Home / RESKRIM / Resintelmob Sat Brimob Polda Malut Berhasil Amankan 6 orang Pelaku Curanmor di Ternate

Resintelmob Sat Brimob Polda Malut Berhasil Amankan 6 orang Pelaku Curanmor di Ternate

Tribratanews.malut.polri.go.id-Polda Maluku Utara, Unit Resintelmob Sat Brimobda Maluku Utara selasa 7/8/18 kemarin berhasil mengamankan 6 orang para pelaku Pencurian Kendaraan Bermotor beserta barang bukti yang merupakan jaringan pencurian kendaraan bermotor yang sering beroperasi di Wilayah Kota Ternate.

Penangkapan jaringan curanmor berawal dari informasi masyarakat bahwa telah terjadi kasus pencurian kendaraan bermotor berupa 1 unit motor Yamaha Jupiter Z warna biru-hitam di Kel. Kalumata Kec. Ternate Selatan sekitar 1 bulan yang lalu dengan korban a.n Bpk. Daeng.

Berdasarkan informasi tersebut, Unit Resintelmob melakukan penyelidikan sehingga ditemukan veleg motor Jupiter Z yang dicuri tersebut dan rencananya akan dijual. Setelah menemukan barang bukti, maka di lakukan penelusuran dan berhasil mengamankan salah seorang pelaku RS alias Ramadan, 15 tahun, Islam, Pelajar, alamat Kel. Ngade.

Menurut Keterangan Pelaku bahwa dirinya melakukan pencurian terhadap 1 unit motor jenis Yamaha Jupiter Z warna biru hitam bersama rekannya RD alias Apil, 17 tahun, Islam, Pelajar, alamat Kel. Ngade. Dari keterangan tersebut maka dilakukan penangkapan terhadap RD dirumahnya. Modus yang dilakukan yakni dengan berboncengan menggunakan 1 unit motor kemudian melihat adanya motor yang terparkir tanpa kunci setir, setelah itu mereka mendorong motor tersebut menuju ke kediaman mereka.

Kedua pelaku diamankan ke Pos Brimob dan melakukan interogasi kepada kedua pelaku, dari hasil interogasi keduanya mengaku bahwa motor curian jenis yamaha Jupiter Z saat ini telah hilang dicuri, ketika motor tersebut mereka parkir di halaman rumah RS dan mereka menduga yang mencuri motor tersebut adalah teman mereka sendiri yakni AP alias Putra.

Dengan adanya info tersebut Unit Resintelmob Sat Brimobda Malut terus melakukan pengmbangan dan langsung menuju ke Kel. Bastiong tepatnya di Pelabuhan Kapal Motor dan langsung mengamankan pelaku AP Alias Putra, 17 tahun, Islam, Pengangguran, Kel. Bastiong Karance. Setelah diamankan diketahui bahwa motor Yamaha Jupiter Z dicuri oleh pelaku Aco, Ucim, An, Wawan dan saat ini motor tersebut telah dibawa ke Tobelo Kab. Halut untuk dijual.

Pada Pukul 23.30 Wit, Unit Resintelmob berhasil mengamankan Aco, 18 tahun, Islam, didepan kediamannya di Kel. Salahudin. Dalam penangklapan tersebut pelaku tidak bisa berbuat apa-apa, pelaku langsung di interogasi dan ternyata benar motor Yamaha Jupiter Z telah mereka curi dan sudah dijual ke Tobelo Kab. Halut bersama rekan mereka lainnya yakni Iki Dapin.

Keterangan yang disampaikan oleh pelaku Aco bahwa dirinya bersama dengan beberapa rekan lainnya sudah sering mencuri sepeda motor di wilayah Kota Ternate. Diketahui sudah sebanyak 7 unit motor yang dicuri dalam kurun waktu 2 bulan terakhir di berbagai TKP berbeda, dan aksi yang dilakukan secara bersama-sama / kelompok.

Pukul 01.00 Wit, bertempat di belakang jati land Mall Kel. Gamalama Unit Resintelmib berhasil mengamankan MM alias Ucim, 17 tahun, islam, pengangguran, Kel. Bastiong Karance. Selanjutnya unit melakukan pencarian terhadap sdr. Wawan karena menurut keterangan yang bersangkutan saat ini sedang membawa sepeda motor jenis Honda Beat warna merah yang merupakan hasil curian.

Resintelmob terus melakukan pencarian terhadap pelaku wawan dan pada Pukul 02.00 Wit, bertempat di pangkalan  ojeg depan benteng Kalamata Kel. Bastiong Karance, berhasil mengamankan pelaku Wawan, 19 tahun, islam, Swasta, Kel. Bastiong Karance beserta 1 unit motor honda beat warna merah hasil curian.

Lalu dilakukan interogasi terhadap pelaku dan ternyata dan ternyata motor hasil curian sebagian sudah dijual oleh  Aco. Selain itu masih adanya lagi kelompok lainnya yang diketahui saat ini sedang berada di luar Ternate yakni sdr. Iki Dapin berada di Tobelo dan sdr. An berada di Makean Kab. Halsel.

Dari keterangan tersebut petugas langsung menuju  ke Kel. Bula Kec. Ternate Barat tepatnya dirumah orang tua pelaku Aco, untuk melakukan pengumpulan barang bukti berupa plat no polisi yang merupakan bawaan asli motor dan sudah dicabut untuk mengelabui petugas, alat perkakas yang sering digunakan untuk membuka serta memodif kembali motor hasil curian, lampu motor, spidometer motot Beat, spion motor, bodi motor, maupun penutup kenalpot motor yamaha mio.

Dan pada Pukul 03.15 Wit bertempat disebuah rumah kontrakan di Lingk. Simpang Lima Kel. Marikrubu, petugas kembali mengamankan 1 unit motor Honda Beat hasil curian yang dalam kondisi sudah dicopot seluruh bodi maupun aksesoris motor. Setelah itu, unit kembali menuju ke Kel. Bastiong Karance mengamankan 1 unit motor Yamaha Kripton yang sudah dalam kondisi terbongkar disimpan di belakang rumah pelaku Putra

Petugas juga berhasil mengamankan 3 unit motor hasil curian di Kel. Tubo Kec. Ternate Utara yang saat ini sudah dijual oleh Aco kepada para pembeli, hasil curian tersebut dijual rata-rata per unit seharga 2,5 juta hingga 3 juta rupiah. 3 unit motor tersebut antara lain : 1 unit motor Honda Beat warna merah, 1 unit motor Yamaha M3 warna hitam yang sudah di tutup stiker berwarna hijau muda, dan 1 unit motor Yamaha Mio sporty warna Hitam.

Sedangkan untuk 1 unit motor Yamaha Jupiter Z telah dijual di Tobelo dan 1 unit  motor Honda Beat warna Merah saat ini digunakan oleh sdr. Iki Dapin beralamat di Kel. Rawajaya Tobelo Kab. Halut yang juga merupakan kelompok jaringan tersebut.

Adapun barang bukti yang berhasil diamankan di Pos Sat Brimobda Polda Malut antara lain 7 unit motor hasil curian dengan rincian 2 unit motor Yamaha Mio sporty warna Hitam, 2 unit motor Honda Beat warna Merah, unit motor Honda Beat yang sudah dicabut bodi dan aksesoris lainnya, 1 unit motor Yamaha Mio M3 warna hitam yang sudah dibungkus stiker warna hijau, 1 unit rangka motor Yamaha Kripton dan Velg Motor seta  Aksesoris motor yang sudah dibuka seperti 7 buah plat no polisi, bodi motor, penutup knalpot motor Yamaha mio, spidometer motor beat, spion motor alat perkakas yang digunakan untuk membongkar dan memodifikasi motor.

Para tersangka dan barang buktinya langsung diserahkan ke Piket Sat Reskrim Polres Ternate untuk proses hukum selanjutnya. (wtftt).

About wanto

Check Also

Sat Reskrim Polres Tidore Kepulauan Lakukan Autopsi Kasus Penganiayaan yang Mengakibatkan Korban Meninggal Dunia

            Tribratanews.malut.polri.go.id-Polda Maluku Utara, Tidore –  Satuan Reserse Kriminal Kepolisian …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *