

 

 

 

 

 

“Oleh karena itu, diperlukan langkah-langkah nyata untuk dapat mengantisipasi hal tersebut sehingga, Perayaan Natal Tahun 2019 ini dapat berjalan dengan aman, nyaman, tertib dan kondusif.” Ujar Lapolda.

Kemudian kegiatan besar yang kedua adalah perayaan pergantian Tahun, dari Tahun 2019 menuju Tahun 2020. acara yang sering kita sebut sebagai perayaan tahun baru ini juga sangat memerlukan perhatian yang serius oleh seluruh stakeholder, sehingga dalam perayaan menyambut tahun baru 2020 nanti tidak menimbulkan dampak yang negatif bagi seluruh lapisan masyarakat.

Disamping meningkatnya arus Lalu Lintas di jalan raya yang mungkin dapat menimbulkan kepadatan dan kemacetan arus lalu lintas, maka permasalahan lain yang sering muncul dalam perayaan natal dan tahun baru adalah meningkatnya kriminalitas dan gangguan kamtibmas lainnya sebagai akibat dari meningkatnya aktivitas masyarakat dalam menyambut hari raya natal dan tahun baru.

 

 

 

 

 

 

Polri Sebagai Pelindung, Pengayom, dan Pelayan Masyarakat, Khususnya Polda Maluku Utara dan Jajarannya telah mempersiapkan diri untuk menjaga kemananan dan ketertiban masyarakat dalam rangka menyambut Perayaan Hari Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 Dalam Suatu Kegiatan Operasi Dengan Sandi “Lilin Kie Raha-2019”.

Tentunya Operasi ini akan dapat berjalan dengan maksimal jika didukung oleh Instansi-Instansi Terkait dan Mitra Kamtibmas lainnya terutama, Kabinda, TNI, BMKG, Pertamina, Basarnas, BNPB, Dinas Perhubungan dan Dinas Kesehatan. Operasi “Lilin Kie Raha-2019” ini, akan dilaksanakan selama 10 hari terhitung mulai tanggal 23 Desember 2019 sampai dengan tanggal 1 Januari 2020. Dengan mengedepankan kegiatan pencegahan dengan didukung deteksi dan Penegakan Hukum.

“Dalam rangka pengamanan perayaan hari natal 2019 dan tahun baru 2020. Tentunya diperlukan sinergi polisional yang baik agar dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat, sehingga perayaan natal 2019 dan tahun baru 2020 dapat berjalan dengan tertib dan kondusif.” Tutup Kapolda.(Wtftt)

About wanto

Check Also

KAPOLDA MALUKU UTARA MENGIKUTI UPACARA HUT POLAIRUD KE- 70 SECARA VIRTUAL

tribratanews.malut.polri.go.id – POLDA MALUT, Kepolisian Perairan dan Udara sejak Menteri Dalam Negeri mengeluarkan keputusan tertanggal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *